Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Baterai HP Boros dan Solusinya Terbukti Efektif

Penyebab Baterai HP Boros dan Solusinya  - Belakangan, banyak orang mencari informasi mengenai penyebab baterai HP boros dan solusinya yang termanjur, lantaran sudah merasa capek dengan masalah keborosan yang dialami perangkatnya. Terutama, jika masalah keborosan terjadi di saat-saat penting untuk urusan bisnis, game, sekolah, atau yang lebih penting lainnya. Pastinya, hal tersebut akan menyisakan kejengkelan yang tidak berkesudahan.

Berdasarkan kejadian menyebalkan tersebut, maka di sini akan diuraikan secara lebih jelas mengenai penyebab baterai HP boros dan solusinya yang termanjur. Ini barangkali bisa dijadikan referensi bila mengalami kendala serupa. Jadi, agar tidak semakin penasaran dengannya, maka langsung saja simak dan ikuti penjelasan yang diberikan di bawah ini dengan seksama!

Baca juga: 7 Penyebab HP cepat panas dan baterai boros

Penyebab Baterai HP Boros

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pengguna untuk mengatasi keborosan baterai pada HPnya adalah mengidentifikasi penyebabnya. Secara umum, biasanya keborosan tersebut bersumber dari sejumlah hal, di antaranya:
  • Sinyal pada HP yang lemah.
  • Kerusakan pada baterai karena bocor atau lainnya.
  • Memori penuh dan pemasangan aplikasi yang terlalu memaksakan kehendak.
  • Pengecasan baterai yang tidak sesuai dengan prosedural.
  • Selain itu, juga mungkin disebabkan oleh pemakaian dalam waktu lama dengan intensitas tinggi, semisal untuk menonton film, main game, atau yang lainnya.

Solusi untuk Mengatasi Borosnya Baterai

penyebab baterai hp boros dan solusinya
Berikut penyebab baterai HP boros dan
solusi terbaik mengatasinya
Setelah menemukan indikator penyebabnya di atas, maka pengguna dapat mulai menerapkan solusi yang termanjur. Yakni dengan menjalankan hal-hal yang dijabarkan di bawah ini:

1. Gunakan Operator dengan Jangkauan Sinyal Terbaik

Hal pertama yang baik dilakukan pengguna untuk mengatasi daya baterai yang sering boros adalah beralih ke operator dengan tangkapan sinyal terbaik di wilayah tempat tinggal. Tidak lain karena, kualitas sinyal menentukan bagaimana perangkat bekerja untuk melakukan penangkapan. Sehingga bila sinyal operatornya maksimal, maka akan mengurangi potensi terjadinya keborosan.

Baca juga: Cara mengatasi HP leg saat main game

2. Ganti Baterai dengan yang Original

Pada masa tertentu, kerusakan juga bisa terjadi karena masa pakai baterai yang sudah terlalu lama. Biasanya diindikasikan dengan baterai yang bocor dan menggelembung. Sehingga untuk mengatasinya, maka pengguna perlu untuk melakukan penggantian segera. Namun demikian, sebaiknya jangan sembarangan, dan pastikan untuk memilih yang original agar terjamin keamanan dan keawetannya.

3. Lakukan pembersihan Memori

Ketiga, penuhnya memori juga menjadi pemberat kinerja HP yang utama, yang kerap mengakibatkan keborosan. Sehingga untuk mengatasi permasalahan serupa, maka pengguna harus rajin melakukan pembersihan. Caranya bisa dengan menyortir data media hingga aplikasi yang digunakan. Selain juga dapat dilakukan dengan pembersihan cache yang mungkin telah mengalami penumpukan.

4. Pastikan Prosedur Pengecasan Tepat

Selanjutnya, yang juga kerap terjadi adalah pengguna mengecas baterai HP secara sembarangan. Semisal dengan tidak memperhatikan durasi pengecasan, mengecas sambil memainkan, atau mengecas dengan memakai charger yang tidak sesuai spesifikasinya. Sehingga untuk menangani permasalahan ini, yang harus dilakukan adalah memperhatikan kembali pengecasan dan memastikan sudah sesuai dengan standar yang dianjurkan.

Baca juga: Cara menyadap kamera HP orang lain tanpa aplikasi

5. Gunakan HP dengan Efisien

Terakhir, yang perlu dilakukan pengguna untuk melengkapi upaya penanganan keborosan baterai di atas adalah mengefisiensi pemakaian. Semisal dengan membatasi pemakaian bermain game, mengurangi membuka fitur kamera, hingga melakukan pembatasan pada aplikasi yang terpasang. Dijamin hal tersebut akan membuat daya tahan baterai jadi lebih lama secara signifikan!

Nah, itulah tadi sejumlah informasi mengenai penyebab baterai HP boros dan solusinya yang dapat diterangkan. Berdasarkan hal tersebut, dapat diketahui bahwa penyebab dari keborosan bisa berasal dari kondisi perangkat dan juga pemakaian kurang bijak yang dilakukan oleh pengguna. Sehingga untuk solusinya pun sangat bervariasi, tergantung dari penyebab yang berhasil teridentifikasi!