Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Sholat Tahajud Lengkap Disertai Latin dan Artinya

Assalamualaikum Wr. Wb. Bismillahi wassolatu wassalamu 'ala Rasulillah wa Ba'd. Setiap dari kita tentu memiliki hajat atau keinginan kepada Allah SWT. Terlepas dari apakah hajat itu besar atau kecil, tentu kita semua ingin segera Allah SWT kabulkan segala hajat-hajat kita. Biasa kita mengutarakan hajat kepada Allah melalui doa-doa yang kita panjatkan disetiap sholat lima waktu. Karna memang salah satu waktu yang baik untuk berdoa adalah selepas sholat lima waktu. Namun tahukah sobat bahwa ada waktu yang mana dalam suatu riwayat bahwa Allah SWT turun ke langit setiap malamnya untuk melihat hamba-hambaNya. Pada waktu itu,  jika hambanya meminta maka Allah akan beri, jika ada hambaNya yang bedoa maka akan Allah kabulkan, dan jika ada hambaNya memohon ampun atas dosa-dosa yang telah diperbuat maka akan Allah ampuni dosa-dosanya. Waktu itu adalah sepertiga malam terakhir disetiap malam. Maka sepertiga malam itulah waktu yang sangat baik untuk kita bermunajat kepada Alllah SWT meninta untuk segala hajat-hajat yang kita miliki dengan melakukan sholat tahajud. Oleh karenanya pada kesempatan yang baik ini saya ingin berbagi bacaan doa setelah sholat tahajud lengkap disertai artinya. Namun sebelumnya ada baiknya juga kita mengetahui apa yang dimaksud dengan Sholat Tahajud itu. Agar amalan ibadah yang kita perbuat lebih bermakna dan mendapatkan pahala lebih di sisi Allah SWT.

doa sholat tahajud
Photo by Mehmet - Pixel.com
Sholat Tahajud adalah sholat sunnah muakkad. Dilakukan setelah sholat isya' hingga azan subuh berkumandang. Sholat tahajud dikerjakan setelah tidur malam walaupun sebentar. Lebih afdhol (utama; baca) sholat tahajud dilakukan setelah tidur malam terlebih dahulu walaupun tidur hanya sebentar. Ada pendapat yang mengatakan bahwa sholat tahajud jika dilakukan sebelum tidur malam maka disebut dengan sholat Qiyamul Lail.

Untuk Penjelasan lebih mendalam, saya merekomendasikan sobat membaca artikel saya tentang Syarat Sholat Tahajud Apakah Harus Tidur Dulu.

Jumlah raka'at sholat tahajud paling sedikitnya 2 raka'at dan paling banyaknya tidak terbatas.

Tata cara melakukan Sholat Tahajud adalah sama dengan melakukan sholat lain pada umumnya. Yang membedakan sholat tahajud dengan sholat lainnya yaitu pada niat saja. Adapun yang lainnya sama. Yaitu sholat tahajud dimulai dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam. 

Ada pun dalil yang menganjurkan untuk sholat tahajud salah satu nya yaitu Al Qur'an S. Al Isro ayat 79,

ومن الليل فتحجد به نافلة لك عسى أن يبعثك ربك مقاما محمودا

Artinya: "Dan pada sebagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagi kamu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji" (Q.S Al Isro: 79)

Sholat tahajud adalah amalan yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasullulah SAW. Bagitu pula dengan para sahabat lainnya yang merutinkan sholat tahajud. Karna memang sholat tahajud terdapat banyak sekali keutamaan bagi mereka yang melaksanakannya. Salah satu dari sekian banyak keutamaan sholat tahajud adalah dikabulkan nya doa-doa hambanya yang berdoa. Dengan keutamaan ini saja tentu ingin sekali kita merutinkan sholat tahajud ini karna kita semua adalah hamba yang banyak hajat dan keinginan. Semoga dengan rutin kita menajalankan ibadah sholat tahajud ini, Allah SWT kabulkan segala doa-doa kita. Aamin. Berikut adalah doa setelah sholat tahajud yang baik untuk dihafalkan dan diamalkan.

 Doa Sholat Tahajud Lengkap Disertai dengan Artinya

Berikut ini adalah doa sholat tahajud yang bisa dibaca saat setelah melaku sholat tahajud. Sebelum membaca doa dibawah ini dianjurkan dengan mengawali doa dengan memuji Allah SWT dan sholawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW. 
doa setelah sholat tahajud

Untuk lebih jelas bisa disimak video di bawah ini


Allahumma lakalhamdu anta qayyimussamawati wal ardi wamang fiihinna, wa lakal hamdu anta maalikussamawaati wal ardi wamangfihinna, wa lakal hamdu anta nuurussamawaati wal ardi wamangfihinna, wa lakal hamdu antal haqqu wawa'dukal haqqu waliqaauka haqqun wa qouluka haqqun wa jannatu haqqun wannaaru haqqun wannabiyuuna haqqun Muhammadun sallallahu 'alaihi wassallama haqqun wassa'atu haqqun.

Allahummaa laka aslamtu wabika aamantu wa'alaika tawakkaltu wailaika aanabtu wabika khasamtu wa ilaika haakamtu faghfirli ma qaddamtu wamaa akhartu wama asrartu wama 'alangtu wama antaa 'alamu bihi minni, antal muqoddimu waanta muaakhiru  laa ilaha illa anta, wala haula wala quwwaata illa billah.

Artinya: "Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar."

"Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah."

Berdoa dengan khusu' dan penuh penghambaan kepada Allah SWT. Yakin dengan sepenuhnya bahwa doa-doa yang kita panjatkan akan Allah terima dan kabulkan. Dalam sebuah hadits Qudsi dari Abu Hurairah Allah SWT berfirman yang artinya:

" Aku berdasarkan perasangka hambaku kepadaku..."

Dengan perasangka yang baik kepada Allah SWT insya Allah semoga akan menjadi wasilah terkabulnya doa-doa kita. Aaamin

Selain dari doa sholat tahajud di atas kita juga boleh membaca doa-doa lainnya sesuai dengan hajat kita masing-masing. Boleh juga berdoa dengan menggunakan bahasa sendiri karna mungkin dengan menggunakan bahasa sendiri akan lebih meresapi lantunan doa-doa yang dipanjatkan. Wallahu'alam bisowab. Demikian doa setelah sholat tahajud berserta artinya yang bisa kami bagikan. Mudah mudahan doa sholat tahajud di atas bisa bermanfaat untuk kita semua dan segala hajat kita Allah kabulkan. Aamiin. Jika ada salah dan khilaf mohon maaf wassalamualaikum warahmatullah wabarokaatuh.