Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Laptop Mati Tiba-tiba Paling Sering Dialami

Penyebab Laptop Mati Tiba-tiba - Laptop yang tiba-tiba mati memang sering membuat panik siapa saja. Penyebab laptop sering mati sendiri tentu sangat membingungkan bagi pengguna awam. Tidak jarang para pengguna akhirnya mencari tahu penyebab laptop mati tiba tiba tersebut.
 
Pada dasarnya, masalah laptop yang sering mati tiba-tiba biasanya dipengaruhi oleh dua hal, yakni software dan hardware. Nah, jika laptop yang dimiliki sedang mengalami masalah tersebut, maka segera periksalah. Kemungkinan masalah tersebut timbul dari penyebab-penyebab berikut ini:

1. Laptop Terlalu Panas

Penyebab Laptop Mati Tiba-tiba
Ketahui penyebab laptop mati tiba-tiba
Hal pertama yang bisa menjadi biang keladi seringnya laptop mati adalah pemakaian perangkat yang terlalu lama. Aktivitas tersebut pada akhirnya membuat laptop semakin panas atau overheating. Tidak hanya itu saja, suhu serta tempat peletakan juga bisa mempengaruhi peningkatan suhu laptop tersebut.


Nah, untuk mengatasi masalah overheating ini, pengguna bisa menggunakan kipas atau bantalan pendingin. Dengan demikian, suhu laptop akan tetap stabil dan tidak akan menjadi terlalu panas saat digunakan, walau dalam waktu lama sekalipun.

2. Kegagalan Perangkat Keras

Penyebab kedua yang sering membuat laptop menjadi mati tiba-tiba adalah terjadinya kegagalan operasi perangkat keras. Hal tersebut tentu sangat wajar terjadi jika perangkat keras yang digunakan telah rusak atau usang. Di sisi lain, pemasangan hardware yang tidak kompatibel dengan laptop juga bisa membuatnya menjadi mati secara tiba-tiba.

Ketika masalah tersebut terjadi, pergilah ke tempat servis laptop untuk melakukan pengecekan pada komponen hardware yang mengalami masalah. Namun, jika laptop tersebut mati tiba-tiba setelah melakukan pergantian hardware, maka coba lepas dan ganti dengan yang kompatibel dengan laptop.

Baca juga: Cara memperbaiki laptop hang pasti berhasil

3. RAM yang bermasalah

Rusaknya perangkat keras satu ini memang sering menimbulkan berbagai macam masalah. Umumnya masalah tersebut terjadi dikarenakan oleh RAM yang berhenti bekerja. Ciri-ciri laptop yang mengalami masalah pada RAM biasanya akan mati secara tiba-tiba saat digunakan untuk mengoperasikan sistem yang membutuhkan banyak memori.

Jika memang RAM yang menjadi penyebab laptop mati tiba tiba, maka hapus program tersebut dan cobalah untuk menyalakan laptop kembali. Setelah itu, buka program yang memiliki ukuran ringan. Jika laptop tidak mengalami masalah saat membuka program tersebut, maka selamat laptop masih bisa digunakan.

4. Masalah pada Baterai

Laptop yang mati secara tiba-tiba biasanya juga terjadi karena baterai yang digunakan sudah tidak layak. Hal tersebut biasanya terjadi karena penggunaan laptop yang terlalu lama, serta pengisian daya yang berlebihan. Aktivitas tersebut pada akhirnya membuat baterai laptop menjadi bocor atau tidak tahan lama dan menyebabkan laptop menjadi cepat mati.

Apabila masalah tersebut terjadi, maka lakukan pengecekan pada baterai yang digunakan. Pastikan juga ampere pada baterai sesuai dengan laptop. Jika semua telah dicek dan ternyata memang baterai telah bermasalah, maka jalan terakhir adalah membeli baterai yang baru.

Baca juga: Cara memperbaiki laptop layar hitam paling ampuh

5. Virus Komputer

Faktor terakhir yang menyebabkan masalah tersebut terjadi, yakni adanya virus pada laptop. Virus-virus komputer ini biasanya memang akan mematikan laptop sendiri saat mengunduh file atau sedang membuka program tertentu. Meskipun bisa dinyalakan kembali, namun jika dibiarkan saja maka akan membuat laptop menjadi rusak.

Untuk itu, segera lakukan pengecekan adanya virus pada laptop tersebut. bersihkan virus-virus yang ada pada laptop jika memang ada. Setelah itu, pasang program anti virus agar tidak terulang masalah yang sama.

Itulah, lima penyebab laptop mati tiba tiba sendiri yang paling umum dialami banyak pengguna. Saat masalah tersebut terjadi, segera lakukan pengecekan terhadap lima penyebab tersebut. Bila perlu bawa laptop ke tempat servis untuk mendapatkan perawatan yang lebih optimal