Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia 5 Penyebab Laptop Tidak Menyala dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Tidak Menyala - Saat laptop tidak mau menyala sama sekali tentu akan membuat siapa saja panik bukan kepalang. Bagaimana tidak, bagi sebagian orang laptop adalah aset berharga yang dimiliki untuk mencari uang. Nah, ketikan hal tersebut terjadi tidak perlu panik. Ketahui terlebih dahulu penyebab laptop tidak menyala tersebut, apakah dari hardware yang bermasalah atau softwarenya.

Bagi pengguna yang masih awam dengan sistem komputer, jangan sedih. Artikel ini akan memberikan rangkuman terkait faktor yang menyebabkan laptop tidak menyala sama sekali. Oleh karenanya, simak penjabaran berikut hingga selesai, ya!

1. Baterai Laptop Bermasalah

penyebab laptop tidak menyala
Ketahui 5 penyebab laptop tidak menyala
Faktor pertama yang menjadi penyebab laptop mati total umumnya berasal dari baterai yang digunakan. Pengguna yang mengandalkan baterai saja maka akan mengalami masalah tersebut saat daya pada baterai tersebut habis. Untuk membuat laptop tersebut menyala lagi, maka pengguna harus mengisi daya baterai agar dapat menggunakannya kembali.

Baca juga: Penyebab laptop mati tiba - tiba paling sering terjadi

Namun, jika laptop masih tidak kunjung menyala, maka berarti memang baterai tersebut sudah tidak layak pakai. Dengan demikian, pengguna harus tetap menancapkan charger pada laptop tersebut sembari menggunakannya. Bila perlu, pengguna bisa membeli baterai baru sebagai alternatif mengatasi masalah tersebut.

2. Mainboard yang Error

Masalah kedua yang mengakibatkan laptop tidak bisa hidup sama sekali berada pada Mainboard. Untuk mengeceknya, pengguna bisa melepas semua perangkat yang terpasang pada laptop, seperti hardisk, DVD dan lainnya. Setelah itu, lepas mainboard dan bersihkan dari debu-debu yang menempel.

Jika sudah, lakukan uji coba dengan menekan tombol power untuk menyalakan laptop kembali. Apabila masih belum menyala, maka kemungkinan mainboard tersebut telah rusak. Dengan demikian, pengguna harus segera menggantikannya dengan yang baru agar laptop bisa kembali hidup dan dapat digunakan lagi.

Baca juga: Cara memperbaiki laptop yang lemot dengan mudah

3. Terdapat Masalah pada Komponen Power

Penyebab laptop tidak menyala selanjutnya biasanya dipengaruhi oleh komponen powernya. Pada umumnya masalah tersebut terlihat dari lampu indikator laptop yang mati, di sisi lain adaptor masih dalam kondisi normal. Lakukan pengecekan pada soket untuk mengetahui apakah aliran listrik mengalir dengan lancar.

Apabila tidak terjadi masalah sama sekali pada soket, maka kemungkinan terbesar masalah timbul dari komponen power. Guna memastikannya, pengguna bisa mengecek tombol on dan off pada laptop. Jangan lupa juga untuk mengecek bagian ic powernya, apakah terdapat masalah atau tidak

4. RAM mengalami Masalah

RAM memang menjadi perangkat yang sangat penting untuk digunakan sebagai penyimpan data. Meskipun demikian, terkadang RAM juga mengalami masalah hingga membuat laptop menjadi mati total. Ciri-ciri laptop yang tidak menyala karena masalah pada RAM biasanya ditandai dengan lampu indikator, kipas serta mesin yang menyala, namun layar tetap hitam.

Masalah tersebut bisa diatasi dengan membersihkan pin RAM tersebut. Setelah itu, coba pasang RAM pada soket yang berbeda, jika terdapat dua soket di dalamnya. Pastikan juga telah memasang RAM dengan tepat agar laptop bisa kembali dinyalakan.

5. Adaptor Laptop Rusak

Saat daya pada baterai laptop telah habis, tentu pengguna akan mengisinya kembali melalui charger. Sayangnya, karena adaptor yang digunakan bermasalah atau rusak, sehingga menyebabkan aliran listrik tidak bisa mengalir ke laptop. Hal tersebut pada akhirnya menyebabkan laptop mati total.

Baca juga: Cara memperbaiki laptop hang

Untuk memastikannya, maka pengguna bisa meminjam charger yang sama dengan laptop tersebut. cobalah charger tersebut untuk mengisi daya. Apabila laptop kembali menyala dan daya terisi kembali, maka bisa dipastikan bahwa penyebab utamanya ada pada adaptor yang digunakan. Maka dari itu, ganti adaptor dengan yang baru agar laptop bisa dipakai kembali.

Penyebab laptop tidak menyala memang sangat beragam sekali. Maka dari itu, jangan panik ketika terjadi hal tersebut. Cukup lakukan pengecekan terhadap lima komponen yang telah disebutkan diatas untuk mengetahui akar masalahnya, sebelum memutuskan untuk pergi ke tempat servis.