Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahala Mempertahankan Rumah Tangga Untuk Suami Istri Yang Bertaqwa

Bungaab.my.id - Suka duka dalam membina rumah tangga memang merupakan ujian yang sangat nyata di dunia. Banyak pasangan yang akhirnya kandas dan memilih bercerai. Dengan begitu, pahala mempertahankan rumah tangga tentu sudah menanti bagi pasangan yang mampu menjalaninya.

Dalam ajaran Islam, bercerai bukanlah hal yang haram namun sangat dibenci oleh Allah SWT. Karena itu pahala yang sangat besar menanti mereka yang memiliki kesabaran dan kegigihan dalam berjuang mempertahankan biduk rumah tangganya seburuk apapun. Berikut pahala yang akan diterima, yaitu antara lain:

Pahala Mempertahankan Rumah Tangga Dalam Islam

Pahala Mempertahankan Rumah Tangga
Pahala Mempertahankan Rumah Tangga

1. Mendapatkan Jalan Menuju Surga

Surga seorang anak terletak di telapak kaki ibunya, dan surge seorang istri ada pada ridho suaminya. Seorang istri yang memilih untuk mematuhi suami dalam kebaikan memiliki sebuah tiket menuju surga yang menanti nya di akhirat nanti.

Baca juga: Cara merawat kemaluan wanita menurut islam, muslimah wajib tahu

Keteguhan hati dalam mendampingi pasangan, mengabdi dan berbakti kepadanya akan diganjar oleh pahala yang luar biasa. Istri yang berbakti sepenuh hati kepada suami diperbolehkan memasuki surga dari pintu manapun, begitulah janji Allah SWT.

2. Menerima Ridho Allah SWT

Seorang istri yang taat kepada suaminya dan seorang suami yang berjuang untuk membahagiakan istrinya, keduanya akan mendapatkan ridho dari Allah SWT dan kelak akan dipertemukan kembali di surga. Kekuatan hati dalam menghadapi masalah seberat apapun akan membuahkan pahala yang manis.

Baca juga: Pahala besar bagi yang memberi makan kucing

Dalam rumah tangga tidak selamanya indah, banyak sekali ujian yang menghampiri. Seorang suami yang mampu menjaga kesetiaan dan istri yang bersedia berbakti kepada suami dalam kondisi apapun, keduanya sangat disayangi oleh Allah SWT. Nantinya Allah SWT akan melimpahkan ridhoNya kepada mereka.

3. Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Allah tidak pernah menjanjikan sesuatu yang mustahil. Pahala yang berlipat ganda bukanlah sebuah hal yang sulit diberikan kepada umatNya yang sudah berbuat kebaikan. Bahkan bagi suami istri yang mampu menjaga kehormatan rumah tangganya, Allah tidak akan segan mengganjarnya dengan pahala berlipat ganda.

Baca juga: Cara melunasi hutang riba dalam islam

Pahala ini diberikan karena telah bersabar menghadapi segala ujian yang diberikan. Masalah dalam rumah tangga bukanlah sebuah hal yang sepele. Seseorang bisa mendapatkan sakit lahir dan batin karenanya. Bagi pasangan yang berhasil melaluinya, Allah akan menghadiahi pahala yang banyak.

4. Mendapatkan Pahala Setara Dengan Nabi Ayub

Umat Islam pasti mengetahui pahitnya rumah tangga yang dijalani oleh Nabi Ayub. Bagaimana Nabi Ayub mampu bersabar dan tetap mendoakan istrinya yang durhaka. Allah menjanjikan pahala yang menjadi syafaat kepada para suami yang memiliki kesabaran laksana Nabi Ayub.

Baca juga: Hukum bisnis MLM dalam islam yang wajib diketahui

Ketika sang suami berhasil mendidik istrinya menjadi wanita yang lebih baik, maka pahala mempertahankan rumah tangga yang sangat besar sudah menanti. Karena seorang suami memiliki kewajiban untuk memperbaiki akhlak istrinya dan suami bertanggung jawab terhadap dosa-dosa yang diperbuat istrinya.

5. Menerima Ganjaran Pahala Seperti Aisyah istri Fir’aun

Di zaman sekarang banyak sekali suami yang berbuat zalim layaknya Fir’aun di masa lalu. Bagi para istri yang mampu bersabar dan tetap berbakti pada suami, selalu mendoakan kebaikan untuk suaminya, maka Allah menjanjikan pahala yang sangat besar.

Baca juga: Cara ampuh mengusir jin kiriman orang di rumah

Pahala tersebut bahkan seperti yang didapatkan oleh Aisyah yang sangat setia mendampingi Fir’aun dan tetap mendoakan suaminya meskipun Fir’aun adalah manusia yang sangat keji. Kekuatan hati Aisyah ini telah membawanya menuju surga.

6. Mendapat Ladang Pahala Yang Tak Pernah Habis

Bertahanlah dengan rumah tangga seburuk apapun kondisinya. Ekonomi yang mencekik, perilaku pasangan yang mengiris hati, semua adalah ladang pahala yang tiada habisnya. Rindukanlah pahala ini niscaya hati bertambah kuat menghadapi segala cobaannya.

Baca juga: Tata cara ziarah kubur sesuai syariat islam

Allah tidak pernah tidur dan membiarkan hambaNya menanggung kesakitan melebihi kemampuannya. Karena itu yakinlah bahwa selalu bisa menghadapi masalah rumah tangga seberat apapun dan bertahan di dalamnya.

Itulah pahala mempertahankan rumah tangga yang sangatlah besar. Seberat apapun masalah rumah tangga yang dihadapi, yakinlah bahwa itu adalah ujian untuk mendapatkan derajat yang lebih besar. Cintai dan hormatilah pasangan agar bisa kembali berkumpul di surgaNya kelak. Wallahua'alam bissowab