Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Ngecek RAM Laptop dengan Mudah

5 Cara Ngecek RAM Laptop dengan Mudah
Cara mengecek ram laptop yang terpakai
RAM merupakan komponen yang penting pada sebuah laptop karena memiliki fungsi untuk menyimpan data. Setiap laptop tentu memiliki ukuran RAM yang berbeda. Semakin lama digunakan, maka memori RAM juga bisa berkurang. Oleh karena itu pengguna laptop harus mengetahui cara ngecek RAM laptop agar bisa memeriksa sisa kapasitas RAM di laptop.

Memeriksa kapasitas RAM ini bisa membuat pengguna memperkirakan penggunaan RAM di laptop. Jika RAM sudah hampir penuh, maka kinerja laptop juga bisa semakin jelek. Jadi, pengguna bisa mulai antisipasi dengan memeriksa sisa dari penggunaan RAM di laptop. Berikut ini adalah lima cara untuk memeriksanya:

1. Melalui Device Specifications

Cara yang pertama adalah bisa melalui device specification di laptop. Device specification adalah sebuah fitur di laptop yang akan menunjukkan spesifikasi di laptop. Mulai dari sisa RAM, prosesor, tipe laptop dan lainnya. Berikut ini adalah cara membuka device specifications di laptop:
  • Buka Control Panel dengan melakukan pencarian di menu start.
  • Klik menu system and security dan pilih menu system.
  • Setelah itu akan muncul spesifikasi laptop, untuk melihat RAM, lihat di menu device specifications.

Cara di atas bisa dilakukan dengan menggunakan control panel. Namun selain menggunakan control panel, ada cara yang lebih simple. Caranya adalah dengan membuka melalui this computer yaitu klik kanan di this computer, setelah itu klik properties. Maka akan langsung ditampilkan spesifikasi laptop dan akan muncul juga menu device specifications.

2. Menggunakan DirectX Diagnostic Tool

DirectX diagnostic tool bisa dijadikan alternatif sebagai cara ngecek RAM laptop. Tools ini berfungsi untuk memeriksa keadaan laptop dengan menganalisis fungsi, program dan juga kerusakan pada laptop. Namun, selain untuk memeriksa keadaan laptop DirectX diagnostic tool ini juga bisa menampilkan RAM laptop, berikut adalah caranya:
  • Lakukan pencarian DxDiag pada kolom pencarian di start.
  • Jika ingin lebih praktis, tekan tombol Windows dan huruf R, lalu ketik DxDiag dan lakukan pencarian.
  • Jendela DirectX diagnostic tool akan terbuka.
  • Klik tab system dan lihat keterangan memori RA

3. Melalui CMD

Bagi pengguna setia laptop mungkin pernah menggunakan CMD ini. CMD adalah fitur untuk memberikan perintah dalam bentuk teks. Ada berbagai macam perintah dan pengaturan yang bisa dibuka melalui CMD, salah satunya adalah untuk memeriksa RAM pada laptop. Bagi yang ingin memeriksa RAM melalui CMD, berikut ini adalah caranya:
  • Tekan bersamaan tombol Windows dan huruf R.
  • Pada jendela run, ketik CMD di kolom pencarian.
  • Jendela CMD akan terbuka.
  • Ketik msinfo32 di tampilan menu CMD.
  • Setelah itu akan terbuka sistem informasi pada laptop, mulai dari info OS, versi hingga RAM.

4. Melalui Task Manager

Pengguna laptop pasti pernah membuka jendela task manager yang berfungsi untuk memeriksa aplikasi yang sedang berjalan pada laptop. Ternyata selain memiliki fungsi untuk melihat aplikasi yang berjalan, task manager ini juga memiliki fungsi untuk melihat RAM pada laptop. Bagi yang penasaran, coba ikuti cara di bawah ini
  • Buka task manager dengan klik kanan di taskbar laptop.
  • Pilih tab performance yang akan menampilkan performa CPU, WIFI, memory dan lainnya
  • Lihatlah informasi tentang memory untuk memeriksa RAM laptop.

5. Menggunakan Aplikasi Speccy

Jika pengguna lebih menyukai menggunakan aplikasi tambahan, maka bisa mencoba aplikasi Speccy. Aplikasi Speccy ini merupakan sebuah aplikasi yang memang memiliki fungsi khusus untuk memeriksa spek laptop. Jadi, setelah berhasil mengunduh dan menjalankan aplikasi Speccy, maka akan ditampilkan spesifikasi laptop termasuk RAM.


Itulah lima cara ngecek RAM laptop yang bisa dicoba di setiap laptop. Sebaiknya lakukanlah pemeriksaan RAM di laptop ini secara rutin. Jika memori RAM sudah mulai penuh, sebaiknya hapuslah beberapa data yang tidak berguna. Jika tidak memungkinkan untuk dihapus, pengguna bisa membeli RAM yang lebih besar.