Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudah, Inilah Cara Memperbaiki Laptop Hang Pasti Berhasil

Hal paling tidak menyenangkan saat sedang menggunakan laptop adalah ketika laptop tiba-tiba hang dan tidak bergerak. Semua pekerjaan jadi harus tertunda dan khawatir pekerjaan belum tersimpan. Lalu apakah yang harus dilakukan saat laptop hang? Berikut ini cara memperbaiki laptop hang agar bisa segera digunakan dan tidak hang lagi:

1. End Process Program yang Berjalan

cara memperbaiki laptop hang layar hitam
cara mengatasi laptop hang
saat baru dinyalakan
Biasanya pengguna laptop membuka banyak aplikasi sekaligus. Hal ini akan membuat sistem laptop menjadi berat. Nah kalau sudah begini laptop cenderung akan hang dan berhenti berproses karena terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan. Jika hal ini terjadi, beri waktu untuk laptop hingga merespon kembali perintah yang diberikan.

Jika laptop sudah merespon kembali, coba masuk ke menu Windows Task Manager secara langsung. Namun jika tidak, coba tekan kombinasi tombol “Ctrl+Alt+Del” pada keyboard. Nantinya akan muncul daftar aplikasi yang sedang berjalan saat itu. Jika sudah, pilih opsi “End Process for All” atau “End Task for All”. Cara ini akan otomatis menutup semua aplikasi yang berjalan.

Baca juga: Cara memperbaiki laptop layar hitam paling ampuh

2. Lakukan Reboot pada Laptop

Tidak semua cara memperbaiki laptop hang yang dipraktekkan bisa langsung berhasil. Jika memang penyebabnya bukan sistem yang terlalu berat, maka cara pertama diatas tidak bisa menyelesaikannya. Maka dari itu, cara kedua ini bisa dicoba saat laptop hang dan tidak bisa dilakukan apa-apa.

Cara ini dilakukan dengan memaksa laptop untuk mati. Pengguna bisa melakukannya dengan menekan tombol power dalam waktu yang lama. Laptop akan mati dengan sendirinya. Setelah itu, beri beberapa saat untuk laptop melakukan pendinginan. Setelahnya, hidupkan lagi laptop. Biasanya laptop akan bisa langsung digunakan kembali.

3. Hapus Cache

Sama seperti sistem yang terlalu berat karena banyak aplikasi terbuka, laptop bisa hang karena terlalu banyak memori cachenya. Memori ini merupakan residu dari penggunaan aplikasi dan sistem laptop lainnya. Akibatnya kinerja laptop akan melambat bahkan bisa menjadi penyebab laptop hang.

Baca juga: Cara ngecek RAM laptop dengan mudah

Jika kedua cara diatas belum bisa berhasil, maka mungkin penumpukan memori cache adalah penyebabnya. Pengguna bisa restart laptop terlebih dahulu. Setelah laptop bisa berfungsi, pengguna bisa masuk ke menu “BIOS Cache”. Semua cache akan ditampilkan. Setelahnya, pengguna bisa melakukan pembersihan cache pada menu yang ditawarkan.

4. Aktifkan Antivirus

Penggunaan laptop tidak terhindarkan dari penggunaan flashdisk atau melakukan unduhan-unduhan file dari internet. Nah, dari hal-hal seperti ini laptop bisa jadi dimasuki oleh virus dan malware. Jika hal ini terjadi, maka laptop akan rentan hang dan berhenti tiba-tiba saat sedang digunakan.

Jika laptop sudah hang, maka pengguna harus merestart laptop terlebih dahulu. Setelahnya, cek apakan antivirus aktif atau tidak. Jika tidak aktif atau bahkan tidak ada, segera pasang antivirus dan lakukan pemindaian laptop. Setelahnya, bersihkan laptop dari virus. Hal ini juga membantu untuk mencegah laptop hang lagi karena sebab virus dan malware.

5. Cek Keadaan Kipas Laptop

Penyebab laptop hang yang juga umum adalah karena laptop terlalu panas. Saat laptop terlalu panas, laptop akan hilang atau otomatis mati. Tujuannya tentu untuk menghindarkan mesin laptop dari panas yang lebih lagi. Dalam hal ini, laptop pasti terasa sangat panas.

Jika hal ini terjadi, segera cek keadaan kipas laptop. Biasanya laptop yang terlalu panas disebabkan oleh pemakaian yang terlalu lama. Jika begini, istirahatkan laptop sebentar. Jangan lupa untuk mengecek kipas laptop, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Jika masalah ada di kipas laptop, maka pengguna harus membeli kipas tambahan agar laptop tidak hang lagi.

Baca juga: Cara cek DDR RAM laptop secara gampang

Sebenarnya keadaan laptop yang hang bisa dihindari. Caranya tentu dimulai dengan cara penggunaan yang tidak terlalu banyak membebani laptop. Tapi terkadang laptop hang menjadi masalah tak terhindarkan. Jika laptop sudah terlanjur hang, maka lakukan salah satu cara memperbaiki laptop hang yang sudah dijelaskan di atas untuk memperbaikinya.