Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahala Memberi Makan Kucing Serta Keutamaannya Yang Harus Diketahui!

Pahala Memberi Makan Kucing Serta Keutamaannya Yang Harus Diketahui! - Kucing menjadi salah satu hewan yang bisa ditemukan liar, namun tidak jarang banyak orang juga memeliharanya. Selain hewan ini mudah dijinakkan ternyata ada pahala memberi makan kucing termasuk juga saat merawatnya. Apa saja pahala dan keutamaan yang didapatkan oleh orang tersebut? Simak ulasannya berikut:

Pahala Memberi Makan Menurut Islam

Pahala Memberi Makan Kucing
Pahala Memberi Makan Kucing

Islam menjadi salah satu agama yang memiliki pedoman hidup dengan sangat terperinci. Salah satunya terkait dengan mengatur bagaimana hubungan antara manusia dengan hewan. Maka dari itu, berikut akan dipaparkan pahala dan keutamaan memberi makan kucing:

Baca juga: Inilah mukjizat para Nabi dan Rasul ulul azmi dan hikmahnya

1. Mendapatkan Pahala Kesunnahan

Adapun pahala memberi makan kucing yang terutama adalah para pemberi makan kucing mendapatkan pahala sunnah. Pasalnya kegiatan ini bisa dikatakan salah satu kegiatan yang sangat terpuji. Bahkan dalam Islam juga dianjurkan melakukannya.

Beberapa Ulama mengatakan hukumnya menjadi sunnah, sehingga perilaku tersebut tentu juga mendapatkan keutamaan dari sunnah. Tidak hanya memberi makan kepada kucing saja, namun kepada hewan lain seperti anjing ataupun ayam juga.

Baca juga: Cara melunasi hutang riba secara islam

Hal tersebut juga berdasar pada salah satu hadist yang diriwayatkan dari Bukhari-Muslim. Dimana Rasulullah bersabda bahwa sedekah yang diberikan kepada makhluk bernyawa dihitung dalam pahala kebaikan.

2. Mendapatkan Kelapangan Dalam Rezekinya

Bahwa selain mendapatkan pahala ketika memberi makan kucing, namun kebaikan lain yang akan didapatkan adalah diberikan pertanda bahwa rezeki si pemberi makan ada dilimpahkan oleh Allah. Orang yang memberikan makan kepada hewan, berarti saling berbagi dengan sesama makhluk Allah.

Baca juga: Hukum bisnis MLM menurut islam

Sehingga tentunya barang siapa yang berbagi kebaikan, Allah akan melipat gandakan kebaikan tersebut. Jadi, tidak heran jika kedatangan kucing dan kemudian diperlakukan dengan baik akan menjadi salah satu jalan kelapangan rezeki orang tersebut.

3. Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Selain membuka jalan untuk mendapatkan rezeki. Para pemberi makan kucing juga akan dilipat gandakan pahalanya. Dimana satu kebaikan yang diberikan akan dilipatkan menjadi 10 kebaikan. Sebab, seperti yang diketahui sebelumnya perilaku ini menjadi bagian dari amal baik.

Baca juga: Ciri-ciri orang yang kena santet menurut islam yang patut diwaspadai

Maka dari itu, pastikan memberikan makan kucing dengan penuh keikhlasan. Sehingga akan berdampak pada kebaikan si pemberi. Dan tentunya semakin banyak kebaikan memberi makan kucing, niscaya akan lebih mudah mendapatkan balasan surganya.

Pahala Memberi Makan Kucing Liar

Pasti banyak di sekitar pembaca menemukan keberadaan kucing liar. Adanya kucing liar ini bisa mengganggu sekaligus bisa jadi ladang pahala. Pasalnya dengan memberi makan kucing liar bisa jadi salah satu sumber pahala dan pembuka rezeki.

Baca juga: Cara mengusir jin kiriman orang di rumah

Banyak hal yang bisa jadi perantaranya, misalnya dengan rajin melaksanakan amalan membaca surat Waqiah, kemudian menjalankan Shalat Dhuha, dan Istighfar. Namun sebenarnya ada satu hal yang sering dilupakan kebanyakan orang yaitu pembuka rezeki selanjutnya adalah saat memberi makan pada hewan.

Sedekah kepada hewan adalah upaya untuk membuka rezeki. Selain itu juga bisa dihitung sebagai pahala. Sebab dalam sebuah riwayat hadits disebutkan bahwa Nabi pernah mendapatkan pertanyaan dari seorang sahabat. Dimana pertanyaan tersebut menanyakan apakah ada pahala jika bisa berbuat baik kepada hewan.

Baca juga: Tata cara ziarah kubur sesuai sunnah ajaran islam  

Lantas Nabi menjawab di setiap kebaikan kepada makhluk yang bernyawa selalu ada pahala. Jadi, sudah tentu ada pahala ketika memberi makan kucing dan juga ada kebaikan dari kegiatan tersebut. Maka alangkah baiknya jika senatiasa merawat dan memperlakukan baik seekor kucing.

Demikian beberapa informasi terkait pahala memberi makan kucing yang ternyata cukup banyak. Jika ingin mendapatkan pahala dan keutamaannya, maka sayangi hewan tersebut. Walaupun demikian, semua hewan juga harus diberikan kasih sayang layaknya dengan sesama manusia. Wallahua'alam bissowab