Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amalan Sebelum Sholat Tahajud Agar keinginan Terkabul

Bismillah wassolaatu wassalamu 'ala rasulillah. Sholat tahajud merupakan amalan sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari. Bisa dikerjakan setelah tidur malam walau pun hanya sebentar dan juga bisa dikerjakan meski tidak didahului oleh tidur dulu. Sholat tahajud adalah amalan sholat malam yang sangat dicintai oleh Rasulullah SAW dan para sahabat. Beliau Rasulullah SAW dan para sahabat merutinkan amalan sholat tahajud ini. Namun sebelum melakukan sholat tahajud ada adab dan sunnah Rasulullah SAW yang perlu dilakukan agar semangkin banyak keutamaan dan pahala yang didapatkan dari sholat tahajud ini.


Lalu sahabat beriman, seperti apa adab dan amalan-amalan sunnah tersebut? Mari lanjutkan membaca nya dengan seksama dan sampai akhir ya. Agar sahabat lebih faham dan tidak gagal focus hehe. 


Berikut adalah Amalan-amalan atau adab yang perlu dilakukan sebelum  melaksanakan sholat tahajud.


Amalan dan adab sebelum melaksanakan shola tahajud



1. Niat

Nabi Muhammad SAW bersabda إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ

Semua berdasarkan niatnya. Sebelum tidur di malam hari dianjurkan berniat untuk melakukan sholat tahajud. Jadi sekalipun kebablasan, tidak terbangun di malam hari untuk melaksanakan sholat tahajud. Kita akan tetap mendapatkan pahala sholat tahajud dan kalau terbangun kemudian mengerjakan sholat tahajud bisa menjadi 10 kali lipat bahkan bisa jadi 700 kali lipat pahala. Sebagai mana dijelaskan dalam hadis shoheh. Kata Beliau, niat untuk melakuakan sholat malam ketika ingin tidur hendaklah seorang Muslim berniat dengan tidurnya sebagai perbuatan takwa dan ketaatan kepada Allah SWT. Sehingga ia mendapatkan pahala di tidurnya. Hal ini berdasarkan hadits ‘Aisyah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

amalan sebelum sholat tahajud

Dan pada satu riwayat yang lain Bahwa Rasulullah SAW bersabda:

amalan sebelum sholat tahajud

Kita kuatkan diri kita dan Berniat untuk melakukan sholat malam agar tidur kita menjadi ibadah dan insya Allah Allah SWT akan mudahkan bagi kita bangun untuk sholat malam. Saya rekomendasi baca juga sholat tahajud apakah harus tidur terlebih dahulu agar pengetahuan terkait sholat tahajud semangkin luas.



2. Mengusap rajah ketika Bangun tidur, berzikir kepada Allah SAW dan menggosok gigi denga siwak seraya mengucapkan;


Doa ketika terbangun di malam hari;

amalan sunnah sebelum sholat tahajud

Memudian membaca doa:


رَّبِّ ٱغْفِرْ لِى

Artinya: Ya Allah ampunilah dosa dosaku….


Selain doa singkat diatas juga diboleh membaca doa-doa lainnya sesuai hajat. Seperti doa sholat tahajud ini yang biasa dibaca saat sholat tahajud



3. Memulai dengan sholat malam dengan dua raka'at ringan


Sebelum mengerjakan sholat tahajud  disunnahkan mengawalinya dengan sholat dua raka'at ringan sebagai pembuka. 


Nabi Muhammad SAW bersabda :



4. Disunnahkan mengerjakan sholat tahajud dirumahnya


Bahwasanya Rasulullah SAW mengerjakan sholat tahajud di rumahnya. Hal ini berdasarkan hadits Zaid bin Sabit r.a bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda:

amalan sunnah sebelum sholat tahajud

5. Mendawamkan Sholat malam

Maksud mendawamkan di sini adalah merutinkan melaksanakan sholat malam. Istiqomah dalam menjalankan ibadah. Rasulullah SAW bersabda:

amalan sholat tahajud

Seseorang yang rutin menjaga amalan-amalan ibadah nya akan lebih dicintai walau pun amalan – amalan tersebut sedikit ketimbang melakukan amalan-amalan besar namun hanya dilakukan kapan dia mampu dan mau saja.


Jika sahabat biasa merutin sholat dhuha saya rekomendasikan membaca doa sesudah sholat dhuha yang lengkap disertai arab, latin dan artinya.


Pembahasan selengkapnya bisa disimak dalam video berikut ini: 



Sahabat beriman, demikianlah pembahasan amalan-amalan sebelum melaksanakan sholat tahajud. Sudah faham ya sahabat beriman? Jika ada pertanyaan jangan ragu untuk bertanya dengan meninggalkan pertanyaan sahabat dikolom komentar ya. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua dan bisa kita amalkan Bersama. Wallahu’alam bissowab