Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sama Sekali Hanya 5 Menit

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi - Berkembangnya teknologi yang semakin canggih memang mempengaruhi inovasi dari model smartphone. Rata-rata model smartphone saat ini sudah layar sentuh, namun bagaimana jika layar sentuh tersebut tidak dapat berfungsi. Tentunya ada hal yang menjadi penyebabnya dan pengguna bisa menerapkan cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi sama sekali.

Penyebab Layar Sentuh Tidak Berfungsi?

Model layar sentuh pada smartphone saat ini memang memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya. Terkadang layar sentuh tersebut tidak bisa berfungsi sama sekali sehingga membuat pengguna merasa khawatir. Pengguna terlebih dahulu harus mengetahui hal yang menjadi penyebab sehingga layar sentuh tersebut tidak berfungsi sebagai berikut:
  • Layar HP terkena air sehingga tidak dapat disentuh sama sekali.
  • HP terjatuh dan terkena benturan yang sangat keras.
  • Penggunaan smartphone sudah terlalu lama atau digunakan seharian.
  • Ruang penyimpanan atau RAM smartphone yang dimiliki sudah penuh.
  • HP sudah tertekan dengan benda yang berat tanpa disadari.
  • Menggunakan charger yang tidak ori menyebabkan layar sentuh tidak berfungsi.

Cara Memperbaiki Layar Sentuh yang Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi
Cara Memperbaiki Layar
Sentuh Tidak Berfungsi 
Penyebab dari layar sentuh pada smartphone yang tidak dapat difungsikan sama sekali memang berasal dari hal yang kecil. Namun hal kecil tersebut tidak disadari oleh pengguna sehingga menimbulkan rasa khawatir pada kondisi seperti ini. Olehnya itu, pengguna bisa menerapkan cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi sama sekali sebagai berikut:

1. Bersihkan Layar Smartphone

Langkah yang dapat dilakukan apabila layar sentuh smartphone tidak merespon yakni dengan membersihkan layar tersebut. Jangan sampai ada kotoran yang menempel sehingga membuat layar sentuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, tangan yang lembab juga menjadi penyebab sehingga layar smartphone tidak dapat disentuh.

Baca juga: Inilah cara menghilangkan goresan pada layar HP paling praktis

2. Restart Smartphone

Pengguna juga bisa menggunakan cara ini untuk memperbaiki layar sentuh yang tidak merespon sebab terlalu banyak beban kerja. Cara restart smartphone adalah dengan menekan lama tombol power dan pilih opsi restart. Hal ini bertujuan agar kondisi dari smartphone dapat kembali fresh sehingga layar sentuh dapat berfungsi seperti semula.

3. Mengeluarkan Kartu SIM dan SD Card

Pengguna bisa mencoba mengeluarkan kartu SIM dan SD yang terdapat pada smartphone. Namun sebelum mencabut kartu tersebut, pengguna tidak lupa mematikan atau menonaktifkan smartphone terlebih dahulu. Diamkan beberapa menit lalu pasang kembali kartu tersebut. Setelah itu, tekan tombol power untuk mengaktifkan smartphone.

Baca juga: Kenapa kamera Hp tidak bisaa memotret? Berikut ulasannya

4. Menekan Setiap Sudut HP

 Selanjutnya, pengguna bisa menekan setiap sudut HP yang dimiliki. Namun cara menekan sudut HP harus dilakukan selembut mungkin apalagi jika HP baru saja jatuh dan terbentur. Cara ini sangat cocok untuk digunakan agar layar sentuh dapat berfungsi dengan baik. Tujuan melakukan penekanan ini agar sudut HP dapat rapat kembali.

5. Mengganti Charger

Seperti yang diketahui jika hal yang menjadi penyebab mengapa smartphone yang mempunyai layar sentuh tidak berfungsi sebab salah charger. Maksudnya, charger yang digunakan bukan charger ori atau asli dari merek smartphone. Maka dari itu, pengguna sangat perlu untuk mengganti charger tersebut agar layar sentuh dapat berfungsi kembali.

6. Keringkan Smartphone

Jika smartphone yang dimiliki baru saja jatuh ke dalam air, maka bisa dikeringkan terlebih dahulu. Sebab air yang terkena pada layar dapat membuat layar smartphone tidak responsif saat digunakan. Olehnya itu, keringkan terlebih dahulu dengan menggunakan tisu yang kering. Setelah itu, diamkan beberapa saat dan aktifkan kembali smartphone.

Baca juga: Cara merekam layar Hp Oppo

Itulah penjelasan lengkap terkait dengan cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi sama sekali tanpa ribet. Memang cara untuk memperbaiki layar tersebut cukup mudah dilakukan dan pengguna tidak perlu merasa khawatir. Selain itu, pengguna tidak perlu terburu-buru untuk membawa smartphone ke tempat servis jika terjadi hal seperti ini.