Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Sholat tahajud apakah harus tidur dulu?

sholat tahajud harus tidur dulu
Photo: mohamed Hassan - Pixabay
Sholat tahajud apakah harus tidur dulu? Sholat tahajud adalah amalan yang rutin dilakukan oleh para alim ulama dan para sahabat nabi Muhammad SAW. Karna sholat tahajud merupakan sholat sunnah muakkad yang mempunyai keutamaan yang luar biasa. 

Sholat tahajud dilakukan pada waktu setelah sholat Isya’ hingga sebelum azan sholat shubuh dikumandangkan. 


Waktu -waktu yang baik untuk mendirikan sholat tahajud:

  1. Sepertiga malam pertama dimulai setelah sholat Isya’ hingga pukul 22.00 
  2. Sepertiga malam kedua dimulai pada pukul 22.00 malam hingga pukul 01.00
  3. Seperti malam terakhir merupakan waktu yang paling utama dilakukan sholat tahajud pada pukul 01.00 sampai sebelum azan sholat subuh dikumandangankan. 
Berikut Video lengkap membahas waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud


Itu tadi waktu -waktu untuk melakukan sholat tahajud yang perlu dicatat.

Akan tetap masih sering kami dapati pertanyaan dalam kolom komentar channel youtube kami, apakah sholat tahajud harus dilakukan setelah tidur terlebih dahulu atau tidak?


Ust. Adi Hidayat mengatakan bahwa melakukan shalat tahajud harus tidur terlebih dahulu. Sholat malam yang tidak didahulukan dengan tidur disebut dengan kiyaamullain. Dan itu boleh dilakukan. 


Jika Anda memiliki pekerjaan yang cukup menyita waktu. Contoh, Anda pulang dari bekerja hinggap larut malam dan karena sudah terlalu letih  khawatir kebablasan tidak sholat tahajud maka boleh sholat sebelum tidur 2 rakat, 4 rakat, atau lebih. Maka sholat yang dilakukan sebelum tidur disebut sholat kiyaamullail dan pahalanya insya Allah dapat. Kemudian ditutup dengan sholat witir paling sedikit satu rakaat. 


Tetapi jika sudah melakukan sholat kiyaamullain dan watir sebelum tidur, lalu terbangun di tengah malam maka tidak apa-apa melakukan sholat tahajud.


Ust. Khalid Basalamah menjelaskan bahwa dibolehkan menunaikan ibadah shalat tahajud tanpa harus tidur terlebih dahulu, akan tetapi alangkah baiknya (afdhol) tidur dahulu sebelum melaksanakan shalat tahajud. 

Saat melaksanakan sholat tahajud dianjurkan untuk perbanyak berdoa. Karna diikatakan dalam sebuat hadits bahwa Allah SWT turun kelangit. Pada saat itu adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.


Silahkan berdoa sesuai hajat kita masing - masing. Untuk doa sholat tahajud sobat bisa baca dan amalkan pada tulisan saya tentang Doa Sholat Tahajud Lengkap Disertai Latin dan Artinya.


Keutamaan sholat tahajud


Empat keutamaan ini tidak diberikan kepada orang yang tidak sholat tahajud. Sekali pun orang tersebut sholat fardhunya khusu’. Berikut adalah keutamaan sholat tahajud yang luar biasa:

 

 1. عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا 


Akan diangkat oleh Allah SWT Karir nya dan ditempatkan pada Karir yang terbaik. Tidak hanya karir, kedudukan, derajat dan lain sebagainya Allah akan angkat derajat yang terbaik bagi Allah.


2. قُل رَّبِّ أَدۡخِلۡنِي مُدۡخَلَ صِدۡقٖ


Allah akan bimbing pekerjaannya supaya mengawali setiap pekerjaannya dalam bimbingan Allah. 

Tentu berbeda antara yang dibimbing dengan yang tidak. Contoh kecil, jika Anda dibimbing, tiba -tiba macet diberi solusi. Orang lain bermasalah Anda lancar-lancar saja.


3. وَأَخۡرِجۡنِي مُخۡرَجَ صِدۡقٖ 


Diberikan solusi terbaik saat punya masalah. Dibimbing oleh Allah SWT. Ada orang pengen naik kedudukan yang tinggi harus promosi dan melakukan cara yang tidak Bagus. Dan Anda, karna rutin melakukan sholat tahajud tiba-tiba naik. Sungguh itu Indah.


4. وَٱجۡعَل لِّي مِن لَّدُنكَ سُلۡطَٰنٗا نَّصِيرٗا


Dan yang ke empat ini yang paling hebat. Anda akan ditolong langsung oleh Allah SWT jika ada yang iseng ingin menyakiti atau menjahati Anda.


Terkadang bisnis itu tidak mudah. Ada yang ingin menyudutkan, menyingkirkan,menyungkurkan, keluarga yang iri dengki, persaingan yang kotor, lalu Anda rutin sholat Tahajud demi Allah saya katakan pertolongan Allah SWT itu cepat. 


Maka perlu diketahui, orang pembisnis yang sukses di zaman Nabi Muhammad SAW itu tidak pernah meninggalkan sholat tahajud.


Jika Anda tidak percaya silahkan chek perjalan kisah sahabat seperti Utsman bin Affan r.a, Abdurrahman bin Auf r.a, dan Tamin ad Dari.


Kata Imam An Nawawi dalam kitab Atibyan, Beliau-beliau adalah sahabat Nabi, di jamin masuk syurga, hebatnya luar biasa, aktifitasnya padat, bisnisnya banyak, sampai kaya. Aset sahabat Nabi Utsman bin Affan saja sampai sekarang masih ada. Dari aset tersebut jika ada keuntungan maka akan dibagikan kefakir miskin atas nama Utsman bin Affan. 


Lalu rahasianya apa? Setiap malam tidak pernah meninggalkan sholat tahajud. Begitu kata Imam Nawawi. Bahkan bisa sholat tahajud sampai hatam Al Qur’an. Masya Allah.


Semoga dengan keutamaan – keutamaan sholat tahajut ini dan kisah para sahabat yang sukses menjadi motivasi buat kita semua untuk terus merutinkan sholat tahajud.

Wallahu’alam