Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC dengan Mudah

Smartphone android menjadi salah satu produk utama dari Samsung adalah yang memiliki nama Samsung Galaxy mulai dari seri A, seri M, hingga ke seri flagship yaitu seri S dan Z. Dari produknya yang terkenal muncullah oknum yang membuat barang palsu mirip HP samsung asli. Berikut adalah cara cek HP Samsung Ori atau HDC:

Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC dengan Mudah
Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC.
Ⓒ Pixels.com
1. Cek Bagian Fisik Smartphone

Cara paling simple dalam mengecek keaslian smartphone adalah dengan melihat dari bagian luarnya yaitu fisik. Smartphone samsung yang asli apalagi flagship dari seri S dan Z pastinya memiliki jenis material yang premium dan mewah. Jika dipegang akan terasa perbedaannya dengan HP HDC dari segi material, tekstur, bobot, dan lainnya.

Namun biasanya HP HDC jaman sekarang sudah bisa memiliki kemiripan yang tinggi dengan yang aslinya. Sehingga untuk bisa mengetahuinya, pengguna harus memegangnya secara langsung. Dengan begitu perbedaan kualitasnya akan terasa seketika saat dipegang. Jika jeli, pengguna bisa melihat langsung dari sisi layarnya, karena HP HDC biasanya tidak memiliki sisi tepi layar atau bezels yang tipis.

Baca juga: Kode darurat HP Vivo untuk membuka pola yang lupa

2. Lakukan Tes LCD

 Cara cek HP Samsung ori atau HDC selanjutnya adalah dengan melakukan Tes LCD. Pengguna bisa langsung pergi ke bagian telepon dan masukkan kode *#0*# dan tunggu beberapa saat. Setelah itu smartphone akan memunculkan beberapa informasi penting seperti LCD test, keterangan kamera, getaran, dan beberapa spesifikasi lainnya.

HP yang palsu atau HDC tidak akan bisa menampilkan informasi serupa dengan lengkap. Jika benar smartphone tidak bisa menampilkan informasi tentang spesifikasi dan tes apapun, bisa dipastikan HP tersebut bukan yang asli. Tetapi ada juga HP yang bisa melakukan hal tersebut namun spesifikasinya berbeda jauh dengan apa yang resmi dikeluarkan oleh samsung, itu juga patut dicurigai keasliannya.

3. Cek Kode IMEI

Kode IMEI adalah kode khusus yang sengaja dibuat oleh vendor smartphone guna membedakan satu perangkat dengan perangkat lainnya. Kode unik ini juga bisa digunakan untuk melihat keaslian smartphone pengguna. Caranya adalah dengan memasukkan kode dial *#06*# di panggilan. Maka dengan itu kode IMEI akan dimunculkan dari smartphone pengguna.

Apabila kode yang muncul dari smartphone dan dus nya berbeda maka bisa dipastikan barang tersebut bukanlah barang ori. Setelah itu cek juga firmware smartphone, jika smartphone memiliki update yang tersedia, maka smartphone samsung tersebut bisa dikatakan asli.

4. Install AIDA64 atau CPU-Z

Selain dengan pengecekan secara manual tadi, ada juga aplikasi yang dapat membantu mengecek keaslian smartphone samsung. Caranya adalah dengan mengunduh aplikasi bernama AIDA64 atau juga CPU-z. Kedua aplikasi tersebut memiliki kemampuan untuk membaca spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone penggunanya.

Lihatlah spesifikasi pada aplikasi tersebut dan bandingkan dengan apa yang ditemukan pada website resmi samsung. Jika saat dicocokan keduanya memiliki spesifikasi yang mirip, bisa dipastikan HP tersebut adalah ori. Sangat disarankan untuk menggunakan dua aplikasi tersebut karena jika salah satu saja, buktinya masih kurang akurat. Beberapa smartphone HDC sudah bisa mengelabui salah satu aplikasi tersebut.

5. Lihat Kualitas Kamera

Hal terakhir yang membedakan kualitas antara HP Asli dengan yang HDC ada di kualitas kamera. Akan terlihat jelas HP HDC akan kewalahan menandingi kualitas smartphone asli. Apalagi di bagian perekaman video, HP asli apalagi yang premium akan memiliki hasil video yang lebih jernih dan stabil. Berbeda dengan HP HDC yang memiliki kamera seadanya dan cenderung buruk kualitasnya.

Itulah cara cek HP samsung Ori atau HDC yang bisa dipraktekkan sendiri sebelum membeli HP. Sebagai antisipasi, belilah smartphone di toko-toko resmi, jangan sampai tergiur dengan HP murah di penjual yang tidak jelas.