Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Agar Kamera Laptop Asus Jernih Saat Dipakai Zoom

Cara Agar Kamera Laptop Asus Jernih - Para pemilik laptop Asus kerap mengeluhkan kamera laptopnya yang menguning atau buram ketika dipakai untuk meeting online seperti di aplikasi Zoom. Hal tersebut jelas mengganggu kejelasan informasi dan kenyamanan dari meeting yang dilakukan. Sehingga pengguna pun mencari cara agar kamera laptop Asus jernih saat dipergunakan. Supaya nantinya, setiap aktivitas yang berkaitan, berlangsung dengan nyaman.

Berkenaan dengan hal tersebut, sebenarnya ada beberapa cara agar kamera laptop Asus jernih yang bisa diupayakan. Baik dengan melakukan pembersihan manual, maupun dengan mengoptimalkan pemakaian aplikasi dan perangkat tambahan. Agar lebih jelasnya, maka ikuti saja uraian menarik yang telah dirangkumkan di bawah ini dengan seksama!

Cara Agar Kamera Laptop Asus Jernih Saat Dipakai Zoom
Cara Agar Kamera Laptop Asus Jernih

1. Bersihkan Kamera pada Laptop

Cara pertama yang dapat dijalankan oleh pengguna adalah melakukan pembersihan. Lantaran bisa jadi permasalahan buramnya kamera adalah karena tumpukan debu atau kotoran. Sehingga pembersihan menjadi efektif untuk dilakukan.

Baca juga: Berikut ini penyebab laptop tidak menyala

Caranya bisa dengan mengusapkan kain halus atau tisu dengan diberi tetesan cairan pembersih atau mungkin minyak kayu putih secara perlahan. Dijamin, setelah hal tersebut dilakukan, tampilan kamera akan terasa lebih jernih ketika digunakan.

2. Optimalkan Aspek Pencahayaan

Selanjutnya untuk mendapat kualitas gambar kamera laptop Asus yang lebih baik, maka pengguna juga perlu untuk memperhatikan aspek pencahayaan. Semisal dengan memperhatikan sudut datangnya cahaya ataupun dengan melakukan pemilihan background yang memberikan efek terang. Bila ini dilakukan, maka paling tidak kualitas dari gambar yang ditampilkan akan mengalami peningkatan.

Baca juga: Penyebab laptop mati secara tiba-tiba dan cara mengatasinya

3. Sinkronkan dengan Kamera Ponsel

Pada dasarnya, kamera yang tersemat pada laptop memiliki spesifikasi yang ala kadarnya lantaran estimasi pemakaian yang jarang dipergunakan. Sehingga oleh sang vendor jarang diprioritaskan. Berbeda dengan kamera ponsel yang pemakaiannya lebih intens, sehingga rata-rata gambarnya bisa diandalkan.

Berdasarkan hal tersebut, maka pengguna dapat memanfaatkannya sebagai solusi mengatasi masalah buramnya kamera laptop Asus. Yakni dengan melakukan penyinkronan antara kamera ponsel yang dipunyai dengan laptop yang dipergunakan. Caranya tinggal mengunduh aplikasi penyinkronan yang kini telah banyak tersedia. Khususnya di layanan penyedia aplikasi selayaknya Playstore atau yang serupa.

4. Pakai Aplikasi Tambahan untuk Laptop

Selain melakukan penyinkronan perangkat menggunakan kamera ponsel, pengguna juga bisa melakukan penginstalan aplikasi tambahan kamera untuk laptopnya. Biasanya ini akan efektif untuk mengoptimasi hasil tangkapan kamera laptop yang dipunyai. Terlebih selain telah tersedia banyak aplikasi, biasanya juga dibarengi dengan ketersediaan fitur yang mantap. Mulai dari pengaturan efek pencahayaan, perekaman layar, dan yang menarik lainnya.

5. Gunakan Perangkat Webcam Eksternal

Terakhir, namun tidak kalah istimewa untuk dicoba dan dijamin akan meningkatkan kualitas kamera laptop Asus saat Zoom dilakukan adalah memakai webcam eksternal. Perangkat ini kini telah banyak tersedia, dan dibanderol dengan harga bervariasi yang dapat disesuaikan. Sehingga pengguna dapat dengan mudah untuk mendapatkan.

Baca juga: Inilah cara mengatasi laptop yang lemot

Menariknya lagi, selain mudah untuk didapatkan, perangkat ini juga mudah untuk disinkronkan pada pelbagai laptop termasuk Asus. Sehingga pengguna tidak lagi perlu khawatir terkait mekanisme penggunaan. Lebih dari itu, untuk kualitas, pemakaian webcam eksternal sangat bisa diandalkan!

Nah, itulah tadi serangkaian cara agar kamera laptop Asus jernih yang dapat dijalankan, terutama saat dipakai untuk aktivitas penting seperti meeting Zoom atau lainnya. Sedikit mengulas balik terkait caranya ada bermacam-macam. Mulai dari pembersihan, sampai penambahan perangkat dan aplikasi yang dipergunakan. Sehingga pengguna bisa menerapkan yang terbaik sesuai dengan indikasi yang terdapat pada laptop Asus miliknya!