Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Haul Jamak Dan Keistimewaannya

Mungkin sebagian dari orang sudah tidak asing lagi dengan adanya doa haul jamak. Namun sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai doa haul jamak ini maka kita juga harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari doa haul jamak.

Untuk itu pada artikel ini akan dibahas seputar Doa haul Jamak dan keistimewaan dari doa haul jamak ini.

Apa itu Haul Jamak?

Doa Haul Jamak Dan Keistimewaannya
Haul jamak atau biasa disebut dengan tradisi doa arwah saat ini masih menjadi salah satu ritual yang tidak pernah ditinggalkan, terlebih lagi oleh masyarakat melayu Lingga. Namun meskipun hal ini tidak menjadi kewajiban saat melakukan adat, tetapi tradisi agama dengan cara membacakan doa haul jamak ini secara bersamaan masih menjadi pedoman dan tetap Lestari.

Adapun Doa haul Jamak ini dipanjatkan tepat sebulan sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, tepatnya pada bulan Sya'ban. Sehingga rutinitas jamaah masjid ini saling kunjung mengunjungi dari satu Dusun Kampung sampai ke desa-desa untuk duduk bersama dan membacakan doa haul jamak ini untuk saudara dan kerabat yang telah meninggal dunia.

Lafadz Doa Haul Jamak

Pada dasarnya Doa haul Jamak ini dirasa hampir sama dengan doa ruwahan. Adapun tujuan dari doa haul jamak ini pasti untuk memohon kebaikan kepada orang-orang yang sudah terlebih dahulu mendahului kita. Adapun tujuan lain tentunya mendoakan para keluarga atau kerabat yang sudah meninggal dunia.

Berikut ini adalah Doa haul Jamak :
Doa Haul Jamak Dan Keistimewaannya
Adapun doa ini juga memiliki keutamaan dan keistimewaan bagi orang-orang yang membacanya. Untuk itu tak heran jika beberapa hal dari masyarakat ini banyak yang mengamalkan doa ini untuk mendatangkan manfaat. Terlebih lagi doa ini harus dihadiahkan untuk Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Keistimewaan Doa Haul Jamak

Adapun setelah kita mengetahui secara sekilas seputar pengertian dari doa haul jamak ini, maka selanjutnya kita akan membahas seputar keistimewaan dari doa haul jamak.

Pada dasarnya keistimewaan yang utama dari Doa haul Jamak ini yaitu kita bisa memohon ampun kepada Allah SWT untuk menggugurkan dosa-dosa kita, terlebih lagi ketika kita dalam keadaan suci tentu kita juga akan semakin layak saat memanjatkan doa haul jamak ini yang ditunjukkan bagi orang lain kepada Allah SWT.

Baca juga: Keutamaan dan cara mengamalkan shalawat Haibah

Lalu setelah kita meminta ampunan kepada Allah SWT, kita juga memohon berkat hakikat dan juga Kemuliaan bagi orang-orang yang telah meninggal dunia terlebih dulu. Serta kita juga bisa meminta untuk diberikan petunjuk jalan yang lurus dan juga membukakan jalan dari rasa bimbang ketika menjawab pertanyaan pertanyaan malaikat didalam kubur.

Keistimewaan Doa haul Jamak yang terakhir ini kita juga bisa mendoakan para ahli Surga atau orang-orang yang sudah wafat/ meninggal dunia agar bisa tenang dan damai saat mereka di alam kubur.

Dalam artian agar mereka terbebas dari siksa api neraka yang cukup menyiksa dan membelenggu akibat dosa-dosa yang sudah diperbuat Selama masih hidup.

Setelah kita mengetahui seputar pengertian dari Doa haul Jamak dan mengetahui keistimewaannya, tentu kita juga memahami bahwa doa haul jamak ini juga sangat penting untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian artikel seputar doa haul jamak yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan juga dapat kita ambil manfaat serta keutamaan dalam hidup. Jangan lupa untuk mengamalkan doa-doa lainnya yang memiliki tujuan baik.