Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Menggunakan Bahan Alami Dan Medis

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal - Tenggorokan gatal bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari perubahan cuaca, reaksi alergi, kondisi medis dan lain-lain. untuk mengatasinya, ada beragam obat-obatan yang bisa digunakan. Sebenarnya cara mengatasi tenggorokan gatal bisa dilakukan dengan obat-obatan alami dan juga obat medis. Jadi sahabat bisa memilih sendiri nanti cara apa yang akan digunakan untuk mengatasi rasa gatal pada tenggorokan.

Tenggorokan gatal bukanlah penyakit yang berbahaya apalagi sampai harus mendapatkan penanganan khusus. Biasanya penyakit ini akan sembuh sendiri dalam kurun waktu 7 hingga 10 hari. Tapi meskipun begitu, sahabat tidak bisa menganggap remeh kondisi ini. gatal yang terjadi di tenggorokan ternyata bisa menjadi gejala beberapa penyakit lain mulai dari radang amandel, infeksi hingga asma.

5 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal
Atasi tenggorokan gatal dengan
dua pilihan alami atau obat medis
Jika sahabat saat ini ingin mengatasi tenggorokan gatal, sebagai langkah awal, sahabat bisa gunakan beberapa bahan alami seperti berikut ini:

1. Konsumsi Air Putih Yang Banyak

Pertama, sahabat harus konsumsi air putih lebih banyak dari biasanya. Salah satu penyebab tenggorokan gatal adalah karena tubuh kekurangan cairan. Sehingga untuk mengatasinya, sahabat harus konsumsi air putih paling tidak 7 hingga 8 gelas di setiap harinya. Tidak hanya pada saat cuaca sedang panas saja, kebutuhan cairan pun dibutuhkan ketika cuaca sedang dingin atau sahabat sedang menderita flu.

2. Menggunakan Susu Dan Kunyit

Kemudian, sahabat juga bisa menggunakan susu dan kunyit sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal yang kedua. Dengan menggunakan kedua bahan ini, tenggorokan yang gatal pasti akan reda dengan segera. Sahabat harus membuat segelas susu hangat kemudian campurkan sedikit kunyit yang sudah dihaluskan sebelumnya. Ini adalah salah satu cara alami yang bisa sahabat gunakan setiap malam atau sebelum tidur. Sebenarnya tidak hanya menggunakan susu saja, sahabat juga bisa campurkan kunyit dengan menggunakan air biasa.

3. Konsumsi Madu

Cara ketiga yang bisa sahabat gunakan apabila ingin mengatasi tenggorokan yang gatal adalah mengonsumsi madu. Sahabat juga bisa gunakan cara yang ketiga ini. dengan mengonsumsi madu di setiap harinya, rasa gatal maupun iritasi yang ada di tenggorokan akan reda dengan segera. Sahabat juga bisa tambahkan bahan alami lain seperti madu, parutan jahe atau perasan lemon ke segelas teh hangat untuk membantu mengatasi gatal pada tenggorokan.

4. Menggunakan Air Garam

Nah, jika sahabat tidak punya madu ataupun kunyit di rumah tenang saja, karena masih ada cara mengatasi tenggorokan gatal dengan bahan alami lainnya yakni menggunakan air garam. Ternyata air garam tidak hanya bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi saja tapi juga gatal pada tenggorokan. Tapi sahabat harus ingat jika air garam bukan untuk diminum melainkan untuk berkumur saja. Jadi dengan berkumur menggunakan air garam biasanya akan membantu mengurangi kelebihan dahak pada tenggorokan. Biasanya setelah berkumur-kumur dengan air garam, dahak yang berlebih akan berkurang dan rasa gatal pada tenggorokan pun akan segera menghilang.

5. Menggunakan Cuka Apel

Dan cara terakhir yang bisa sahabat lakukan jika ingin mengatasi tenggorokan gatal adalah dengan menggunakan cuka apel. Ini sebagai salah satu cara yang bisa sahabat lakukan apabila ingin mengurangi gatal pada tenggorokan. Sahabat bisa campurkan cuka apel ke segelas air hangat baru kemudian diminum.

Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Menggunakan Obat-Obatan Medis

Jika dengan cara alami sebelumnya masih belum efektif dalam membantu mengatasi tenggorokan gatal yang sahabat alami, tenang saja masih ada cara lain yakni dengan menggunakan obat-obatan medis. Sahabat bisa gunakan obat-obatan medis baik melalui resep dokter maupun yang dijual bebas di pasaran. Berikut ini beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengatasi tenggorokan gatal:

1. Dekongestan

Cara pertama yang bisa sahabat lakukan jika ingin mengatasi tenggorokan gatal adalah dengan menggunakan obat dekongestan. Ini adalah cara mengatasi tenggorokan gatal dengan menggunakan obat medis yang pertama. Ketika hidup tersumbat, biasanya ahabat akan bernafas melalui mulut, bukan? Ternyata inilah yang menjadi pemicu tenggorokan menjadi lebih kering dan gatal. Tenggorokan yang kering biasanya akan disertai dengan lendir yang berlebih sehingga membuat tenggorokan menjadi gatal. Maka dari itu, sahabat bisa segera atasi dengan menggunakan obat dekongestan sehingga sahabat bisa bernapas kembali secara normal. Obat ini juga sangat efektif untuk membantu meringankan gatal pada tenggorokan.

2. Menggunakan Obat Kumur

Kemudian, sahabat bisa gunakan obat kumur tapi harus ada kandungan mentol di dalamnya. obat kumur dengan kandungan mentol sangat efektif untuk membantu mengatasi rasa gatal yang ada pada tenggorokan. Sahabat harus rutin berkumur setiap hari hingga gatal pada tenggorokan mereda.

Baca juga: Cara mengatasi perut kembung dengan alami

3. Obat Antihistamin

Dan yang terakhir, sahabat bisa gunakan obat antihistamin. Obat ini juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi tenggorokan gatal seperti yang lain. obat ini fungsinya sama seperti paracetamol jadi bisa membantu meredakan nyeri akibat tenggorokan yang gatal. Biasanya obat jenis antihistamin ini banyak dijua di apotik. Tapi pastikan sahabat mengikuti anjuran penggunaan dan dosisnya. Selain obat antihistamin, sahabat juga bisa mengonsumsi permen yang dapat melegakan tenggorokan. Karena permen yang seperti ini akan membantu mengatasi tenggorokan yang kering.

Jadi itulah beberapa cara mengatasi tenggorokan gatal baik dengan menggunakan bahan alami maupun obat-obatan medis. Jika sudah diatasi dengan baik, sahabat harus cegah penyakit ini supaya tidak datang kembali dengan cara menjaga daya tahan tubuh dan mengonsumsi makanan yang bergizi.