Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Para Nabi dan Mukjizatnya yang Perlu Diteladani

Kisah Para Nabi dan Mukjizatnya yang Perlu Diteladani - Nabi merupakan sosok manusia yang tingkah lakunya dapat dijadikan contoh serta tauladan bagi umatnya. Sosok nabi berbeda dengan sosok manusia biasa, nabi mempunyai beberapa mukjizat yang tidak ada di dalam manusia biasa. Berikut akan dipaparkan beberapa sosok nabi dan mukjizatnya!

1. Mukjizat Nabi Nuh

Nabi dan Mukjizatnya
Kisah Nabi dan Mukjizatnya
Untuk sosok nabi yang pertama yaitu ada Nabi Nuh, merupakan nabi yang juga termasuk dalam ulul azmi. Nabi Nuh pernah melewati beberapa cobaan yang sangat berat, namun bisa melewatinya dengan baik. Bahkan, sampai anak serta istrinya pun ikut membenci Nabi Nuh.

Baca juga: Kisah syuhada Uhud bergelar ghasilul malaikah

Tetapi, karena kesabaran serta kemuliaan hatinya, Nabi Nuh diberikan beberapa mukjizat oleh Allah SWT. Salah satu mukjizatnya adalah bisa membuat sebuah perahu yang sangat besar, bahkan bisa sampai menyelamatkan berbagai jenis hewan.

Saat sedang membuat perahu tersebut, banyak orang yang meremehkannya karena membuat perahu di kala musim kemarau. Namun, tidak disangka sesaat setelah perahu tersebut berhasil dibuat datanglah banjir bandang. Banyak dari kaum Nabi Nuh yang sudah menyelamatkan diri ke perahu tersebut.

2. Mukjizat Nabi Ibrahim

Nama nabi dan mukjizatnya yang selanjutnya yaitu ada Nabi Ibrahim. Mungkin sudah banyak yang mendengar kisah dari nabi Ibrahim dan banyak pelajaran yang bisa diambil dari kisah nabi satu ini. Salah satunya adalah begitu besar ketaatannya kepada Allah SWT sampai mau mengorbankan anaknya.

Baca juga: Doa pelunas hutang dan dibebaskan dari kefakiran

Karena memiliki ketaatan yang luar biasa tersebut, akhirnya Allah memberikan beberapa mukjizat. Seperti bisa mengubah segenggam pasir menjadi sebuah makanan, tetap hidup walaupun sudah dibakar, serta bisa melihat sebuah burung mati yang dapat hidup kembali.

3. Mukjizat Nabi Musa

Sosok Nabi Musa merupakan salah satu sosok nabi yang sangat pemberani. Pasalnya, berani dan mampu mengalahkan Raja Firaun. Bahkan, mampu membuat umat yang sebelumnya tidak mau menyembah Allah menjadi beriman serta mau menyembah Allah SWT.

Akhirnya, Allah pun memberikan sebuah mukjizat yang mungkin tidak akan masuk nalar di manusia biasa. Mukjizat tersebut adalah mampu mengubah sebuah tongkat menjadi ular, dapat membelah sebuah lautan menggunakan tongkat, serta bisa membuat hidup kembali orang yang sudah meninggal.

4. Mukjizat Nabi Isa

Kisah Nabi Isa memang seakan tidak ada habisnya untuk diceritakan. Nabi Isa sendiri adalah sosok nabi yang lahir dari seorang ibu yang suci bernama Maryam. Bahkan, Maryam bisa mengandung Isa tanpa sosok seorang suami.

Baca juga: Hukum melaksanakan sholat jum'at bagi wanita

Ada berbagai mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Isa. Mukjizat itu seperti dapat menurunkan makanan dari atas langit, bisa membuat orang yang buta bisa melihat kembali, menghidupkan burung mati menggunakan tanah, serta mukjizat yang paling besar adalah Kitab Injil.

5. Mukjizat Nabi Muhammad

Untuk sosok nabi yang terakhir yaitu ada Nabi Muhammad, sosok ini memang merupakan nabi yang terakhir dan tidak ada lagi setelahnya. Bahkan, saat hari kiamat nanti Nabi Muhammad lah yang akan menyelamatkan umatnya. Banyak mukjizat yang Nabi Muhammad dapatkan dari Allah.

Baca juga: Doa penghilang fikiran kotor baik untuk kesehatan mental

Sejak lahirnya Nabi Muhammad sudah banyak kejadian tak terduga yang terjadi. Kejadian tersebut seperti hancurnya berhala yang selama ini disembah oleh kaumnya. Mukjizat terbesar lainnya adalah dianugerahi sebuah kitab suci Al-Quran. Kitab yang menjadi pedoman umat Muslim sampai akhir zaman.

Itulah kisah 5 nabi dan mukjizatnya yang mana bisa diambil pelajaran dari kisah tersebut. Hendaknya, sebagai umat manusia mampu mencontoh dan meneladani tingkah laku dari para nabi tersebut. Terdapat 20 sosok nabi lagi yang kisahnya juga dapat dijadikan sebuah pelajaran.