Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Tahu Cara Menambah RAM HP Samsung Yuk Simak Pembahasan Berikut

Bungaab.my.id - Cara menambah RAM HP Samsung pada dasarnya bisa dilakukan dengan cara mengurangi penggunaan RAM itu sendiri. Hal ini maksudnya adalah pengurangan penggunaan latar belakang maupun aplikasi yang sekiranya terlalu banyak memakan tempat dari RAM.

Menggunakan cara ini bisa menjadi solusi paling tepat yang bisa digunakan oleh pengguna ponsel yang memiliki masalah pada RAM ponsel penuh sehingga kinerja tidak optimal. Tentunya RAM Samsung juga termasuk dari salah satunya. Kemudian bagaimana cara supaya RAM di HP Samsung dapat bertambah dan kembali bisa dioptimalkan dalam penggunaannya? Simak ulasan lengkapnya berikut:

Mengapa RAM HP Samsung Penuh?

Cara Menambah RAM HP Samsung
Cara mudah menambah RAM HP Samsung
Tentunya sebelum mengetahui cara menambah RAM HP Samsung akan ada baiknya bisa pengguna ponsel mengetahui kenapa RAM HP Samsung cepat penuh. Hal ini sendiri pada dasarnya biasa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah 3 faktor utama yang sering membuat RAM HP Samsung Penuh:

1. Melakukan Multitasking

Hal pertama yang seringkali terjadi dan membuat RAM HP Samsung menjadi penuh adalah karena pengguna sering menggunakan ponsel untuk multitasking. Membuka aplikasi pada ponsel secara bersamaan akan membuat RAM cepat penuh sehingga ponsel menjadi lebih lambat.

2. Mengunduh Aplikasi Terlalu Banyak

Aplikasi yang terlalu banyak diunduh pada ponsel dengan kapasitas RAM kecil tentu akan membuat memori cepat penuh. Pada akhirnya ponsel akan lebih lambat dalam bekerja bahkan beberapa kasus akan membuat ponsel hang.

Baca juga: Cara menambah RAM HP Samsung J2 Prime tanpa aplikasi dengan mudah

3. Bermain Game Besar

Tengah maraknya game-game bagus yang beredar di Play Store seringkali membuat pengguna ponsel merasa tertarik. Pada akhirnya mengunduh game tersebut untuk dimainkan tanpa memperhatikan kapasitas kemampuan dari RAM ponsel.

Padahal pada beberapa RAM Samsung juga memiliki batas kapasitas dalam penggunaan RAM. Misalkan saja seperti halnya Samsung J2 Prime yang tentu akan memiliki masalah bila digunakan untuk mengunduh dan bermain game dengan MB besar.

Menambah Kapasitas RAM Samsung

Melalui berbagai permasalahan umum yang seringkali terjadi pada pengguna Samsung inilah kemudian membuat tidak sedikit yang mencari tahu cara menambah RAM HP Samsung. Cara ini seringkali dicari tahu supaya pengguna bisa kembali mendapatkan performa ponsel yang optimal.

Pada dasarnya cara meningkatkan kapasitas dari RAM Samsung inipun dapat dilakukan dengan mudah bahkan tanpa adanya aplikasi tambahan yang perlu diinstal. Berikut ini adalah 3 solusi yang bisa dilakukan untuk menambah RAM HP Samsung dengan mudah:

1. Mengurangi Penggunaan Widget

Solusi umum yang bisa dilakukan pertama kali adalah menghapus widget yang sekiranya terpasang pada layar ponsel. Terlalu banyak memasang widget pada dasarnya bisa menjadi penyebab RAM ponsel penuh. Untuk dapat menghapus widget ini simak ulasannya berikut:
  • Langkah pertama silahkan klik widget yang terpasang di layar ponsel.
  • Tahap berikutnya silahkan pindahkan widget yang terpasang tersebut ke menu hapus yang ditampilkan pada layar maka, nantinya secara otomatis widget akan terhapus.

2. Uninstal Aplikasi yang Tidak Digunakan

Melakukan uninstal pada aplikasi di ponsel yang tidak digunakan juga bisa menjadi solusi berikutnya untuk menambah RAM HP Samsung. Simak ulasannya berikut untuk dapat mengetahui cara mudah dalam melakukan uninstal aplikasi di HP Samsung:
  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masuk terlebih dahulu pada manager aplikasi yang ada di ponsel.
  • Tahap berikutnya silahkan cari aplikasi yang memang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan.
  • Nantinya akan muncul jendela menu yang menampilkan detail dari aplikasi yang akan di uninstal.
  • Silahkan klik menu uninstal untuk menghapus aplikasi secara permanen dari ponsel.

3. Membersihkan Cache

Solusi berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan rutin membersihkan cache pada HP Samsung. Cache ini bisa menjadi penyebab utama RAM penuh karena itulah penghapusan data cache penting untuk dilakukan. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ulasannya:
  • Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah membuka pengaturan ponsel terlebih dahulu.
  • Langkah berikutnya silahkan buka perawatan perangkat dan baterai.
  • Klik optimalkan sekarang maka, nantinya secara otomatis penggunaan ponsel akan dioptimalkan termasuk juga penghapusan cache.

Itulah tadi Cara menambah RAM HP Samsung dengan mudah tanpa perlu adanya aplikasi pihak ketiga. Melalui penghapusan beberapa poin dalam RAM ponsel ini nantinya HP Samsung akan kembali memiliki RAM space yang cukup untuk digunakan.