Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot, Pekerjaan Jadi Ngebut

Setelah penggunaan dalam jangka waktu tertentu, performa beberapa laptop akan terasa menurun. Yang paling sering dirasakan adalah lambatnya laptop saat digunakan. Hal ini tentu menghalangi kelancaran pekerjaan bukan? Karenanya, cobalah cara memperbaiki laptop yang lemot berikut ini agar laptop kembali ngebut:

1. Hapus Cache Berkala

Inilah Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot, Pekerjaan Jadi Ngebut
Cara memperbaiki laptop yang lemot
Cache menjadi masalah kebanyakan gawai yang digunakan. Terlebih lagi gawai seperti laptop sudah digunakan untuk waktu yang lama dan tidak dilakukan pengecekan. Residu dari aplikasi yang digunakan akan memenuhi memori. Hal ini tentu akan memperlambat performa laptop. Laptop akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses pekerjaan.

Karenanya, penting bagi pengguna laptop untuk melakukan pengecekan berkala pada cache. Jika memungkinkan, buat jadwal rutin untuk mengecek dan membersihkan cache. Cara ini akan sangat membantu laptop untuk menjadi lebih ringan dan tidak lemot. Hal ini dikarenakan pada dasarnya cache memang sesuatu yang sudah tidak digunakan sama sekali.

Baca juga: Cara memperbaiki laptop yang hang

2. Hapus File yang Tidak Diperlukan

Selain cache, ada juga file-file yang menumpuk di laptop. File tersebut biasanya adalah file yang pernah disimpan. Pengguna laptop sering merasa file tersebut tidak akan berpengaruh apa-apa karena hanya disimpan di memori. Namun ternyata file tersebut mengambil bagian di memori laptop.

Karenanya, setiap beberapa waktu, periksa direktori file yang ada di laptop. Pilih dan pilah file-file tua yang sudah tidak dibutuhkan. Setelahnya melakukan penghapusan permanen sehingga memori lebih longgar. Atau pengguna bisa memanfaatkan penyimpanan awan. Dengan penyimpanan awan, memori laptop pengguna tidak akan terambil banyak.

3. Pilih Aplikasi Sesuai Spek Laptop

Beberapa pengguna membutuhkan laptop untuk pekerjaan tertentu yang membutuhkan aplikasi. Terkadang aplikasi yang diinginkan adalah aplikasi dengan spek tertinggi untuk performa yang paling ekstra. Namun nyatanya, tidak semua laptop bisa menerima sembarang aplikasi dengan spek tinggi.

Saat memilih aplikasi, pilihlah versi aplikasi yang sesuai dengan spek laptop. Hal ini akan membantu pekerjaan laptop menjadi lebih ringan. Selain itu jika aplikasi yang digunakan sesuai dengan spek, laptop bisa memproses aplikasi dengan lebih cepat. Dengan begitu, laptop tidak akan menjadi lemot karena harus memproses aplikasi yang berat.

4. Membeli Tambahan RAM

Semua gawai tentu memiliki kapasitas RAM tertentu. RAM ini yang menentukan seberapa banyak aplikasi yang bisa dimasukkan dalam laptop yang digunakan. Semakin penuh RAM biasanya semakin melambat pula pekerjaan yang dilakukan oleh laptop. Hal ini karena RAM tidak memiliki cukup ruang untuk bisa memproses aplikasi.

Untuk itu, pengguna bisa saja memilih untuk menghapus beberapa aplikasi untuk memberikan ruang yang cukup. Atau jika memang aplikasi yang ada benar-benar dibutuhkan, pengguna bisa membeli RAM tambahan. RAM tambahan ini akan di instalkan ke laptop dan pengguna akan mendapat ruang tambahan untuk aplikasi yang dibutuhkan.

Baca juga: Cara ngecek RAM laptop dengan mudah

5. Perhatikan Aplikasi yang Bekerja Pada Laptop

Cara memperbaiki laptop yang lemot terakhir adalah dengan memperhatikan aplikasi yang bekerja pada laptop. Laptop tentu punya kapasitas tertentu untuk melakukan pekerjaan. Jika terlalu banyak aplikasi yang terbuka, laptop akan bekerja lebih keras. Saat hal ini terjadi, biasanya laptop akan melambat, bahkan bisa menyebabkan mesin laptop overheat.

Untuk menghindarinya, pengguna bisa membuka aplikasi secukupnya. Jika aplikasi yang terbuka sudah tidak digunakan, pengguna bisa menutupnya saja. Selain itu, bersabarlah untuk menunggu setiap perintah dikerjakan dengan baik. Jangan menumpuk perintah yang sedang loading dengan perintah-perintah lainnya.

Baca juga: Cara cek DDR RAM laptop

Laptop yang lemot tentu membuat pekerjaan tidak nyaman. Pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat jadi harus membutuhkan waktu lebih lama untuk selesai. Namun dengan mencoba cara memperbaiki laptop yang lemot diatas, tidak perlu lagi mengalami pekerjaan yang terhambat performa laptop yang menjadi lambat.