Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengusir Jin Kiriman Orang di Rumah

Bungaab.my.id - Cara mengusir jin kiriman orang sebenarnya tidak mudah. Tapi sebagai permohonan perlindungan dari Allah SWT, seorang muslim wajib mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena pada dasarnya, semua adalah makhluk Allah dan segalanya terjadi atau tidak merupakan atas kehendak-Nya.

Pengiriman jin dikatakan sebagai praktik sihir yang termasuk syirik. Dikatakan kafir karena menyekutukan Allah dengan makhluk. Mempercayai sihir pun tidak diperbolehkan. Tapi masih ada saja yang memiliki niat buruk tersebut. Karenanya, harus lebih waspada dan ikuti cara-cara berikut sebagai perlindungan:

Cara Mengusir Jin Kiriman Orang Menurut Islam

Cara Mengusir Jin Kiriman Orang di Rumah
Cara mengusir jin kiriman orang

1. Membaca Doa-Doa Setiap Hari

Ketika merasakan suasana tidak nyaman dan berpikir ada yang berniat buruk, lakukan cara mengusir jin kiriman satu ini. Setiap hari, rutinlah membaca doa-doa saat hendak melakukan kegiatan. Misalkan jika ingin makan dan tidur.

Baca juga: Tata cara ziarah kubur sesuai sunnah sesuai ajaran islam

Membaca doa merupakan bentuk permohonan perlindungan dari Allah SWT. Minimal, ketika akan memulai aktivitas bacalah basmalah. Lebih baik lagi jika mengawali ta’awudz yang mengandung makna memohon dijauhkan dari gangguan setan dan jin jahat.

Doa yang dibaca bisa berperan sebagai tameng, sehingga jin yang dikirim tidak mampu mencelakai. Selain itu, orang yang meninggalkan berdoa ketika beraktivitas disukai jin dan setan. Hal tersebut juga diriwayatkan di sebuah hadis.

2. Membaca Ayat Suci Al-Quran

Lakukan cara kedua ini yaitu dengan memenuhi rumah dan sudut ruangan dengan bacaan ayat-ayat suci Al-Quran. Harapannya yaitu datang perlindungan dan rahmat dari Allah SWT.

Baca juga: Berikut amalan agar cepat hamil

Dalam sebuah hadis pun sudah jelas diriwayatkan. Rumah yang dimakmurkan dengan bacaan Al-Quran akan terhindar dari berbagai keburukan. Otomatis jin dan setan tidak berani masuk dan mengganggu penghuni rumah.

Berbanding terbalik dengan rumah yang tidak dihiasi oleh lantunan ayat Al-Quran sama sekali. Dalam riwayat hadis Imam Muslim dan At-Tirmidzi, rumah tersebut layaknya kuburan sepi. Jadi jin betah berlama-lama di dalamnya.

Terlebih jika rumah tersebut masih baru atau baru pindah ke rumah baru maka disunnahkan untuk membacakan surah Al Baqarah. Karena rumah yang dibacakan didalamnya surah al Baqarah jin akan menjauh dan lari dari rumah tersebut.

3. Mengabaikan Keberadaan Jin

Cara mengusir jin kiriman orang selanjutnya adalah mengabaikan keberadaannya. Jika penghuni rumah tidak merasakan hal-hal buruk, sepatutnya tidak menghiraukan. Jangan malah takut dan selalu was-was.

Sebagaimana hadis riwayat Imam Ahmad dan Abu Daud, seseorang dilarang mengucapkan “celakalah setan”. Ucapan tersebut mengindikasikan ketakutan dari pemilik rumah. Akibatnya, jin semakin gencar mengganggu dan tidak mau pergi.

Baca juga: Kisah para Nabi dan mu'jizatnya yang bisa dijadikan teladan

4. Membuang Gambar Bernyawa dan Patung

Menjauhkan patung dan gambar bernyawa merupakan salah satu cara mengusir jin. Mengapa demikian? Karena kedua benda tersebut menjadi tempat yang mungkin dihuni oleh jin.

Selain itu, memajang patung dan gambar bernyawa mengakibatkan malaikat enggan masuk ke rumah. Jika sudah begitu, perlindungan Allah melalui malaikat-Nya tidak akan bisa datang. Lebih baik menggunakan hiasan artistik lainnya.

5. Melakukan Ruqyah

Terakhir, cara mengusir jin bisa dengan ruqyah. Ini dilakukan ketika gangguannya sudah ekstrem. Misalkan keberadaannya kerap meresahkan dan mengganggu kegiatan penghuni rumah. Apalagi jika sudah sampai tahap yang paling menakutkan, yakni mengancam nyawa.

Baca juga: Cara bayar fidyah berdasaarkan jenisnya, niat, dan waktu penyalurannya

Kadang kala ada jin yang dikirimkan tidak hanya mendiami suatu tempat. Tapi juga ditugaskan untuk masuk ke tubuh target dan menimbulkan penyakit tertentu. Akibat serius ini dapat diatasi dengan melakukan ruqyah dan meminta bantuan dari kyai atau pemuka agama.

Doa Mengusir Jin Kiriman Orang

Jika telah dilakukan langkah-langkah di atas bisa juga dengan membacakan doa pengusir jin kiriman orang dibawah ini. Selain mengusir jin kiriman oran juga bisa dijadikan sebagai doa pengusir jin dalam tubuh. 

Doa perngusir jin ini adalah doa yang diajarkan langsung oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW pada saat malam isra-mi'raj.


Dikisahkan bahwa Nabi Muhammad SAW didatangi oleh jin Ifrit yang membawa obor ditangannya. Saat didatangi oleh jin Ifrit itu kemudian Rasulullah SAW membaca ayat-ayat al Qur'an namun tidak ada reaksi terhadap jin ifrit tersebut, bahwakan jin ifrit itu semakin mendekati Nabi SAW. Maka Pada saat itu Malaikat Jibril menawarkan untuk mengajarkan Nabi Muhammad SAW doa pengusir jin yang membuat jin itu akan terjatuh hingga tersungkur-tersungkur dan obornya padam.

Dikutip dari laman islam.nu.or.id, berikut ini adalah doa pengusir jin yang diajarkan malaikat Jibril kepada Nabi Muhamad SAW:

أَعُوذُ بِوَجْهِ اللَّهِ الْكَرِيمِ، وَبِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ الَّتِي لَا يُجَاوِزُهُنَّ بَرٌّ وَلَا فَاجِرٌ مِنْ شَرِّ مَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَعْرُجُ فِيهَا. وَمِنْ شَرِّ مَا ذَرَأَ فِي الْأَرْضِ، وَمِنْ شَرِّ مَا يَخْرُجُ مِنْهَا، وَمِنْ شَرِّ فِتَنِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ، وَمِنْ شَرِّ طَوَارِقِ اللَّيْلِ، وَمِنْ شَرِّ كُلِّ طَارِقٍ إِلَّا طَارِقًا يَطْرُقُ بِخَيْرٍ يَا رَحْمَنُ. 

"A‘ûdzu biwajhillâhil karîm, wabikalimâtillâhit-tâmmâtil-latî lâ yujâwizuhunnâ barrun wa fâjirun, min syarri mâ yanzilu minas-samâ’i, wa min syarri ma ya‘ruju fîhâ, wa min syarri mâ dzara’a fil-ardhi, wamin syarri ma yakhruju minhâ, wa min syarri fitanil-laili wan-nahâri, wamin syarri thawâriqil-laili, wamin syarri kulli thârinin illâ thâriqan yathruqu bi khairin, yâ rahmân."

Artinya: "Aku berlindung dengan dzat Allah yang maha mulia, dengan kalimat-kalimat-Nya yang sempurna, yang tidak ada orang baik dan juga orang durhaka yang melampuainya, dari keburukan yang turun dari langit dan keburukan apa pun yang naik ke langit; dari keburukan apa saja yang masuk ke bumi dan keburukan apa saja yang keluar dari bumi; dari keburukan fitnah-fitnah siang dan malam; dari keburukan petaka-petaka malam; dari keburukan setiap petaka yang datang, kecuali petaka yang datang membawa kebaikan, wahai Zat yang maha penyayang."


Demikian penjelasan cara mengusir jin kiriman orang menurut islam di rumah atau tempat lainnya dan doa mengusir jin yang diajarkan malaikat Jibri kepada Nabi Muhammad SAW. Jin tidak akan betah berada di tempat yang dipenuhi bacaan ayat Al-Quran dan doa-doa. Jadi lakukan cara tersebut untuk mengusirnya. Apabila gangguannya sudah serius, bisa dengan cara ruqyah dengan bantuan kyai atau ustadz bisa dicoba. Wallahu'lam bissowab.