Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Kelancaran Berbicara Untuk Memperkuat Kemampuan Public Speaking

Public speaking menjadi kemampuan yang paling banyak dicari di jaman sekarang. Hal ini dikarenakan skill ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan ternama. Oleh karena itu bagi sahabat yang ingin tidak kaget ketika melakukan pembicaraan di depan publik maka silahkan baca doa kelancara berbicara.

Doa ini akan mambantu sahabat untuk mengingat kalimat-kalimat yang telah disusun sebelumnya. Namun sebelumnya pastikan bahwa sahabat membaca doa ini dengan khusyu agar Allah SWT memberikan ridhonya. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai doa kelancaran berbicara.

Doa Kelancara Berbicara Beserta Tips Public Speaking

Berikut doa kelancara berbicara beserta artinya :

Rabbisyahli shadri wayassirli amri wahlul uqdatan min lisani yafqahu qauli.

Yang artinya :

Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah segala urusanku dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku agar mereka mengerti perkataanku.

Namun sekalipun sahabat melakukan doa kelancara berbicara harus diselingi juga dengan beberapa tips berikut ini.

Doa Kelancaran Berbicara Untuk Memperkuat Kemampuan Public Speaking
Doa agar lancar berbicara di depan
umum. ⒸPixabay.com
1. Latihan

Tips yang paling penting agar sahabat bisa jago dalam berbicara adalah melakukan latihan. Tanpa adanya latihan sahabat akan tetap merasa kelu ketika langsung berbicara di hadapan banyak orang. Meskipun hati sudah mantap dan niat namun akan hasil akan lebih baik jika diimbangi latihan.

Untuk berlatih sendiri sahabat bisa melakukan secara otodidak yakni di depan kaca atau mengajak orang lain. Dengan begitu sahabat akan mengerti kekurangan dan kelebihan penyampaian materi yang disiapkan. Jika sudah demikian sahabat bisa melengkapi kekurangan tersebut.

2. Menyusun materi dengan baik

Menyusun materi dengan baik menjadi salah satu tips yang perlu dipikirkan. Banyak orang di luaran sana yang langsung berbicara tanpa belajar terlebih dahulu. Alhasil penyampaiannya tidak terlalu baik dan malah membuat peserta kurang paham dengan apa yang disampaikan.

Oleh karena itu sebelum melakukan public speaking disarankan untuk mempersiapkan materi terlebih dahulu. Misalnya saja sahabat ditunjuk sebagai pembawa acara di sebuah resepsi pernikahan.

Nah disini sahabat harus mempelajari semua kegiatan mulai dari akhir sebelum berbicara di depan banyak orang. Dengan begitu kegiatan-kegiatan tersebut bisa terlaksana sesuai dengan prosedurnya.

Baca juga: Doa agar suami sayang dan nurut sama istri

3. Cukup pahami poin-poinnya

Tips berikutnya adalah cukup memahami poin-poin dari materi yang hendak disampaikan. Perlu sahabat tahu bahwa audien akan merasa nyaman ketika pengisi acara membawakan materi dengan cara yang berbeda dan ringkas.

Jadi tidak terlalu panjang namun semua materi terbawa. Tidak juga bertele-tele, cukup poin-poin yang dianggap penting saja yang disampaikan. Selain itu poin-poin ini akan membantu sahabat dalam mengingat materi dalam waktu yang singkat.

4. Selalu yakinkan diri bahwa sahabat bisa melakukannya

Sebaik apapun seseorang dalam berbicara di depan public, pasti akan merasa canggung pula jika dirinya sendiri tidak yakin dengan apa yang dilakukannya.

Iya memang begitulah kenyataannya. Untuk menyikapinya sebelum berbicara di depan umum yakinkan diri sahabat bahwa mampu membawakan semua materi dengan baik di waktu itu.

Jangan terlalu parno dengan audien karena itu akan memperburuk penampilan. Pastikan juga bahwa penyampaian tidak terlalu kaku, sesuai standartnya saja dan yang paling penting baca doa yang disebutkan tadi.

Sekian penjelasan lengkap tentang doa kelancara berbicara beserta tips agar pandai dalam public speaking. Adanya tips ini akan membuat sahabat menjadi pembicara hebat. Disamping itu sahabat akan lebih tenang ketika sudah mempunyai ilmu dan doa untuk melakukan suatu hal.