Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Mukjizat Para Nabi dan Rasul Ulul Azmi dan Hikmahnya

Inilah Mukjizat Para Nabi dan Rasul Ulul Azmi dan Hikmahnya - Dari 25 rasul yang wajib diimani, hanya lima orang yang memiliki gelar Ulul Azmi. Gelar ini didapatkan atas keberhasilannya melalui berbagai cobaan berat. Untuk mengetahui lebih lagi, ketahuilah juga mukjizat para nabi dan rasul dengan gelar kehormatan serta hikmahnya.

Gelar Ulul Azmi sendiri artinya yakni orang-orang besar. Para nabi dan rasul dengan gelar ini sudah melalui berbagai penderitaan dan cobaan saat berdakwah. Akan tetapi, dalam perjalanannya, para nabi mendapatkan mukjizat dari Allah SWT. Ikuti pembahasan berikut untuk mengetahui selengkapnya:

Baca juga: Kisah para Nabi dan mukjizatnya yang perlu diteladani

Mukjizat Para Nabi dan Rasul Ulul Azmi

Mukjizat Para Nabi dan Rasul
Mukjizat Para Nabi dan Rasul 

Kelima rasul dengan gelar kehormatan besar, ialah Nabi Musa, Nabi Isa, Nabi Nuh, Nabi Muhammad, serta Nabi Ibrahim. Masing-masing memiliki mukjizatnya sendiri yang diberikan oleh Allah SWT saat menghadapi kesulitan kala berdakwah. Berikut ulasannya:

1. Nabi Isa AS

Usai dilahirkan oleh Siti Maryam selama beberapa jam, Nabi Isa bisa berbicara dan dapat memperkenalkan dirinya pada orang disekitarnya. Nabi Isa menjelaskan dirinya sebagai seorang utusan Allah yang diturunkan melalui rahim ibunya, Siti Maryam, tanpa adanya seorang ayah.

Baca juga: Cara melunasi hutang riba secara islam

Itu bukanlah satu-satunya mukjizat. Nabi Isa diberikan mukjizat lain oleh Allah SWT dengan dapat menghidupkan kembali orang mati dari kuburnya atas izin Allah. Ini diberikan oleh Allah untuk membuktikan pada Bani Israil bahwa adanya ruh dan hari kebangkitan benar adanya.

2. Nabi Ibrahim AS

Cobaan berat Nabi Ibrahim yang banyak diketahui ialah bagaimana Nabi Ibrahim diuji untuk mengorbankan anaknya sendiri. Rupanya, atas keikhlasannya pada Allah SWT, Nabi Ismail yang sudah siap untuk dikorbankan diganti dengan seekor kambing yang cukup besar.

Baca juga: Hukum bisnis MLM menurut islam

Dalam perjalanannya menyebarkan ajaran Islam, Nabi Ibrahim diberikan mukjizat oleh Allah SWT, saat dibakar tubuhnya tidak terbakar dan merasakan api menjadi dingin. Mukjizat ini diberikan pada saat Nabi Ibrahim dibakar oleh Raja Namrud yang menolak ajaran baru agama Islam.

3. Nabi Nuh AS

Kisah Nabi Nuh yang sangat dikenal ialah bagaimana beliau mampu membuat kapal besar dan menyelamatkan banyak nyawa. Atas seizin Allah SWT, Nabi Nuh mampu membuat bahtera besar dan kokoh yang berukuran 200 meter.

Baca juga: Ciri-ciri orang kena santet menurut islam. Patut diwaspadai!

Bukan hanya itu saja, berkat mampu membuat kapal yang sangat besar, Nabi Nuh dapat menyelamatkan diri dari azab dan menjadi nenek moyang umat manusia. Selain itu, Nabi Nuh dikaruniai usia mencapai 950 tahun.

4. Nabi Musa AS

Selanjutnya, mukjizat para nabi dan rasul dengan gelar kehormatan besar juga diberikan pada Nabi Musa. Mukjizat yang paling dikenali oleh umat muslim adalah mukjizat Nabi Musa mampu membelah lautan dengan tongkatnya dan membuat Fir’aun serta pengikutnya tenggelam.

Baca juga: Cara mengusir jin kiriman orang di rumah

5. Nabi Muhammad SAW

Mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT ialah peristiwa Isra’ Miraj. Pada peristiwa inilah, Nabi Muhammad diberikan keistimewaan berupa diturunkannya kitab suci penyempurna kitab-kitab sebelumnya, Al Quran.

Tujuan Mukjizat Dikaruniakan kepada Para Nabi dan Rasul

Lantas, sebenarnya apakah tujuan atau hikmah dari diberikannya mukjizat kepada nabi dan rasul? Allah SWT memberikan mukjizat pada para utusannya untuk menguatkan seruan ajaran agama Islam, terutama untuk umat yang masih belum mengimani kenabian dan kerasulan para nabi.

Baca juga: Tata cara ziarah kubur sesuai ajaran islam

Pemberian mukjizat oleh Allah SWT juga bertujuan untuk menebalkan keimanan umat yang sudah mengikuti ajaran agama Islam. Dari berbagai kisah mukjizat para nabi ini bisa diartikan bahwa mukjizat merupakan bukti keabsahan nabi sebagai utusan Allah SWT.

Demikian ulasan mengenai mukjizat para nabi dan rasul Ulul Azmi, serta tujuan dan hikmah dari mukjizatnya. Semoga dari ulasan diatas dapat menebalkan kepercayaan bahwa tidak ada hal yang mustahil atas seizin Allah SWT. Walahu'aalam bissowab