Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Istinja dan Tata Cara Bersuci

Seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Sehingga hal ini dalam ajaran islam Sudah dianjurkan untuk menjaga kebersihan yang menjadi kegiatan sunnah dan bisa mendatangkan manfaat kebaikan.

Karena orang yang suka menjaga kebersihan dan bersuci ini adalah orang-orang yang disukai Allah SWT. Oleh sebab itu sikap kita untuk menjaga kebersihan ini sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya menjaga kebersihan setiap kali buang air, baik itu air besar maupun air kecil.

Karena setiap orang harus memperhatikan kebersihannya dengan sangat baik. Hal ini bertujuan untuk selalu menjaga tubuh agar tetap sehat serta terhindar dari segala macam penyakit.

Jadi pada artikel ini akan dibahas seputar Doa istinja.

Pengertian Istinja

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Doa istinja, perlu kita ketahui bahwa pengertian istinja adalah perbuatan membersihkan qubul dan dubur. Adapun kata istinja dalam bahasa Arab merupakan kata turunan 'naja yanju' yang artinya memotong ataupun melepaskan diri.

Artinya, ketika orang yang sedang melakukan istinja ini akan berupaya melepaskan diri dari segala kotoran yang menempel pada anggota tubuh, baik itu yang keluar dari kemaluan dubur atau qubul. Sehingga dalam hal ini istinja memiliki hukum wajib.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Istinja

Sebelum mengetahui terkait Doa istinja berikut ini terdapat hal-hal yang harus kita perhatikan ketika melakukan istinja, antara lain sebagai berikut :
  1. Tidak boleh buang air baik itu buang air besar atau kecil di sembarang tempat.

  2. Jangan menghadap atau membelakangi arah kiblat ketika istinja di tempat yang terbuka.

  3. Dilarang menggunakan tangan kanan Saat bersuci.

Doa Istinja dan Tata Caranya

Ketika kita sudah mengetahui pengertian serta hal-hal yang harus kita perhatikan saat melakukan istinja, maka kali ini akan dijelaskan seputar bacaan Doa istinja dan tata cara melakukan istinja.

Karena pada dasarnya membaca doa istinja ini merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan agar bisa memohon perlindungan dari berbagai hal buruk misalnya penyakit.

Ada Berikut ini merupakan tata cara bersuci saat istinja yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan kita sehari-hari.
  1. Membaca Doa istinja atau doa hendak masuk toilet.

  2. Saat masuk toilet harus mendahulukan langkah kaki kiri.

  3. Ketika kita membuang kotoran harus dipastikan bahwa kita membuangnya pada lubang kakus dan tidak pada dinding atau lantai toilet

  4. Bagi perempuan ketika buang air kecil dianjurkan untuk duduk, sedangkan saat buang air besar pun juga diwajibkan untuk duduk.

  5. Ketika kita sedang menumpahkan keluarnya kotoran dalam tubuh namun masih terdapat sisa kotoran yang menumpuk di dalam, tentu dianjurkan bagi kita untuk mengelus alat kelamin ataupun perut yang bertujuan untuk menetapkan atau melancarkan keluarnya kotoran.

  6. Ketika kita melakukan istinja harus menggunakan tangan kiri kita dapat melakukan istinja ini dengan menggunakan tisu. Cara ini dilakukan jika tidak tersedia Air.

    Dan kita pun juga dapat menggunakan air saja ketika membersihkan diri dari kotoran. Selain itu kita pun juga dapat menggabungkan dua cara tersebut yaitu dengan membersihkan kotoran dengan tisu terlebih dahulu harus diakhiri dengan menggunakan air.

  7. Ketika sudah selesai membersihkan diri Maka jangan lupa untuk membaca doa istinja dan keluar dari toilet.

Berikut ini adalah Doa istinja :
 
Doa Istinja dan Tata Cara Bersuci
Demikian artikel seputar Doa istinja. Semoga bermanfaat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.