Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Ukuran Berat Badan Ideal Bayi dan Cara Menaikkan Beratnya

Sekarang ini, melakukan pemeriksaan untuk bayi menjadi hal yang diabaikan oleh banyak orang. Sahabat jelas harus memastikan kalau buah hati tumbuh dan berkembang dengan baik dengan rajin melakukan pemeriksaan. Lagipula, tidak akan memakan waktu yang lama. Salah satunya dengan mengetahui berat badan ideal bayi untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul.

Ada banyak orang yang belum tahu cara untuk mengetahui berat bayi yang normal. Penting halnya untuk mengetahui berat bayi masuk ke dalam normal atau lebih hingga ke kurang. Dengan mempunyai pengetahuan seperti ini, sahabat dapat mencegah hal buruk yang mungkin terjadi. Penimbangan bayi ini biasanya dilakukan setiap bulan dan hasilnya akan dicatat, cukup simak ini!

Ukuran Berat Badan Ideal Bayi

Berat Badan Ideal Bayi
Ketahui berat badan bayi ideal dengan baik
Semua hasil timbangan berat badan bayi setiap bulannya akan dimasukkan ke dalam buku KIA. Sahabat dapat membuat golongan untuk berat bayi dengan adanya catatan ini. Mudah halnya untuk memastikan beratnya dengan mencari informasi akan ukuran secara normal. Bayi yang normal akan mengalami kenaikan berat badan setiap bulannya. Walaupun begitu, beratnya juga ada perbedaan.

Berat untuk bayi lelaki dan perempuan biasanya berjarak beberapa ratus gram. Secara normal, berat bayi pria ketika mencapai 2 tahun adalah 11,8 kg. Untuk perempuan, beratnya biasanya mencapai 11,3 kg. Hal ini dipengaruhi berat bayi ketika baru lahir juga. Jika menggunakan perhitungan berat bayi lahir normal yaitu 4 kg, jumlahnya juga akan berbeda dan bayi akan lebih berat.

Ada tabel yang dapat sahabat gunakan sebagai patokan untuk melihat berat bayi. Biasanya, bayi ketika baru lahir akan mempunyai berat 4 kg kemudian bertambah 800 gram di bulan pertama. Untuk usia 2 bulan, berat kembali bertambah menjadi 900 gram. Bulan ketiga menjadi 800 gram kembali. Kemudian, jumlah pertambahan berat akan menjadi semakin kecil ke depannya.

Pada bulan ke 4, hanya bertambah 600 gram saja. Kemudian, di bulan kelima menjadi bertambah 500 gram dan di bulan keenam hanya 400 gram tambahan berat badan. Untuk bulan ke 7 hingga ke 17 bulan biasanya hanya bertambah 300 gram setiap bulannya. Lalu, lanjutan dari 18 hingga ke 24 bulan adalah 200 gram per bulan. Jadi, berat idealnya tidak akan terlalu besar juga.

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi

Ada beberapa bayi yang tidak memenuhi berat badan ideal bayi sesuai dengan hitungan yang ada. Jika berat bayi sahabat di bawah patokan ini terlalu jauh, bahkan menurun dua kali dari seharusnya. Maka, pengobatan harus segera dilakukan. Sahabat perlu mencari dokter dan melengkapi dengan beberapa langkah sederhana. Berikut ini cara untuk menaikkan berat bayi:
  • Selalu memberikan asupan nutrisi dari ASI. Sahabat harus menyusui buah hati dalam keadaan tenang dan tidak stress. Dengan begitu, hasil ASI juga optimal.
  • Konsultasikan tongue tie bayi ke dokter
  • Memperhatikan daya hisap bayi ketika menyusui
  • Berikan menu MPASI yang kaya kalori dan gizi seimbang jika sudah 6 bulan
  • Rajin periksa berat dan konsultasi dokter
Itulah beberapa hal yang perlu sahabat ketahui berkaitan dengan berat badan ideal bayi. Jika merasa bayi lebih kecil atau lebih besar banyak dari patokan yang ada. Maka, jangan asal menjadi dokter sendiri untuk anak. Sahabat dapat langsung memeriksakan anak ke dokter.

Semoga informasi terkait berat badan ideal bayi di atas bermanfaat dan terimakasih.