Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret? Berikut Beberapa Alasannya

Saat ini, kamera menjadi satu komponen penting yang harus ada dalam ponsel. Dengan kamera, maka berbagai foto bisa dihasilkan. Namun, seringkali pengguna merasa kesulitan karena kamera yang tidak bisa digunakan untuk memotret. Lalu, kenapa kamera HP tidak bisa memotret secara normal saat dibutuhkan?

Pasti banyak pengguna yang menanyakan hal ini jika menemukan persoalan serupa. Bagi yang sedang mengalami masalah seperti ini, maka harus tahu apa saja penyebab kamera tidak bisa dipakai untuk memotret. Untuk mengetahui detail alasannya, simak daftar penjabaran yang ada di bawah ini secara menyeluruh:

1. Aplikasi Kamera Eror

Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret
Penyebab kamera HP tidak bisa memotret
Penyebab pertama yang perlu dipahami adalah aplikasi kamera eror. Seperti yang sudah dipahami bersama, kamera dalam ponsel dijalankan oleh aplikasi dan sistem yang sudah terpasang. Sistem dan aplikasi ini tentunya bisa rentan terhadap permasalahan error layaknya aplikasi lain yang ada dalam perangkat. Baca juga cara menghubungkan kamera HP ke HP lain tanpa aplikasi.

Salah satu poin yang membuat aplikasi kamera eror adalah karena file cache yang terlalu banyak dan menumpuk. Jika file ini dibiarkan terus-menerus tanpa dibersihkan, maka penggunaan kamera akan terganggu. Untuk mengatasinya, coba hapus file cache milik aplikasi kamera yang ada di dalam pengaturan perangkat.

2. Memori Penyimpanan Penuh

Alasan lain yang sangat mendasar adalah memori penyimpanan penuh. Meski terlihat sepele, namun permasalahan ini merupakan permasalahan krusial yang harus dipahami. Banyak golongan pengguna yang tidak tahu akan poin ini dan berpikir bahwa komponen kamera di dalam yang mengalami kerusakan atau permasalahan.

Untuk menghilangkan asumsi tersebut, segera cek penyimpanan perangkat saat tidak bisa memotret. Jika penuh, maka segera lakukan pembersihan file yang memang tidak diperlukan. Setelah dibersihkan, coba laku kamera dan potret beberapa hal sebagai percobaan. Jika bisa, maka penyebab utamanya memang karena memori yang penuh. 

Baca juga: Cara memperbaiki kamera depan HP yang rusak dengan sederhana

3. Sistem Mengalami Bug

Penyebab kenapa kamera HP tidak bisa memotret selanjutnya adalah karena sistem sedang mengalami bug atau masalah. Komponen alasan ini juga tergolong sering terjadi di berbagai perangkat. Sistem yang mengalami bug tentunya juga memiliki penyebab tersendiri yang perlu dipahami tiap pengguna.

Komponen penyebab kenapa sistem bisa bug adalah karena kegagalan update sistem. Ponsel akan secara berkala melakukan update sistem yang dipakai. Jika dalam prosesnya terjadi kendala atau kegagalan, maka akan ada beberapa komponen yang terpengaruh. Salah satunya adalah komponen kamera yang ada dalam perangkat.

4. Kamera Terkena Suhu Tinggi atau Air

Alasan lain yang bisa saja berdampak adalah karena kamera di ponsel terkena suhu yang tinggi atau terkena air. Dua komponen ini tentunya bisa memberi kerusakan secara signifikan pada kamera. Maka dari itu, pastikan untuk menjauhkan dua komponen tersebut dari kamera HP agar penggunaannya tidak terhalang apa pun.

5. Kerusakan Komponen HP

Selain itu, kerusakan komponen HP juga bisa menjadi alasan lainnya. Penggunaan yang tidak baik tentunya bisa menjadi alasan utama. Jika ingin kamera tidak rusak dan bisa dipakai untuk memotret, maka pastikan untuk menggunakannya dengan baik. Langkah ini bisa membuat komponen HP menjadi lebih awet.

Baca juga: Penyebab baterai HP boros dan cara mengatasinya

Penggunaan HP yang sudah terlalu lama juga bisa menjadi alasan lainnya. Jika usia HP sudah cukup lama, maka sangat wajar jika terjadi kerusakan pada komponennya. Sebagai solusi, maka komponen yang rusak bisa dibawa ke tempat perbaikan. Ganti saja komponen yang rusak dan yang berkaitan dengan kamera.

Itulah beberapa penyebab kenapa kamera HP tidak bisa memotret dan tidak bisa dimanfaatkan secara normal. Dengan mengetahui berbagai penyebab tersebut, maka solusi yang dibutuhkan bisa cepat ditemukan. Bagi yang sedang mengalami masalah serupa, penting untuk memahami semua aspek penting di atas.