Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Membersihkan RAM HP Oppo Untuk Semua Tipe

Setiap merk HP pastinya memiliki RAM, termasuk OPPO. Namun, RAM yang penuh tentunya akan mengganggu aktivitas pengguna dalam mengakses HP OPPO. Oleh karena itu, penting untuk tahu beragam cara membersihkan RAM HP OPPO agar kinerjanya bisa maksimal.

Cara Membersihkan RAM HP OPPO

6 Cara Membersihkan RAM HP Oppo Untuk Semua Tipe
Cara mudah membersihkan RAM HP Oppo
Setiap seri HP OPPO tentunya memiliki kapasitas RAM yang berbeda-beda satu sama lain. Biasanya entry rendah memiliki RAM yang standar sehingga RAM kerap cepat penuh dan menimbulkan hal-hal mengganggu, seperti lag, lemot, dan lain-lain. Jika ingin tahu beragam cara membersihkan RAM HP OPPO agar hal yang mengganggu tidak terjadi, berikut ini adalah metodenya:

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Semua aplikasi membutuhkan RAM untuk bisa berjalan di HP. Namun, setiap aplikasi membutuhkan RAM yang berbeda-beda. Jika ingin memiliki kapasitas RAM yang lega, cobalah untuk menghapus aplikasi yang tidak atau jarang digunakan.

Pasalnya, meskipun tidak pernah terpakai, aplikasi tersebut tetap membebani penggunaan RAM di HP. Jika ingin menghapus aplikasi di HP OPPO, caranya adalah sebagai berikut:
  • Pergi ke menu Settings dan klik menu Aplikasi.
  • Pilihlah aplikasi yang ingin di uninstall.
  • Klik aplikasi yang sudah dipilih dan memilih Uninstall.

2. Bersihkan Cache Secara Berkala

Cache adalah sebuah “tempat” untuk menyimpan data setiap aplikasi yang diinstall di HP. Jika cache menumpuk, maka kapasitas RAM menjadi penuh sehingga menyebabkan HP lemot atau lag, aplikasi close tiba-tiba, dan lain-lain.

Baca juga: Cara cek HP Samsung ori atau palsu

Sebagai solusinya, pengguna bisa membersihkan cache secara rutin agar hal tersebut tidak terjadi. Cara membersihkan cache di HP OPPO tanpa menggunakan aplikasi yaitu sebagai berikut:
  • Masuk ke Pengaturan lalu klik Setelah Tambahan.
  • Pilihlah Manajemen Aplikasi.
  • Lihat dan pilih aplikasi mana yang berukuran besar, lalu Hapus Cache.

3. Hentikan Paksa Aplikasi

Cara membersihkan RAM HP OPPO selanjutnya yaitu dengan menghentikan aplikasi secara paksa. Ini adalah cara yang bisa dilakukan jika suatu aplikasi tidak bisa dihapus namun memakan banyak kapasitas RAM. Untuk mematikan paksa aplikasi di HP OPPO, berikut ini adalah caranya:
  • Bukalah aplikasi Pengaturan dan klik Opsi Aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang ingin dihentikan.
  • Klik Paksa Berhenti.
  • Pilih Ok untuk konfirmasi.

4. Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Untuk membersihkan RAM, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan. Aplikasi tersebut membantu pengguna untuk membersihkan RAM OPPO dengan instant. Adapun aplikasi yang bisa dipilih, misalnya yaitu Keep Clean, Greenify, AVG Cleaner, dan lain-lain. Sebagai catatan, dalam memilih aplikasi pembersih RAM, pilihlah yang ukurannya kecil agar tidak memakan banyak kapasitas RAM.

5. Nonaktifkan Live Wallpaper

Memiliki Live Wallpaper memang menarik untuk tampilan HP. Namun, ternyata hal ini memakan cukup banyak kapasitas RAM. Jadi, nonaktifkanlah live wallpaper untuk memaksimalkan kinerja RAM HP OPPO. Jika sudah dinonaktifkan, gunakan wallpaper gambar biasa agar kinerja RAM tidak terbebani lagi.

6. Hindari Penggunaan Banyak Widget

Ada banyak jenis widget yang biasanya digunakan, seperti cuaca, jadwal, jam, dan lain-lain. Hal tersebut memang berguna, namun jika terlalu banyak menggunakan widget, ternyata memakan banyak kapasitas RAM. Oleh karena itu, hapuslah widget yang sekiranya tidak terlalu penting atau memakan banyak RAM.

Baca juga: Cara mengetahui RAM HP Samsung dengan akurat

Itulah 6 cara membersihkan RAM HP OPPO yang bisa dilakukan secara mudah. Bagi pengguna HP OPPO dengan RAM minim, cara tersebut harus rutin dilakukan. Beragam cara tersebut juga mampu mengoptimalkan kinerja RAM dan kapasitasnya menjadi lebih longgar.