Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan dan Cara Mengamalkan Sholawat Haibah

Sholawat Haibah merupakan salah satu shalawat yang diamalkan oleh para ulama terdahulu karena mempunyai banyak sekali keutamaan yang bisa menambah kewibawaan serta menggetarkan hati musuh.

Adapun biasanya sholawat haibah ini seringkali dikenal dengan shalawat tulki, yang pada dasarnya mempunyai keutamaan untuk membangkitkan keberanian yang ada dalam hati manusia untuk mengungkap suatu kebenaran yang ada.

Untuk itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai keutamaan dan Cara mengamalkan Shalawat haibah yang harus sahabat ketahui.

Baca juga: Amalan sebelum sholat tahajud agar doa dikabulkan

Mengenal sholawat Haibah

Sholawat Haibah merupakan sholawat yang memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat seperti halnya diamalkan untuk tolak bala atau bahaya, orang yang ingin menzalimi kita, menggetarkan hati orang kafir, untuk perbuatan orang yang musyrik dan orang-orang yang memiliki niat untuk berbuat kerusakan.

Namun Selain itu manfaat dari Shalawat haibah ini untuk mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani serta dijauhkan dari segala marabahaya.

Cara Mengamalkan Shalawat Haibah

Keutamaan dan Cara Mengamalkan Sholawat Haibah
Keutamaan dan cara mengamalkan
sholawat haibah
Ketika sahabat sudah mengetahui sekilas mengenai manfaat serta tujuan dari pengamalan sholawat Haibah ini, tentu Sahabat juga harus mengetahui cara untuk mengamalkan Sholawat Haibah. Adapun berikut ini Cara mengamalkan Shalawat haibah yaitu sebagai berikut.

1. Ketika sholawat haibah ini dimanfaatkan untuk tolak bala atau musibah maka bisa dibaca 11 kali sebelum tidur atau sebelum mengambil air wudhu dengan izin Allah, Shalawat ini bisa menjaga sahabat dari adanya gangguan santet, setan, pelet dan mimpi buruk.

2. Adapun ketika shalawat haibah ini dijadikan sebagai wirid maka dapat dibaca sebanyak 1.111 kali dan dibaca ketika selesai salat Tahajud dan salat hajat. Maka dengan izin Allah cita-cita serta hajat yang sahabat inginkan akan tercapai.

3. Pada Shalawat haibah ini ketika akan diamalkan untuk membuat getar hati musuh maka dapat dibaca sebanyak 3 kali kemudian ditiupkan ke arah musuh. Tapi sebelum itu, ketika ingin memperoleh khasiat dari Sholawat Haibah ini harus terlebih dahulu ditirakati yaitu dengan puasa bila 3 hari.

Adapun puasa ini dimulai saat hari Pon diiringi dengan wiridan sebanyak 121 Kali dan dilakukan setelah selesai salat hajat di tengah malam selama berpuasa tersebut. Selain itu, cara ini juga harus diamalkan setiap selesai sholat fardhu 5 waktu ataupun boleh sebanyak 41 kali.

4. Cara mengamalkan Shalawat haibah ini bisa diamalkan setelah sholat fardhu 5 waktu dengan membaca sholawat ini sebanyak 11 kali setelah selesai dilaksanakan salat fardu. Maka dengan izin Allah, InshaAllah akan menjadikan badan sahabat sehat selalu serta terhindar dari marabahaya dan segala penyakit.

Baca juga: Syarat sholat tahajud apakah harus tidur dulu

Ketika sholawat Haibah ini ingin diamalkan untuk menyembuhkan sakit, adapun caranya sebagai berikut :

"Tawasul Al-Fatihah untuk Nabi Muhammad SAW, para sahabat Nabi, Malaikat Muqorrobin dan Qoribin, para nabi, para wali Allah, orang-orang yang sedang sakit, orang tua kita dan diri sendiri."

Adapun setiap amalan yang dilakukan ini termasuk ke dalam amalan sholawat haibah akan mempunyai tujuan utama seperti halnya beribadah kepada Allah SWT. Sehingga ketika sahabat ingin mengamalkan sholawat Haibah ini maka harus dengan tujuan utama yaitu mengharap ridho dari Allah serta mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Demikian artikel seputar Cara mengamalkan Shalawat haibah yang bisa sahabat lakukan untuk memperoleh Ridho dari Allah serta manfaat dari pengamalan shalawat hibah ini. Jangan lupa bahwa Sahabat mengamalkan Shalawat haibah ini semata-mata hanya karena Allah SWT.