Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Google Form di Hp Mudah dan Cepat

Cara membuat google form di mesin pencarian google beberapa tahun ini mengalami kenaikan yang cukup siknifikan. Besar kemungkinan dikarenakan saat ini masyarakat Indonesia mulai melek internet. Sehingga banyak sekali yang bisa dilakukan dengan bantuan internet. Contohnya membuat Form kuesioner, mengumpukan banyak data hanya dengan membuat google form. Dengan membuat google form ini kita tidak dibuat sulit mendata satu persatu orang yang ingin kita mintai datanya. Dengan ini tentu membuat google form di Hp menjadi pilihan terbaik saat mendapat tugas baik dari kantor, kuliah dan lain lain. 

Kabar baiknya cara membuat google form ini mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Namun barangkali masih ada dari kita yang ketika ingin membuat google form masih bingung atau bahkan belum pernah membuat google form sama sekali. Dengannya semoga tulisan ini bisa membantu sobat yang ingin membuat google form di Hp dengan mudah. 

Cara Membuat Google Form di Hp

Cara membuat google form di hp
Photo by Andriano Calvo - Pixels
Selain sobat bisa membuat google form di laptop atau kumputer sobat juga bisa membuat google form di Hp. Simak langkah demi langkah cara membuat google form di hp berikut ini:

Persiapkan data yang ingin dibutuhkan

Sobat persiapkan terbih dahulu data-data yang ingin sobat butuhkan dari form kuesioner ini. Sebagai contoh di sini kita akan membuat google form penerima bantuan logistik desa Sumber Mukti. Maka data yang perlu kita kumpulkan adalah:
  1. Nama Penerima Bantuan Logistik
  2. No. Hp
  3. NIK KTP
  4. Alamat
  5. Jumlah Anggota Keluarga
Setelah dirasa data yang ingin dikumpulkan cukup maka langkah selanjutnya,

Mendownload dan menginstal aplikasi google form di hp

Terlebih dahulu pastikan Hp sobat sudah terkoneksi dengan internet. Lalu silahkan buka goolge Play Store yang ada di Hp android sobat lalu ketikkan G-Form pada Google Play Store maka akan terlihat pada gambar dibawah ini,

cara membuat google form di hp

Jika Aplikasi G-Form tadi sudah terinstal dengan sempurna lalu silahkan sobat buka Aplikasi tersebut. Setelah terbuka Apalikasi G-form di Hp sobat silahkan klik icon Plus (+) berwarna ungu yang biasanya berada di pojok kanan bawah. Setelah di klik icon Plus (+) maka akan muncul tampilan berikut seperti ini,

cara membuat google form di hp
Gambar 2

Terlihat di gabambar 2 ada banyak template yang tersedia dan siap dipakai, Jika sobat ingin menggunakan template yang sudah tersedia dan sesuai dengan keinginan sobat itu tidak apa-apa. Akan tetapi pada tutorial ini silahkan pilih dulu yang template kosong (Blank) saja. Karena agar kita lebih leluasa dalam menyetting yang kita inginkan. 

Membuat Judul dan deskripsi 

Setelah sobat klik template kosong (Blank) tadi maka akan terlihat menu "Form title" dan "Form desciption". Pada kolom menu tersebut silahkan diisi dengan Judul dan deskripsi google form yang diinginkan. Sebagai contoh, karna di awal kita ingin membuat google form untuk penerima logistik maka kita isikan:

Judul: Penerima Bantuan Logistik Desa Sumber Mukti
Deskripsi: Form ini bertujuan untuk mengumpulkan data penerima bantuan logistik Desa Sumber Mukti. Silahkan diisi sesuai yang dibutuhkan. Pendataan ini dimulai dari tanggal 2 September 2021 dan akan berakhir pada tanggal 29 September 2021. Terimakasih. 

Sebagai contoh lihat pada gambar 3 dibawah ini, 

Gambar 3

Membuat List Data yang diperlukan dari Warga Desa Sumber Mukti

Silahkan klik "ADD ITEM" untuk membuat list data kuesioner yang kita butuhkan dari pengisi G-form. Karna di tutorial ini kita akan meminta data dari warga desa Sumber Mukti maka kita akan membuat list data yang kita butuhkan dari desa Sumber Mukti tersebut. 

Gambar 4
List data yang akan kita buat adalah nama penerima logistik. Maka silahkan klik "Short Answer". Lalu isikan dengan mengetik 1. Nama Penerima dan di kolom deskripsi isikan Nama sesuai ktp. 

Untuk menambahkan list silahkan klik "ADD ITEM"

List data selanjutnya adalah Nomer Hp. Sama seperti list data yang pertama tadi, yaitu dengan mengklik "ADD ITEM" lalu pilih "short answer" ketikkan 2. No Hp dan di deskripsi isikan isikan No Hp yang aktif.

List data selanjutnya No KTP. Sama seperti sebelumnya, Klik "ADD ITEM"silahkan pilih "Short answer" lalu isikan 3. No. KTP dan dibagian deskripsi silahkan ketik isikan nomer NIK yang ada di KTP

List data selanjutnya yaitu alamat. Masih sama ya sobat seperti yang sebelum nya. Silahkan Klik "ADD ITEM" "Short Answer" lalau isikan dengan 4. Alamat dan isikan deskripsi Alamat lengkap sesuai domisili.

List data berikutnya yaitu Jumlah anggota keluarga. Kali ini berbeda dari sebelumnya karna di kolom ini kita akan menampilkan pilihan jumlah dari jumlah anggata keluarga. Cara nya silahkan klik "ADD ITEM" lalu pilih "Checkboxes" kemudian isikan pada judulnya 5. Jumlah Anggota dan isikan pada deskripsinya Silahkan pilih jumlah anggota keluarga. Selanjutnya silahkan klik "ADD CHOICE" untuk membuat pilihan berapa jumlah anggota keluarga yang dimiliki. 

Cara membuat google form dari hp
Gambar 5

Ada pun pada bagian "Other" bisa sobat aktifkan dengan mengklik agar terlihat berwarna atau bisa juga untuk tidak diaktifkan. Disesuaikan saja pada kebutuhan. 

Penting diperhatikan silahkan diaktifkan tombol "Required"fungsinya adalah agar kolom data tersebut wajib untuk diisi. Jadi jika ada orang yang tidak mengisi data dari kolom yang diaktifkan tombol "Required"nya maka secara otomatis kolom akan terlihat berwarna merah menandakan wajib untuk diisi dan form pun tidak akan bisa terkirim. 

cara membuat google form di hp
Gambar 6

Pengaturan Form kuesioner

Setelah di rasa data yang ingin kita buat sudah cukup. Maka langkah selanjutnya adalah mengklik Setting pada bagian atas kanan yang bergambar roda gigi. Setelah sobat klik roda gigi pada bagian kanan atas maka akan terlihat seperti ini, 

Cara membuat google form di hp
Gambar 7
Keterangan:

1. Collect email addresses: Maksdunya jika sobat mengaktifkan maka secara otomatis sobat akan mendapatkan alamat email yang mengisi form kuesioner dari warga desa sumber mukti. Dengan seperti itu bisa jadi sewaktu-waktu email tersebut dibutuhkan. Sehingga tidak harus kerja dua kali. Sekali tepuk dua lalat tertangkap. Jika tidak dibutuhkan silahkan dinonaktifkan saja. 

2.  Limit one response: Maksudnya jika diaktifkan maka hanya satu-persatu warga yang diperkenankan mengisi data kuesioner. Ini boleh diaktifkan juga boleh tidak sesuaikan saja dengan kebutuhan sobat ya.

3. Edit After Submit: Dengan tercentang berarti sobat mengizinkan pengisi kuesioner untuk mengedit ulang. karna barangkali terdapat kesahan dalam pengisian diawal dan warga ingin merubah data. Pengediatan ini bisa dilakukan biasanya sampai batas waktu berlakunya form kuesioner tersebut.

4. See summary charts and text responses: Maksud agar pengisi kuesioner bisa menyimak dan mengecek kembali hasil dari data yang sudah dituliskan pada tiap kolom kuesioner.

Masing-masing dari pilihan di atas bisa dicentang atau bisa juga tidak. Sesuaikan saja dengan kebutuhan. 

Silahkan dicek dan diperhatikan kembali form yang sudah dibuat agar terhindar dari kesalahn dalam pembuatan data Form kuesioner. Jika dirasa sudah sesuai, sobat silahkan klik Centang pada bagian atas kanan, tepat sebelah icon roda gigi. 

Ketika sobat sudah meng-klik Centang maka akan terlihat seperti ini,

Cara membuat google form
Gambar 8

Mendapatkan Link Google Form

Silahkan sobat klik icon share agar terlihat link google form yang sudah sobat buat tadi. Copy link tersebut dan link google form sobat sudah siap dibagikan. 

Terakhir selamat sobat sudah selesai membuat google form di hp dengan mudah dan cepat. Semoga tutorial ini bermanfaat dan jika ada pertanyaan boleh tinggalkan pertanyaan dikolom komentar. Terimakasih.