Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Nabi Sulaiman yang Dikabulkan Allah SWT

Sahabat, ketahuilah bahwa nabi Sulaiman adalah salah satu nabi yang selalu bersabar dan mengamalkan kebaikan. Nabi Sulaiman senantiasa membaca doa kepada Allah untuk memohon pertolongan dan ampunan-Nya.

Nabi Sulaiman juga selalu berdoa ketika mempunyai keinginan, beliau berdoa kepada Allah dan berharap agar doanya bisa dikabulkan oleh Tuhan Sang Maha Semesta.

Nabi Sulaiman adalah salah satu nabi yang disebutkan dalam 25 nabi yang wajib diketahui. Nabi Sulaiman dikenal dengan kedermawanannya serta kekayaannya yang melimpah ruah serta kerajaannya yang makmur.

Nabi Sulaiman adalah nabi yang memiliki kekayaan melimpah, beliau senantiasa berdoa kepada Allah Subhanahu wata’ala untuk dianugerahi kerajaan yang besar dan tak dimiliki siapapun. Beliau membaca doa di bawah ini.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya:

“Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapapun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

Baca juga: Tata cara dan doa setelah shalat syuruq

Sejak membaca doa tersebut, Nabi Sulaiman pun dikabulkan doanya oleh Allah. Beliau pun menjadi raja yang agung, daerah kekuasaannya sangat luas dan tidak ada kerajaan lain yang sebanding dengan kerajaannya pada masa itu.

Doa nabi sulaiman yang dikabulkan Allah
Diantara doa Nabi Sulaiman yang dikabulkan.
Ⓒ Unsplash.com
Allah Subhanahu wata’ala memberikan kenikmatan yang begitu melimpah kepada Nabi Sulaiman bukan tanpa alasan. Dari kenikmatan dan kekayaan yang dimiliki Nabi Sulaiman, Allah bisa menilai tingkat keimanan beliau. Nabi Sulaiman selalu bersyukur dan mensyukuri atas apa yang sudah dimilikinya.

Hal itu juga yang menjadi Nabi Sulaiman merasa diuji oleh Allah Subhanahu wata’ala. Sebab, Allah telah memberikannya kekayaan dan kenikmatan yang sangat banyak, apakah Nabi Sulaiman bersyukur atau justru malah kufur.

Namun, Nabi Sulaiman sangat bersyukur. Dari rasa syukur yang amat dalam tersebut, maka Allah pun menambahkan kenikmatan lainnya lagi kepada Nabi Sulaiman sehingga beliau semakin kaya raya dan makmur di kerajaannya. Banyak juga prajuritnya yang patuh kepada Nabi Sulaiman.

Nabi Sulaiman juga membaca doa untuk meminta kenikmatan. Allah pun mengabulkannya, salah satunya dalam surat An-Naml ayat 15, Nabi Sulaiman rupanya membaca doa syukur karena telah memperoleh kenikmatan dari Allah Subhanahu wata’ala.

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ وَسُلَيْمٰنَ عِلْمًاۗ وَقَالَا الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Artinya:

“Dan sungguh, Kami telah memberikan ilmu kepada Daud dan Sulaiman, dan keduanya berkata, “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari banyak hamba-hamba-Nya yang beriman.”

Nabi Sulaiman juga membaca doa untuk menjinakkan hewan, beliau memiliki kemampuan berbicara dengan hewan dan itu adalah salah satu keajaiban yang dimilikinya yang berasal dari Allah Subhanahu wata’ala.

Nabi Sulaiman senantiasa membaca doa ketika akan menjinakkan hewan, di bawah merupakan doanya.

إِنَّهُۥ مِن سُلَيْمَٰنَ وَإِنَّهُۥ بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Artinya:

“Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya isinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

أَلَّا تَعْلُوا۟ عَلَىَّ وَأْتُونِى مُسْلِمِينَ

Artinya:

“Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.”

Nabi Sulaiman senantiasa membaca doa untuk menjinakkan hewan di atas ketika bertemu dengan hewan buas. Beliau meminta pertolongan kepada Allah untuk dilindungi dan agar hewan itu menjadi jinak dan tak ingin menyerang beliau. Oleh sebab itu, Nabi Sulaiman selalu membaca doa menjinakkan hewan.

Tidak hanya doa menjinakkan hewan, doa tersebut juga dibaca ketika akan menjinakkan jin. Seringkali ada saja jin yang jahat dan tidak beriman kepada Allah. Oleh karena itu, Nabi Sulaiman selalu membaca doa itu lagi ketika menghadapi jin yang mengganggu.

Baca juga: Doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat

Itu dia doa Nabi Sulaiman yang dapat dibaca setiap hari untuk memperoleh kekayaan dan kemakmuran. Bacalah doa tersebut setelah sholat fardhu.