Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Setelah Shalat Sunnah Awwabin yang Besar Keutamaannya

Pada dasarnya salat Sunnah awwabin ini mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang muslim. Tetapi sama seperti ibadah lainnya bahwa salat Sunnah awwabin ini juga memiliki serta menyimpan banyak sekali manfaat serta keutamaan yang akan didapatkan bagi orang yang melaksanakan.

Adapun pada umumnya pelaksanaan salat Sunnah awwabin ini memiliki tujuan untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT agar dapat lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Hal ini juga diungkapkan oleh Dr Muhammad Syarif Hidayatullah dalam bukunya yang berjudul Tuntunan Lengkap Rukun Islam & Doa: Kunci Beragama Secara Kafah (Ed. Revisi)

Baca juga: Balasan dan doa untuk orang yang menghina kita

Jadi bagi yang belum mengetahui seputar salat awwabin namun ingin mengetahui tata cara melakukan salat ini Serta keutamaan yang akan didapatkan setelah melaksanakan salat awwabin, maka pada artikel ini akan menjelaskan seputar Doa setelah shalat awwabin dan keutamaannya.

Seputar Sholat Sunnah Awwabin

Pada dasarnya hukum mengerjakan salat Sunnah awwabin ini ialah sunnah muakkad dan salat sunah ini dapat kita kerjakan setelah selesai menjalankan salat magrib dan sebelum adzan isya atau ba'diyah maghrib.

Adapun salat Sunnah awwabin ini dianjurkan untuk dilaksanakan agar bisa mendapatkan keutamaan serta manfaat bagi manusia.

Tata Cara Shalat Sunnah Awwabin

Doa Setelah Salat Sunnah Awwabin lengkap
Doa setelah shalat sunnah awwabin
yang bisa diamalkan
Adapun sama seperti salat Sunnah lainnya, bahwa salat Sunnah awwabin ini juga memiliki keutamaan sendiri ketika dilakukan oleh seseorang. Sehingga banyak dari orang muslim yang melaksanakan salat sunnah awwabin ini untuk mendapatkan keutamaan.

Jadi berikut ini tata cara salat sunnah awwabin yang bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari :

1. Niat salat sunnah awwabin

2. Bacaan salat sunnah awwabin

Adapun ketika kita melaksanakan salat sunnah awwabin ini dapat kita lakukan sebanyak 6 rokaat.

Salat Sunnah awwabin ini diawali dengan niat dan diikuti dengan Takbiratul Ihram lalu dilanjutkan dengan membaca surat al-fatihah. Kemudian dilanjutkan dengan surat selanjutnya, yaitu :

• Al Ikhlas dibaca sebanyak 6 kali

• Al Falaq dibaca sebanyak 1 kali

• An Naas dibaca sebanyak 1 kali.

3. Lalu cara di atas juga harus dilakukan lagi pada rakaat kedua. Kemudian salam.

4. Dan selanjutnya kita diarahkan untuk berdiri lagi agar dapat meneruskan sholat sunnah awwabin sebanyak 2 rakaat. Setelah membaca surat al-fatihah maka kita bebas untuk memilih surat pendek yang kita inginkan untuk dibacakan ketika melaksanakan salat sunnah awwabin.

5. Setelah salam, maka dilanjutkan dengan salat Sunnah awwabin sebanyak 2 rakaat lagi dan setiap orang yang melaksanakan salat sunnah awwabin ini disarankan membaca surat pendek Al Kafirun pada rakaat pertama dan surat pendek al-ikhlas pada rakaat kedua setelah selesai membaca surat al-fatihah.

6. Terakhir, baca Doa setelah shalat awwabin.

Berikut ini adalah Doa setelah shalat awwabin :

اللهم اجعلني شكورا واجعلني صبورا واجعلني في عيني صغيرا وفي أعين الناس كبيرا ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار والحمد لله رب العالمين

"Allahumma ij'alnie syukuran wa ij'alnie shaburan wa i'j'alnie fi 'anie shogiraan wa fie 'aininnaasi kabiiran robbana aatina fiddun yaa hasanah wa fil aakhirah hasanah wa qina 'azabannar."

Aritnya: "Ya Allah jadikan aku sebagai orang yang bersyukur. Jadikan aku termasuk orang yang sabar. Jadikan aku kecil di mataku, namun besar dipandangan orang lain. Ya Allah, berikanlah kami kebahagian di dunia dan di akherat, serta selamatkanlah kami dari siksaan api neraka. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam."

Keutamaan Shalat Sunnah Awwabin

1. Adapun keutamaan yang paling penting ketika seseorang melaksanakan salat sunnah awwabin ini yaitu sebagai perwujudan rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala
2. Selain itu shalat sunnah awwabin ini juga dapat bertujuan sebagai Sedekah bagi tubuh
3. Sholat sunnah awwabin dikatakan dapat Memudahkan dan memperlancar jalan kita dalam jalan meraih rezeki
4. Salat Sunnah awwabin mampu untuk Menenangkan hati
5. Salat Sunnah awwabin menjadikan kita semakin Mudah konsentrasi
6. Salat Sunnah awwabin ini akan memberikan kita Kemudahan dalam menyelesaikan urusan dan mendapat rezeki dari arah yang tidak terduga dan tidak disangka.

Demikian informasi seputar Doa setelah shalat awwabin. Semoga bermanfaat.