Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Balasan Dan Doa untuk orang yang Menghina kita

Kita semua mengetahui bahwa di dunia ini tidak ada makhluk yang sempurna, tetapi masih ada saja mereka yang sangat mudahnya menghina orang lain Sebab keterbatasan ataupun kelemahan yang dimiliki oleh orang lain.

Jadi bagi kalian yang dihina oleh seseorang Maka jangan langsung buru-buru untuk marah dan membalasnya. Karena pada dasarnya terdapat hal-hal yang harus kita perhatikan ketika kita sedang dihina orang satunya adalah mendoakan orang yang menghina kita.

Adapun pada hari ini akan dibahas seputar balasan untuk orang yang menghina kita dan Doa Untuk Orang Yang Menghina Kita.

Baca juga: Kegunaan doa bisirril fatihah yang luar biasa

Doa Untuk Orang Yang Menghina Kita

Balasan Dan Doa untuk orang yang menghina kita
Berbuat baik kepada sesama
Meskipun itu pahit
Ketika kita sedang mencari Doa Untuk Orang Yang Menghina Kita maka hal ini terdapat dalam hadis riwayat Imam Al Bukhari dan imam muslim. Karena ada hadisnya ini diceritakan seputar kronologi penghinaan dan juga pemukulan kepala Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam saat beliau melakukan dakwah.

Kala itu beliau ini dipukul hingga berdarah dan pendarahan yang muncul di wajah Nabi Muhammad ini menunjukkan bahwa pukulan yang didapatkan nabi Ini begitu sangat keras. Sambil mengusap darah yang bercucuran di wajahnya beliau tak membalas perlakuan mereka. Alih-alih membalas, beliau malah memanjatkan doa untuk orang yang menghina beliau dan memukul beliau.

Berikut ini adalah Doa Untuk Orang Yang Menghina Kita :


Balasan Untuk Orang Yang Menghina Kita

Adapun selain Doa Untuk Orang Yang Menghina Kita, berikut ini terdapat beberapa balasan yang harus kita berikan saat seseorang menghina kita.

1. Memaafkan orang yang menghina

Memaafkan merupakan sikap yang sangat penting. Sebab fungsi dari memaafkan ini yaitu untuk menghilangkan adanya perasaan negatif yang muncul dalam diri kita setelah kita dihina.

Karena ketika kita tidak mau memaafkan terlebih dahulu kemungkinan besar kita juga akan melakukan hal yang tidak diinginkan dan malah berujung menyakiti orang lain dengan membalas hinaan mereka.

2. Ambil pesan yang baik dan buang yang buruk

Kita harus lebih bijak lagi dalam mengambil sesuatu yang baik dan Buanglah yang buruk. Dalam hal ini berarti ketika kita dihina maka jadikan hinaan ini sebagai semangat agar kita jauh menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari-hari yang kemarin.

Dan dari kata-kata hinaan yang dilontarkan pada kita ini dipilih saja makna yang dapat kita ambil agar menjadi intropeksi bagi diri kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

3. Jangan membalas dengan kasar

Sesakit apapun perasaan kita ketika dihina seseorang menghina, jangan pernah sekali-kali untuk membalasnya dengan perbuatan kasar meskipun kita mampu untuk melakukannya.

Sebab ketika kita membalas dengan perbuatan kasar maka kita tidak ada bedanya dengan mereka yang jahat dan menghina kita sesuka hati. Bahkan kita bisa jadi lebih buruk dari mereka. Adapun tidak ada cara terbaik agar kita membalas orang yang menghina kita selain dengan prestasi yang kita miliki.

4. Bersikaplah tenang

Tidak munafik ketika kita dihina kita pasti akan merasa sakit hati. Namun dalam hal ini kita tidak boleh menangis, marah ataupun membalas perasaan sakit hati kita. Tapi yang perlu kita perhatikan dalam hal ini yaitu kita harus bersikap tenang dan jangan menunjukkan kelemahan kita dihadapan orang yang menghina kita.

Baca juga: Keutamaan dan cara mengamalkan sholawat haibah

Sehingga kita Tunjukkan bahwa kita kuat dan mereka tidak akan berani untuk mengganggu kita saat kita sedang tenang dan siap untuk menerkam orang kapan saja.

5. Keluar dari zona nyaman

Yang terakhir adalah kita harus bisa keluar dari zona nyaman yang kita miliki, yaitu dengan cara melakukan sesuatu. Hal ini berarti bisa jadi kita dapat belajar lebih keras lagi, bekerja lebih keras lagi ataupun Kita juga bisa berusaha jauh lebih keras lagi.

Demikian artikel seputar Doa Untuk Orang Yang Menghina Kita.