Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Syuruq

Sholat syuruq adalah salah satu ibadah sholat yang sifatnya sunnah yang memiliki keutamaan apabila dilakukan. Sholat syuruq dilakukan pada pagi hari. Kali ini akan dibahas doa setelah sholat syuruq lengkap dengan tata caranya.

Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Syuruq
Ilustrasi sholat syuruq. © Pixabay.com
Menurut Ubaidurrahim El-Handy (2014), dalam sebuah buku yang berjudul “Super Lengkap Shalat Sunah” menjelaskan bahwa isyraq ataupun syuruq adalah berasal dari kata “syarq”. Artinya adalah timur, terbit, dan juga menerangi.

Maka, dapat disimpulkan bahwa sholat syuruq adalah sholat dua rakaat yang dilakukan setelah matahari terbit. Sholat syuruq harus dilakukan dengan cara-cara tertentu sesuai dengan yang diajarkan dalam Islam.

Tata Cara Sholat Syuruq

Di bawah ini terdapat tata cara sholat syuruq. Berikut merupakan pemaparannya.

1. Membaca Niat

Langkah pertama, tentu membaca niat sholat terlebih dahulu. Sahabat bisa membaca niat sholat syuruq di bawah ini.

Niat shalat syuruq
Artinya:
“Aku berniat melakukan sholat sunnah isyraq dua rakaat karena Allah ta’ala.”

2. Membaca Alfatihah dan Surat Pendek

Selanjutnya, membaa surat Alfatihah seperti biasa. Jika sudah selesai membaca surt Alfatihah, maka dilanjutkan membaca surat pendek, diutamakan untuk membaca surat Addhuha.

Berikutnya, lakukan sholat seperti sholat fardhu biasanya. Pada rakaat kedua setelah membaca surat Alfatihah, dianjurkan untuk membaca surat pendek Al Insyirah.

3. Salam dan Membaca Doa Syuruq

Terakhir, salam seperti sholat fardh biasanya. Apabila sholat syuruq sudah selesai, maka dilanjutkan dengan membaca doa dan dzikir. Di bawah ini terdapat bacaan doa setelah sholat syuruq.

Doa setelah sholat syuruq

Keutamaan Doa Setelah Sholat Syuruq

Di bawah ini terdapat keutamaan doa setelah sholat syuruq. Berikut merupakan pemaparannya.
Apabila Sahabat sudah selesai melakukan sholat syuruq dan membaca doanya, maka selanjutnya Sahabat juga harus mengetahui apa saja sih keutamaan dari sholat syuruq dan bacaan doanya?

Menurut hadist riwayat Tirmidzi, “Siapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian dia duduk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia shalat dua rakaat, maka baginya pahala haji dan umroh, sempurna, sempurna.”

Selanjutnya hadist tersebut diperkuat juga oleh hadist Abu Umamah RA, “Barangsiapa mengerjakan shalat subuh di masjid secara berjamaah, lalu dia tetap berada di dalam masjid sampai melaksanakan shalat sunnah dhuha, maka pahala amalannya itu seperti pahala orang yang menunaikan ibadah haji atau umroh secara sempurna.”


Itu dia tata cara dan bacaan doa setelah shoat syuruq lengkap dengan keutamaannya. Silakan Sahabat terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan mulai sholat syuruq pada pagi hari dengan membaca doa yang telah disebutkan di atas. Wallahu'aalam