Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka Pola HP yang Lupa Dengan Mudah dan Berhasil

Cara membuka pola HP yang lupa - Saat ini memberi pengamanan pada smartphone sangat penting. Sebab di dalam smartphone terdapat data-data pribadi yang harus dijaga agar tidak mudah diketahui orang lain. Orang akan memberikan password atau pola untuk mengamankan HP. Tetapi terkadang ada yang tidak bisa membuka hp-nya sendiri karena lupa terhadap password atau pola yang diterapkan. Jika sudah terjadi situasi ini, lantas apa yang harus kita lakukan?

Simak cara-cara berikut ini untuk membuka pola HP jika lupa. Namun ingat, cara ini tidak boleh digunakan untuk tindak kriminal ya!

Cara Membuka Pola HP yang Terkunci Akibat Lupa

Cara Membuka Pola HP yang Lupa
Hp mu terkunci karna lupa? Simak ulasan
cara membuka pola hp yang lupa berikut ini.
1. Memakai Android Device Manager

Cara ini bisa dilakukan dengan menyiapkan HP yang terkunci dan laptop atau PC yang telah terkoneksi dengan jaringan internet. Selanjutnya kamu perlu memasuki situs Android Device Manager melalui laptop atau PC kemudian masuk menggunakan akun Gmail yang tercantum dalam hp-mu. Ketika sudah berhasil, kamu dapat menekan pilihan 'lock' untuk merubah sandi atau pola yang digunakan dalam HP sebelumnya.

2. Memanfaatkan fitur lupa pola atau forgotten password

Fitur ini bisa digunakan ketika kamu lupa terhadap pola yang diterapkan pada HP. Ini akan memberikan kamu kesempatan mengganti kata kunci atau pola yang sebelumnya dipakai menjadi kata kunci yang baru. Umumnya fitur ini secara otomatis muncul pada saat kamu terlalu banyak melakukan pola atau kata sandi yang salah. Caranya juga tidak sulit yaitu hanya perlu memasukkan akun Gmail dan kata sandinya setelah itu muncullah jendela baru untuk mengatur ulang kata kunci atau pola HP yang baru.

3. Meminta bantuan menggunakan HP Android lain

Cara selanjutnya yaitu dengan meminjam HP Android milik orang lain. Kamu bisa meminjam HP Android milik keluarga atau teman setelahnya panggil nomor HP memakai HP orang lain tersebut. Pada saat hp-mu berdering angka panggilan tersebut. Nah ketika proses panggilan usai, Maka selanjutnya tekan tombol home supaya kamu bisa memasuki menu utama. Kemudian barulah kamu ubah pola HP atau sandi menjadi pola HP yang tidak sulit diingat.

Baca juga ya: Cara membuat google form di hp

4. Memakai ADB

Memakai ADB juga bisa dilakukan untuk membuka pola HP yang lupa. Caranya yaitu pertama sambungkan HP kamu dengan laptop atau PC. Setelah itu masukan perintah untuk masuk ke dalam direktori instalasi ADB. Kemudian masukkan perintah adb shell rm/data/system/gesture.key lalu tekan Enter. Setelah itu cabut HP kamu dan lakukan reboot lalu ini akan membuat layar kunci pada HP menghilang sementara. Disinilah kesempatan kamu untuk mengganti pola HP yang baru.

5. Melalui Safe Mode Reboot Android

Metode ini bisa dilakukan pada saat HP kamu terkunci yang disebabkan oleh perbuatan pihak ketiga. Pada saat hal ini terjadi maka kamu harus segera menekan tombol power hingga keluar pilihan power off atau restart. Sesudah kedua pilihan tersebut muncul, lalu tekan kembali tombol power hingga muncul pilihan Reboot Safe Mode setelah itu tekan Yes atau Ok. Setelah itu HP kamu akan melakukan restart secara otomatis dan memasuki menu safe mode. Kamu harus segera menghapus aplikasi yang menyebabkan HP kamu terkunci secara tiba-tiba lalu lakukan restart supaya HP kembali ke dalam mode normal.

6. Melalui Recovery Mode 

Cara ini dapat dilakukan jika cara-cara sebelumnya masih belum berhasil. Cara yang satu ini tergolong beresiko karena data yang ada di dalam HP bisa hilang secara permanen. Adapun cara yang dilakukan melalui Recovery Mode ini yaitu mematikan ponsel setelah berhasil memasuki recovery mode, kemudian pilih opsi factory reset atau wipe data dengan memakai tombol volume atas dan bawah sebagai navigasi dan tombol power sebagai Ok. Setelah selesai maka ponsel akan direset dan melakukan reboot.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka pola HP yang lupa. Semoga bermanfaat!