Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengetahui ram HP Samsung Secara Akurat

RAM adalah salah satu hal yang menjadi perhatian orang ketika akan membeli smartphone. Mungkin karena sebagian orang masih beranggapan jika RAM yang besar akan meningkatkan kecepatan smartphone. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena ada beberapa faktor lainnya. Tapi jika masih ingin tetap mengetahui besarnya ram, disini ada cara mengetahui RAM HP samsung dengan akurat.

Cara cek RAM HP Samsung

Cara mengetahui ram HP Samsung Secara Akurat
Cara melihat besar ram hp samsung.
Ⓒ Pixels.com
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengguna dalam melihat besarnya RAM yang dimiliki smartphonenya. Cara mengetahui RAM HP samsung , caranya bisa menggunakan pengaturan yang sudah disediakan. Bisa juga menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga yang keakuratannya sangat bisa diandalkan.

1. Cek Melalui Pengaturan

Aplikasi pengaturan pada HP Samsung, fungsinya cukup banyak tidak hanya untuk mengatur beberapa hal saja. Hal ini karena kustomisasi di android yang cukup fleksibel dibandingkan dengan sistem operasi lain. Ditambah lagi dengan ONE UI milik samsung yang sangat enak digunakan.

Pengguna juga bisa dengan mudah melihat jumlah RAM yang dimiliki HP nya. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Buka aplikasi settings dari app drawer atau bisa lewat status bar diatas.
  • Cari menu bernama device care, disana adalah pusat segala informasi mengenai perangkat yang digunakan.
  • Jika perangkat menggunakan bahasa Indonesia, cari menu bernama perawatan perangkat.
  • Setelah itu cari bagian bernama Memory, karena RAM juga termasuk kedalam penyimpanan tapi untuk waktu yang singkat saja.
  • Setelah dibuka menu memory, ada bar yang menunjukan seberapa banyak jumlah memori atau ram yang tersedia, dan jumlah yang sedang digunakan.
  • Jumlahkan saja sisa ram tersedia dengan jumlah ram yang terpakai.
  • Itulah kira-kira jumlah ram pada smartphone tersebut.

2. Gunakan Aplikasi AIDA64

Bagi pengguna yang masih merasa belum puas karena cara yang sebelumnya dirasa kurang akurat, ada aplikasi yang bisa dicoba. Nama aplikasi tersebut adalah AIDA64, aplikasi ini berfungsi untuk melihat spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone secara akurat. AIDA64 bisa membaca spesifikasi mulai dari chipset yang digunakan, jumlah RAM, jumlah penyimpanan, dan performa baterai.

Cara menggunakan AIDA64 cukup mudah, bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:
  • Install aplikasi AIDA64 dari google play
  • Buka aplikasi dan berikan perizinan yang dibutuhkan
  • Masuk ke menu sistem dimana tempat RAM tersimpan menunya disana.
Akan terlihat berapa jumlah RAM yang terinstall dan digunakan secara akurat sampai dengan jenis RAM yang digunakan.

3. Gunakan Aplikasi CPU-Z

Memiliki fungsi yang mirip dengan AIDA64, aplikasi ini juga menawarkan fitur menarik untuk mengetahui jumlah ram di HP Samsung. Caranya juga kurang lebih sama dengan AIDA64. Pengguna hanya cukup menginstall aplikasinya dan cari saja bagian device. Disana akan ada keterangan berapa jumlah ram total, dan RAM yang tersedia. Kekurangannya adalah tidak ada keterangan jenis RAM yang digunakan.

Seberapa Penting Jumlah RAM?

RAM atau random access memory merupakan hardware yang bertugas untuk digunakan sebagai penyimpanan sementara. RAM memiliki kecepatan melebihi memori biasa karena digunakan untuk menyimpan yang mudah dijangkau seperti sistem yang digunakan. Namun fungsinya yang cepat tersebut harus terus dialiri oleh daya, berbeda dengan storage yang bisa menyimpan data tanpa harus dialiri daya secara terus menerus.

RAM ini akan terasa jika pengguna membuka aplikasi dalam jumlah banyak secara bersamaan. Besarnya RAM mengakibatkan aplikasi yang dibuka secara bersamaan bisa lebih banyak. Sedangkan cepat tidaknya aplikasi dijalankan itu tergantung pada chipset dan jenis storage yang digunakan. Dari sini sudah jelas jika RAM tidak terlalu berpengaruh pada kecepatan smartphone.

Itu dia sedikit informasi mengenai seberapa pentingnya RAM dan cara mengetahui RAM HP Samsung. Dengan cara di atas pengguna bisa mengetahui seberapa besar RAM yang dimiliki HP nya. Bagi yang RAM nya kecil, jangan berkecil hati karena RAM tidak berpengaruh signifikan pada kecepatan smartphone.