Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Niat Puasa Syawal dan Keutamaanya

Niat Puasa Syawal dan Keutamaanya - Puasa merupakan salah satu ibadah yang termasuk dalam rukun Islam yang keempat. Secara hukum, puasa itu sendiri terdiri dari puasa wajib dan puasa sunnah. Setiap tahun ada sejumlah puasa sunnah yang cukup beragam untuk dilakukan umat Islam. 

Beberapa di antaranya adalah puasa Senin-Kamis, puasa Ayyamul Bidh, puasa Arafah, puasa Rajab, puasa Syawal, dan puasa lainnya. Jadwal puasa sunnah sendiri tentu sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang Niat puasa Syawal.

Bulan Syawal

niat puasa syawal
Lafaz niat puasa syawal
Bulan Syawal merupakan bulan yang tidak kalah istimewanya dengan bulan Ramadhan. Selain bertepatan dengan Idul Fitri sebagai tanda umat Islam menyelesaikan puasa Ramadhan, bulan Syawal juga memiliki amalan puasa sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan, yaitu puasa di bulan Syawal.

Baca juga: Doa pelunas hutang dan dibebaskan dari kefakiran

Amalan puasa sunnah di bulan Syawal sangat dianjurkan karena keutamaan yang dikandungnya. Sebagaimana dijelaskan dalam salah satu riwayat hadits, orang yang mengamalkan puasa Syawal akan mendapatkan pahala yang tiada putus-putusnya.

Kapan Puasa Syawal 2022

Sesuai dengan namanya, puasa Syawal dilaksanakan pada bulan Syawal. Namun, puasa Syawal tidak langsung dimulai pada awal Syawal atau 1 Syawal. Pasalnya, 1 Syawal bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri yang termasuk dalam hari-hari yang diharamkan untuk puasa dalam Islam. Hal ini dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Sa'id Al Khudri ra. Berikut ulasan jadwal puasa Syawal 2022 yang bisa sahabat lakukan: Puasa Syawal: 3-31 Mei (2-30 Syawal)

Berapa Hari Puasa Syawal

Amalan puasa di bulan Syawal terkait jumlah dapat kita aplikasikan dari keterangan hadits Nabi Muhammad SAW. Menurut salah satu hadits, puasa di bulan Syawal dilakukan selama enam hari di bulan Syawal.

Hadits itu juga menjelaskan keutamaan lain dari puasa di bulan Syawal. Dengan keutamaan yang ditawarkan di dalamnya, alangkah baiknya jika puasa sunnah ini bisa dimulai dengan membaca niat yang benar. Berikut bacaan yang bisa sahabat amalkan: 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى   

"Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatis Syawwâli lillâhi ta‘âlâ".

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah SWT.”

Keutamaan Puasa Syawal 

Bagi sahabaat yang sudah menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun ini, silahkan lanjutkan puasa di bulan Syawal. Dalam hadits disebutkan bahwa puasa 6 hari di bulan Syawal sama dengan puasa setahun penuh.

Baca juga: Doa agar suami nurut dan sayang sama istri

Keutamaan puasa Syawal yang setara dengan puasa satu tahun merupakan salah satu keistimewaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW. Pasalnya, usia umat Nabi Muhammad SAW lebih pendek dari usia umat sebelumnya yang bisa mencapai ratusan tahun. Keutamaan lain dari puasa Syawal adalah ibadah sunnah yang diharapkan dapat menyelamatkan manusia di hari akhir.

Lebih jelasnya terkait niat puasa syawal bisa sahabat simak dalam video berikut:

Demikian penjelasan dari saya tentang inilah keutamanaan dan Niat Puasa Syawal semoga bermanfaat, terimakasih.