Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game Free Fire Terampuh

Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game Free Fire - Kadangkala, keseruan saat memainkan game Free Fire bersama dengan teman harus terganggu, akibat HP yang tiba-tiba lag dengan sendirinya. Sehingga membuat permainan yang harusnya mengasyikkan jadi menyebalkan. Sebenarnya, mengapa masalah ini terjadi? Lantas adakah solusi yang dapat dipakai sebagai cara mengatasi HP lag saat main game Free Fire tersebut yang ampuh dijalankan? Ikuti uraian berikut untuk mendapatkan jawabannya!

Penyebab HP Mengalami Lag Saat Dipakai Main FF

Sebelum membahas lebih lanjut terkait cara mengatasinya, maka alangkah lebih baik bila pengguna memahami indikasi penyebabnya dahulu. Lantaran, sejatinya penyelesaian masalah ini hendaknya merujuk dari indikasi penyebab yang ditampilkan perangkat, di antaranya:
  • Memori terlalu penuh akibat aplikasi dan cachenya.
  • Pemakaian fitur Free Fire yang tidak efektif.
  • Jaringan yang dimiliki terkendala.
  • Pengaturan kualitas grafis yang terlalu tinggi.

Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game Free Fire

Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game Free Fire Terampuh
Tips Mengatasi HP Lag
Saat Main Game Free Fire
Selanjutnya setelah pengguna menemukan indikasi masalah pada perangkatnya, maka dapat menerapkan upaya penanganan paling tepat. Yakni dengan mengikuti instruksi yang diberikan di bawah ini:

1. Jalankan Pembersihan Memori

Hal pertama yang paling efektif untuk diupayakan adalah melakukan pembersihan memori pada ponsel. Tidak lain karena lazimnya setelah pemakaian banyak aplikasi, HP akan menyisakan file yang dikenali dengan istilah cache. File tersebut sebenarnya bermanfaat untuk akses cepat, namun bila sudah menumpuk maka akan mengakibatkan kinerja perangkat terganggu, seperti memicu lag saat dipakai main FF.

Baca juga: Cara membersihkan RAM HP semua tipe

Selain cache, pembersihan juga lebih maksimal dengan mengurangi aplikasi terpasang. Caranya dengan menyortir ulang aplikasi yang tidak digunakan, kemudian melakukan penginstalan. Dengan begitu, kinerja perangkat akan semakin ringan, sehingga tidak menyebabkan permasalahan teknis seperti lag tiba-tiba dan lainnya.

2. Lakukan Efisiensi Fitur FF

Sebagai game yang super seru, FF punya beraneka fitur keren yang bisa dimanfaatkan, semisal Voice Chat. Akan tetapi, sayangnya, terkadang fitur tersebut justru memberatkan kinerja perangkat sehingga game yang dimainkan malah jadi lag. Berdasar hal tersebut, maka efisiensi pemakaian fitur semacam ini bisa jadi solusi terbaik untuk mencegah dan menangani permasalahan lag yang bisa terjadi.

3. Pastikan Kestabilan Jaringan yang Digunakan

Kemudian yang ketiga, pengguna juga harus memastikan ulang kestabilan jaringan yang dipunyainya. Misalkan saja dengan memeriksa kuota data, jaringan seluler, ataupun konektivitas Wifinya. Cara paling mudah adalah menjalankan mode pesawat atau restart selama beberapa saat. Lantaran biasanya hal tersebut akan membuat perangkat menyegarkan jaringan yang semula, sehingga akan lebih terasa optimal dan permainan kembali lancar.

4. Atur Ulang Kualitas Grafis Game

Terakhir, seperti yang sudah dijelaskan, permasalahan juga mungkin terjadi lantaran pengguna yang mengatur kualitas grafis dari permainan FF terlalu tinggi. Memang hal ini menyenangkan, lantaran membuat tampilan jadi keren untuk dinikmati. Namun tanpa penyesuaian yang baik dengan perangkat, hal ini justru hanya akan menciptakan beban kinerja. Sehingga muncullah masalah seperti lag dan semacamnya.

Baca juga: Cara cek HP Samsung Ori atau HDC dengan sangat mudah

Sehingga pengguna perlu melakukan penyetelan ulang grafis ini. Caranya dengan masuk ke pengaturan pada game FF kemudian menyesuaikan grafis yang digunakan dengan kebutuhan perangkat. Setelahnya, dijamin performa permainan tadi akan membaik dan kembali menyenangkan untuk dijalankan!

Nah, itulah tadi sejumlah cara mengatasi HP lag saat main game Free Fire terampuh yang ternyata bisa diterapkan dengan pelbagai alternatif. Mulai dari pembersihan memori, efisiensi fitur, pengoptimalan jaringan, hingga pengaturan ulang grafis permainan. Jadi, pengguna tinggal melakukan cara yang paling sesuai setelah mengidentifikasi penyebab masalahnya!