Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegunaan Doa Bisirril Fatihah yang Luar Biasa

Mungkin banyak sekali dari kita yang kebiasaan ketika mengakhiri doa pasti akan mengucapkan rahasia al-fatihah yaitu bisirril Fatihah. Kemudian surat ini akan dibaca secara lengkap. Untuk itu pada artikel ini akan dibahas lebih dalam seputar Doa bisirril fatihah.

Keutamaan Surat Al-Fatihah

Sebelum membahas seputar kegunaan dari Doa bisirril fatihah, kita bisa memahami terlebih dahulu apa saja Keutamaan dari surah al-fatihah. Pada umumnya, Banyak sekali keutamaan membaca Surat Al Fatihah. Adapun keutamaan lainnya, sebagai berikut :
  1. Surat Al Fatihah dapat Membersihkan Hati
  2. Surat Al Fatihah untuk Keselamatan Dunia Akhirat
  3. Surat Al Fatihah Membuat Doa Cepat Terkabul oleh Allah
  4. Surat Al Fatihah untuk Kesembuhan, Hutang, dan Memiliki Anak Berbakti
  5. Surat Al Fatihan dapat Membuka Pintu Rizki dan Melacarkan Segala Urusan
  6. Surat Al Fatihah dapat Melancarkan Rizki
  7. Surat Al Fatihah untuk Menguatkan Ingatan

Surat Al Fatihah banyak sekali mempunyai keutamaan dalam berbagai hal, maka dengan izin Allah setelah berdoa jangan lupa untuk selalu pasrahkanlah semuanya kepada Allah.

Kegunaan Bisrril Fatihah

Kegunaan Doa Bisirril Fatihah
Kegunaan doa bisirril fatihah

Berikut ini beberapa kegunaan dari adanya Doa bisirril fatihah yaitu sebagai berikut :

1. Penolak marabahaya/tolak bala

Banyak orang yang hanya sekedar membaca surat al-fatihah saja namun sebagian pula belum tentu mengetahui dan meyakini dengan dalil-dalil dan makna yang terkandung dalam surat tersebut.

Mungkin sebagian dari orang belum mengetahui bahwa kegunaan dari Bisrril fatihah yang lainnya adalah sebagai penolak malapetaka atau tolak bala. Adapun tujuannya dari Doa bisirril fatihah ini untuk kebaikan yaitu untuk menjaga diri dan keluarga agar terhindar dari segala macam marabahaya dan musibah atau tolak bala.

2. Untuk ruqyah

Dari Abi Said Al Khudry RA berkata : “Kami menginap di sebuah rumah lalu datang seorang wanita kepada kami dan berkata : sesungguhnya kepala kampung Kami sedang mengalami musibah tersengat kalajengking dan apakah di antara kalian bisa menjampi? Lalu salah seorang berdiri dan bertemu sama wanita itu dan tidak menduga sebelumnya bahwa teman kami ini bisa dan pandai menjampi. Ia pun berangkat menjampi kepala kampung kemudian menjadi sembuh. Dan mereka juga memberinya kambing lalu memberi kami susu. Seketika ia balik dan kembali di hadapan kami. Kami pun bertanya padanya : Apakah kau bisa dan pandai menjampi? Ia menjawab tidak dan ia menyatakan bahwa ia hanya menjampinya dengan surat al-fatihah. Kemudian ia berkata : jangan Kalian apa-apakan dulu kami itu sebelum kita melapor kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Lalu kami datang kepada Rasulullah dan menuturkan hal tersebut Kepada beliau. Kemudian ketika Rasulullah mendengar penuturan dari kami beliau bertanya : Tidakkah kalian tahu bahwa ia merupakan ruqyah?"

Pada dasarnya banyak orang yang belum tahu bahwa Doa bisirril fatihah ini bisa digunakan untuk melakukan ruqyah dan bahwa terdapat beberapa ayat dalam Alquran yang khusus untuk ruqyah dan ada pula yang bukan.

Baca juga: Doa dan tata cara sholat istikharah yang baik dan benar

Pada dasarnya semua surat yang ada dalam Alquran ini diharapkan keberkahannya, sebab AlQuran merupakan kalam Allah. Maka dengan rahasia Al-Fatihah berarti Allah telah meletakkan surat ini sebagai pujian kemuliaan keberkahan dan ketika orang membaca al-fatihah ini akan dimudahkan urusan dan Allah akan mewujudkan permintaannya.

Demikian informasi seputar keutamaan surah al-fatihah dan kegunaan dari Doa bisirril fatihah. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat diamalkan dengan baik.