Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah RAM HP Samsung J2 Prime Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Bagi pengguna HP Samsung J2 Prime tentunya akan merasa kesulitan dalam memaksimalkan penggunaan memori. Hal ini tentunya karena jumlah dari RAM yang tersedia hanyalah sekitar 1 GB. Inilah kemudian yang membuat tidak sedikit yang mencari cara menambah RAM HP Samsung J2 Prime.

Mendapatkan tambahan RAM untuk dapat digunakan mengoperasikan aplikasi tambahan tentunya menjadi alasannya. Lalu, bagaimana cara supaya RAM Samsung J2 Prime dapat bertambah? Simak ulasannya berikut ini:

Bisakah RAM Handphone Ditambah?

cara menambahkan ram di hp samsung j2 prime.
Ⓒ Pixels.com
Cara menambah RAM HP Samsung J2 Prime memang seringkali menjadi informasi yang dicari tahu oleh pengguna handphone Samsung Tipe ini. Jumlah RAM yang memang berkapasitas sangat minim membuat penggunanya seringkali merasa terhambat dalam pemanfaatan fungsi ponsel karena lag dan lain sebagainya.

Pertanyaan terkait bisakah RAM ponsel ditambah pun kemudian menjadi poin yang sering dicari tahu. Namun, pada dasarnya hal ini pun juga menjadi hal yang belum bisa dilakukan di era modern sekarang ini. RAM ponsel merupakan komponen permanen yang tidak bisa dikurangi ataupun ditambah oleh pengguna ponsel.

Menggunakan kartu SD pada akhirnya seringkali menjadi solusi untuk dapat membantu dalam kinerja ponsel. Biasanya melalui kartu SD ini pengguna dapat memindahkan beberapa aplikasi ke pihak kedua dari penyimpanan ponsel.

Namun, ternyata solusi ini pun juga tidak bisa dioptimalkan dalam penggunaan jangka panjang. Hal ini karena setiap kinerja operasi aplikasi akan tetap menggunakan RAM internal. Inilah kemudian yang akan kembali membuat RAM bekerja ekstra apabila jumlah aplikasi yang digunakan melebihi kemampuan kapasitas RAM.

Solusi lain yang bisa dilakukan sebenarnya untuk dapat membuat ponsel bekerja optimal adalah dengan meningkatkan kinerja dari RAM itu sendiri. Pengguna bisa menggunakan solusi ini untuk kemudian dapat digunakan dalam pengoprasian aplikasi tambahan dalam ponsel.

Menilik Cara Meningkatkan Kinerja Ram Tanpa Aplikasi

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwa menambah jumlah RAM menjadi hal yang belum bisa dilakukan di masa sekarang. Hal ini karena sifat RAM yang cenderung terpasang permanen dalam penyusun komponen ponsel.

Namun, meskipun jumlah RAM pada J2 Prime tidak bisa ditambah, pengguna masih bisa meningkatkan kinerja dari RAM ponsel supaya bisa optimal dalam penggunaannya. Pada peningkatan kinerja RAM ini pun dapat dilakukan melalui menu pengaturan tanpa perlu aplikasi pihak ketiga. Kemudian, bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut:

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa baterai pada ponsel masih terisi, minimal 20 persen supaya ponsel tidak tiba-tiba mati.

2. Tahap berikutnya silahkan masuk pada mode pengembang yang ada pada pengaturan ponsel. Nantinya melalui menu inilah RAM ponsel dapat ditingkatkan kinerjanya.

3. Langkah berikutnya silahkan masuk ke menu tentang ponsel kemudian klik nomor versi.

4. Silakan klik menu nomor versi tersebut hingga nantinya akan muncul tidak perlu, mode pengembang telah aktif.

5. Tahap berikutnya pengguna dapat kembali masuk ke pengaturan dan silahkan pilih menu pilihan pengembang.

6. Nantinya pada menu tersebut akan muncul berbagai menu yang dapat dipilih oleh pengguna.

7. Silakan pilih batasi proses latar belakang untuk langkah berikutnya yang harus dilakukan.

8. Pada menu tersebut akan kembali muncul berbagai opsi yang dapat dipilih oleh pengguna. Nantinya pengguna bisa memilih opsi tanpa proses latar belakang.

9. Apabila proses sudah selesai maka, tahap berikutnya pengguna bisa mencoba cek RAM pada penyimpanan internal, nantinya akan terlihat bahwa RAM ponsel akan memiliki free space lebih besar dibanding sebelumnya.

Cara menambah RAM HP Samsung J2 Prime memang bukan hal yang dapat dilakukan di masa sekarang. Namun, menggunakan solusi lain seperti halnya meningkatkan kinerja RAM melalui menu pengaturan adalah cara yang dapat dilakukan. Melalui solusi ini maka, nantinya penggunaan ruang yang sekiranya tidak begitu penting akan dikurangi secara otomatis supaya RAM dapat kembali dioptimalkan.