Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Nabi Khidir untuk Mengabulkan Segala Hajat

Ilustrasi seorang berdoa. © Pixels.com
 Pastinya setiap orang mempunyai keinginan atau hajatnya masing-masing. Untuk memperoleh keinginan tersebut terwujut tentunya harus berusaha dan berdoa. Di bawah ini terdapat doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat yang diinginkan.


Nabi Khidir dikenal sebagai salah satu Nabi yang dikisahkan dalam kitab suci Alquran dan hadist. Nabi Khidir mempunyai amalan yang secra rutin dilakukan yaitu bacaan doa dan dzikir.

Sebagai umat islam, Alquran dan hadist memang menjadi pegangan utama dalam hidup. Alquran memberikan solusi atas permasalahan dan berbagai peraturan dan juga perintah yang diberikan oleh Allah Subhanahu wata’ala.

Dalam Alquran, diceritakan berbagai kisah Nabi dan Rasul secara lengkap. Di Alquran, dikisahkan banyak Nabi dan kehidupannya yang dapat menjadi panduan Sahabat dalam menjalani hidup di dunia.

Berbagai kisah Nabi beragam dan bervariasi, mulai dari penyampaian wahyu kepada Nabi, kisah perjalanan hidup Nabi baik itu sulit ataupun senang, ujian dan cobaan para Nabi, serta berbagai peristiwa yang Nabi alami.

Baca juga: Doa agar anak cepat jalan

Di dalam Alquran juga dikisahkan cerita Nabi Khidir. Nabi Khidir adalah salah satu Nabi yang membaca doa untuk mengabulkan keinginannya, beliau membaca doa tersebut dan Allah ta'ala pun mengabulkan hajatnya.

Doa Nabi Khidir adalah salah satu doa yang mustajab dan bisa membantu manusia untuk mencapai apapun hajat yang diinginkan, dan meminta apa saja keinginan yang ingin dikabulkan.

Apabila Sahabat sedang mempunyai hajat yang ingin segera dikabulkan oleh Allah, alangkah baiknya untuk membaca doa dan dzikir. Di bawah ini merupakan bacaan doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat.

بِسْمِ الله مَاشَاءَ الله لاَ يَسُوْقُ الْخَيْرَ إِلاَّ الله بِسْمِ الله مَاشَاءَ الله لاَ يَصْرِفُ السُّوْءَ إِلاَّ الله بِسْمِ الله مَاشَاءَ الله مَاكَانَ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ الله بِسْمِ الله مَاشَاءَ الله لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله

Artinya:

“Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang menyingkirkan keburukan kecuali Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada kenikmatan melainkan dari Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tiada daya untuk berbuat kebaikan kecuali dengan pertolongan Allah. Dan tiada kekuatan untuk menghindar dari perbuatan maksiat kecuali dengan perlindungan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”

Bacalah doa tersebut saat setelah solat fardhu setiap hari dengan yakin dan khusyu. Niscaya Allah Subhanahu wata’ala akan mendengarkan doa dan hajat Sahabat. Bersabarlah dalam berdoa dan yakinlah bahwa Allah akan mengabulkannya suatu saat nanti.

Jika memiliki keinginan tanpa berusaha adalah suatu kebohongan, dan usaha tanpa berdoa adalah suatu kesombongan. Oleh karena itu, kedua hal tersebut saling berhubungan dan manusia sebagai makhluk Allaih harus selalu meminta sesuatu kepada-Nya.

Tak ada Tuhan yang layak disembah dan dipuji selain Allah Subhanahu wata’ala. Melalui sebuah doa yang baik, maka Sahabat bisa meminta apapun yang diinginkan, dan itu bukan mustahil bagi Allah untuk mengabulkannya. Sangat mudah bagi Allah untuk mengabulkannya, hanya saja Sahabat harus yakin dan percaya akan dikabulkan oleh Allah Subhanahu wata’ala.

Bahkan, apapun yang tidak disangka-sangka, bisa Allah berikan. Apapun doa Sahabat jika hal itu adalah baik dan positif, tentu Allah pasti akan mengabulkannya. Terlebih jika Sahabat melakukannya dengan speenuh hati keyakinan dan keikhlasan menerima apapun yang Allah berikan.

Baca juga: Doa haul jamak dan keistimewaannya

Demikianlah tentang doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat yang diinginkan. Bacalah doa tersebut setiap hari dengan keteguhan dan keyakinan hati, supaya Allah mengabulkannya baik cepat atau lambat.