Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah RAM HP 2GB Menjadi 4GB, Apakah Bisa?

Memiliki kapasitas RAM yang kecil pada HP seringkali mengganggu aktivitas. Misalnya, pengguna HP dengan RAM 2GB kesulitan jika menggunakan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, banyak pengguna yang ingin tahu apakah ada cara menambah RAM HP 2GB menjadi 4GB.

Bagaimana Cara Menambah RAM HP 2GB Menjadi 4GB?

Cara Menambah RAM HP 2GB Menjadi 4GB, Apakah Bisa?
Cara mudah menambah RAM
HP 2GB menjadi 4GB
Lalu, muncullah pertanyaan, apakah bisa RAM HP ditambah? Jawabannya adalah tidak bisa karena komponen RAM terdapat di mainboard. Maka, tidak memungkinkan RAM untuk dilepas, dipasang lalu diganti dengan kapasitas RAM yang lebih besar. Dengan begitu, pengguna hanya bisa mengoptimalkan RAM yang dimiliki, dengan cara berikut ini:

1. Menggunakan Aplikasi Cleaner

Pengguna bisa menambah kapasitas RAM dengan memanfaatkan aplikasi cleaner yang biasanya sudah tersedia di setiap HP. Adapun fungsi dari aplikasi ini adalah untuk menghapus memori cache pada tiap aplikasi HP yang menghabiskan kapasitas RAM.

Aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang akan dideteksi oleh aplikasi ini. Pengguna tinggal menekan tombol Bersihkan RAM, lalu aplikasi yang menggunakan banyak RAM dan tidak penting akan otomatis dimatikan. Kemudian, aplikasi ini juga bisa digunakan ketika HP sedang lemot atau lag.

Baca juga: Cara membersihkan RAM HP

2. Hapus Aplikasi yang Memakan Memori RAM

Jika memiliki banyak aplikasi yang diinstall, maka otomatis banyak juga aplikasi yang berjalan di latar belakang. Pasalnya, setiap aplikasi memiliki kebutuhan kapasitas RAM yang berbeda-beda. Sebagai contoh, aplikasi game biasanya menggunakan lebih banyak RAM dibandingkan aplikasi pemutar musik.

Jadi, ketika ingin mengoptimalkan kapasitas Ram yang dimiliki, hapuslah aplikasi yang sudah tidak atau jarang digunakan. Caranya mudah, yaitu dengan masuk ke menu Setting, pilih Manage Apps, dan pilihlah aplikasi yang akan dihapus. Kemudian, hapus memori aplikasi terlebih dahulu sebelum uninstall, dengan klik Clear Cache.

3. Menggunakan Aplikasi Smart Booster

Ini adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas RAM HP agar performa HP menjadi lebih baik. Aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak banyak menggunakan RAM pada HP. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, berikut ini adalah ulasannya:
  • Download aplikasi Smart Booster yang tersedia di Google Play Store, lalu install.
  • Untuk menjalankan aplikasi, klik Start Now.
  • Pada menu pengaturan, klik Boost Level yang diinginkan.
  • Untuk meningkatkan performa RAM pada HP dalam level maksimal, pilih Aggressive.
  • Dengan cara tersebut, maka RAM HP yang dimiliki bisa berjalan lebih maksimal.

4. Menggunakan Aplikasi Swapper

Cara menambah RAM HP 2GB menjadi 4Gb memang tidak memungkinkan, namun pengguna bisa membuat RAM bisa bekerja optimal. Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Swapper yang bisa membuat RAM Virtual. Jadi, dengan menggunakan aplikasi ini, RAM bisa bekerja maksimal tanpa melakukan root. Untuk dapat bisa menikmati aplikasi ini, caranya adalah sebagai berikut:
  • Download aplikasi Swapper, lalu install dan jalankan
  • Di menu Active Swap on Boot, klik Swap File Position.
  • Kemudian, pilih SD Card FAT Partition.
  • Masukkan jumlah RAM yang ingin ditambahkan pada HP yang dimiliki. Namun, sebaiknya hindari menambah jumlah RAM lebih dari 100% RAM bawaan HP.
  • Jika cara tersebut sudah dilakukan, maka RAM-pun bisa menjadi lebih lega kapasitasnya.

Cara menambah RAM Hp 2GB menjadi 4Gb memang tidak ada. Namun, cara-cara yang telah diuraikan di atas bisa lakukan untuk memaksimalkan potensi RAM yang dimiliki HP. Cobalah dulu salah satu cara tersebut yang sesuai dengan kebutuhan.