Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam Paling Ampuh

Layar laptop yang secara tiba-tiba hitam atau sering disebut black screen memang cukup sering dialami pengguna laptop. Secara tiba-tiba laptop yang biasanya bisa hidup normal kini layarnya jadi hitam seperti mati. Oleh karena itu, penting bagi pengguna laptop untuk mengetahui cara memperbaiki laptop layar hitam.

Biasanya hal ini terjadi ketika laptop sedang dihidupkan atau sedang dicoba untuk dihidupkan. Beberapa penyebabnya adalah adanya gangguan monitor, gangguan RAM, dan gangguan instalasi Windows. Agar bisa membuat layar laptop hidup seperti semula, coba gunakan lima cara di bawah ini:

Baca juga: Cara ngecek RAM laptop dengan mudah

1. Masuk ke Safe Mode

Layar laptop yang hitam bisa diatasi dengan safe mode. Safe mode adalah sebuah fitur yang disediakan oleh Windows untuk memperbaiki masalah sistem informasi di laptop. Dengan memasuki safe mode, laptop akan hidup dalam keadaan yang aman dan bisa coba memperbaiki masalah di laptop. Berikut ini adalah caranya:
  • Saat layar laptop hitam, tekan tombol F8 secara berulang hingga layar laptop memunculkan beberapa menu.
  • Pilih menu safe mode.
  • Cari menu display adapters, lalu klik uninstall pada device di display adapters.
  • Restart ulang laptop seperti biasa.

2. Reset Bios

Dengan Reset Bios bisa digunakan sebagai cara memperbaiki laptop layar hitam. Reset Bios adalah cara untuk mengembalikan kondisi laptop sekarang menjadi kondisi laptop saat baru pertama kali dibeli. Jadi, semua masalah di laptop akan selesai dan semua aplikasi laptop jadi hilang, berikut ini adalah caranya:
  • Saat layar laptop hitam, tekan tombol Del. Setiap merek laptop memiliki tombol untuk masuk ke Bios yang berbeda, jadi periksa dulu tombolnya di Internet sesuai merek laptop.
  • Setelah masuk ke Bios, klik menu Exit.
  • Pilih menu load setup default.
  • Klik OK dan simpan perubahan.
  • Tunggu hingga laptop menyala lagi.

3. Periksa Pemasangan RAM di Laptop

cara memperbaiki laptop layar hitam
Cara memperbaiki layar
laptop yang blank hitam
Salah satu penyebab layar laptop bisa jadi hitam dalam keadaan menyala adalah terjadinya gangguan pada RAM. Bisa karena posisi RAM yang tidak benar atau keadaan RAM yang sudah rusak di laptop.

Jadi, pertama-tama coba lepaskan RAM dari laptop, hati-hati saat melepaskan RAM dari laptop. Setelah berhasil, coba pasangkan ulang kembali RAM dengan benar atau pasang di slot RAM lainnya. Jika laptop berhasil hidup, maka posisi RAM sebelumnya tidak benar.

Namun, jika sudah mencoba tapi tetap gagal, maka cobalah ganti RAM. Karena harga RAM cukup mahal, coba pinjam dulu RAM laptop milik orang lain dan pasang di laptop. Jika laptop berhasil menyala, maka sudah saatnya untuk mengganti RAM laptop yang baru.

4. Memeriksa Kabel Fleksibel Laptop

Cara lainnya adalah dengan memeriksa kabel fleksibel laptop. Kabel fleksibel laptop ini berfungsi untuk menerima sinyal dari CPU ke layar LCD laptop. Jika layar laptop tiba-tiba hitam kemungkinan dikarenakan ada kerusakan kabel fleksibel. Solusinya adalah buka casing layar laptop dan jika kabel fleksibel rusak, bisa diganti dengan kabel baru.

5. Gunakan Monitor Eksternal

Solusi ini bisa menjadi pilihan terakhir jika ingin memeriksa apakah terjadi kerusakan langsung di VGA card atau monitor laptop. Jadi pengguna bisa coba sambungkan laptop dengan monitor eksternal. Caranya sambungkan kabel monitor ke laptop, lalu klik tombol fn dan f8, pengaturan tombol ini tergantung dengan merek laptop.

Baca juga: Inilah fungsi ISO pada kameraa HP sertai informasi terkait

Setelah tersambung maka lihatlah apakah layar monitor menyala. Jika layar monitor menyala, maka LCD laptop rusak. Namun jika layar monitor juga tidak menyala, maka VGA card rusak. Solusinya ganti LCD atau VGA card.

Itulah sedikit pembahasan tentang layar hitam di laptop beserta cara memperbaiki laptop layar hitam. Jadi pengguna tidak perlu panik saat mengalami hal seperti ini. Solusinya cukup coba masuk ke safe mode, reset BIOS atau periksa ulang posisi RAM. Jika sudah mencoba tig acara tersebut tapi masih gagal, coba perbaikan ke service center.