Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Amalan Pokok Di Bulan Ramadhan yang Wajib dimaksimalkan

3 Amalan Pokok Di Bulan Ramadhan yang Wajib dimaksimalkan -  Puasa adalah rukun Islam yang ketiga, yang berarti menahan diri dari makan dan minum dan segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, dengan syarat-syarat tertentu untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci dan pada bulan ini diturunkan Al-Qur'an yang merupakan kitab suci umat Islam. Allah SWT menurunkan Al-Qur'an sebagai pedoman bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan dan  juga pembeda antara yang benar dan yang salah. 

Membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan juga sangat istimewa karena pahalanya dilipat gandakan hingga sepuluh kali lipat dari bulan-bulan biasanya yang juga pernah disampaikan oleh Ustad Adi Hidayat dalam khotbahnya mengenai Amalan Pokok Di Bulan Ramadhan.

Meski hanya datang setahun sekali, bulan Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan dari Allah SWT. Setiap muslim yang bertaubat dengan ikhlas dan menjalankan puasa dengan ikhlas, pasti dosa-dosanya di masa lalu akan diampuni oleh Allah SWT. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari. Nah berikut ini akan kami sampaikan 3 amalan pokok di bulan ramadhan yang bisa Sahabat lakukan.

Amalan Pokok Di Bulan Ramadhan

3 Amalan Pokok Di Bulan Ramadhan yang Wajib dimaksimalkan
Amalan pokok di bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan sebenarnya bukan sekedar momentum untuk menguji kesabaran umat Islam dalam menahan lapar dan dahaga. Jauh dari itu, Bulan Ramadhan adalah kesempatan emas untuk meningkatkan kualitas takwa. Nabi Muhammad sallallahu 'alayhi wa sallam semasa hidupnya telah mencontohkan kepada umatnya tentang tiga amalan yang bisa dilakukan saat memasuki bulan Ramadhan.

1. Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Shalat

Amalan pertama yang harus Sahabat lakukan adalah memperbanyak shalat, tidak hanya shalat wajib, melainkan shalat sunnah pun lebih ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya.

Baca juga: Doa Nabi Sulaiman yang dikabulkan Allah SWT

Meningkatkan kuantitas dan kualitas salat tidak hanya dilakukan siang hari, tetapi juga malam hari. Di antaranya shalat yang sangat diaanjurkan ialah shalat tahajud. Jangan lupa untuk selalu berdzikir setelah shalat. 

2. Tingkatkan Doa Dan Interaksi Dengan Al-Qur'an

Hal selanjutnya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW adalah memperbanyak interaksi dengan Al-Qur'an. Ustadz Adi Hidayat mengatakan ada tiga cara berinteraksi dengan Alquran.

Pertama, perbanyak membaca Al-Qur'an dengan memahami makna yang terkandung dalam Al-Qur'an setelah menghafal ayat-ayat Al-Qur'an. Di bulan Ramadhan Sahabat juga dianjurkan untuk selalu melakukan tadarus Al-Qur'an. 

Dengan membaca Al-Qur'an selama bulan Ramadhan, Sahabat tidak hanya bisa mendapatkan berkah tetapi juga dapat meningkatkan ketakwaan dan iman Sahabat untuk menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

3. Sedekah Atau Infaq

Sedekah merupakan salah satu kewajiban umat Islam baik di bulan Ramadhan maupun tidak. Namun mengingat berkah bulan Ramadhan yang berlipat ganda, ada baiknya untuk tidak melewatkan momentum Ramadhan untuk bersedekah dan menunaikan zakat.

Namun perlu di ingat, bersedekah harus dilandasi dengan niat yang tulus dan ikhlas. Ustadz Adi mengutip Ibnu Abbas RA bahwa tidak ada aktivitas Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa sallam yang lebih optimal di bulan Ramadhan, kecuali memperbanyak sedekahnya. Sedekah Nabi begitu luar biasa indahnya, seperti menghempaskan angin yang berhembus. Selain amalan di atas, apa yang telah disampaikan oleh Ustad Adi Hidayah telah kami rangkum disini. Sahabat juga bisa melakukan amalan ibadah di bulan Ramadhan di bawah ini.

Perbanyak i'tikaf

Menghabiskan waktu luang selama ibadah puasa dengan tetap berada di masjid dan memperbanyak shalat. Ibadah tidak hanya membantu memperkuat iman tetapi juga menjauhkan Sahabat dari perbuatan buruk.

Melakukan Shalat Tarawih

Sholat tarawih berjamaah merupakan sunnah yang juga menambah pahala. Untuk itu, Sahabat jangan sampai malas melakukan Tarawih setelah berbuka puasa ya.

Hidupkan Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar biasanya berada di 10 malam terakhir bulan Ramadhan, terutama malam ganjil. Pada malam lailatil qadar ini, pahala yang Sahabat dapatkan akan lebih besar dari malam-malam lainnya di bulan Ramadhan. Oleh karena itu perbanyaklah ibadah dan sedekah selama bulan puasa di malam-malam terakhir bulan Ramadhan. Sahabat bisa melakukan i'tikaf, sholat malam dan juga memperbanyak sholat dan dzikir.

Umroh Bagi Yang Mampu

Umroh merupakan salah satu anjuran Rasulullah SAW dan bagi Sahabat yang mampu baik secara materil maupun moril sangat baik untuk menunaikan umroh di Bulan Suci Ramadhan.

Perbanyak Istigfar

Amalan di bulan ramadhan selanjutnya adalah dengan ikhlas memohon ampun kepada Allah SWT. Di bulan Ramadhan, Allah SWT mengampuni dosa hamba-hamba-Nya. Jadi Sahabat harus menggunakan momen ini untuk meminta ampunan kepada Allah SWT. Yaitu dengan meneruskan amalan istigfar, pintu ampunan di bulan Ramadhan selalu terbuka lebar. Makanya banyak orang bertobat dan kembali ke fitrah di Bulan Ramadhan ini.

Baca juga: Doa pembuka hati agar dimudahkan segal urusan

Berdakwah

Berdakwah di Bulan Ramadhan memiliki pahala yang besar karena siapapun yang menunjukkan pahala, pahalanya akan sama dengan orang yang mengamalkannya. Sahabat bisa melakukan dakwah dalam kegiatan sehari-hari dengan memberikan nasihat kepada teman yang membutuhkan, mengingatkan waktu salat, hingga memberikan contoh dan teladan untuk melakukan kebaikan.

Demikian penjelasan dari saya tentang mengetahui apa saja 3 Amalan Pokok Di Bulan Ramadhan semoga bermanfaat, terimakasih.