Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mengubah Whatsapp Biasa ke Akun Whatsapp Bisnis

Halo sahabat tulisan kali ini saya akan coba mengulas tentang cara mudah mengubah whatsapp biasa ke akun bisnis. Akun bisnis yang ditawarkan oleh whatsapp banyak sekali kegunaannya. Dengan akun whatsapp bisnis akan memudahkan sahabat dalam menjalankan usaha atau bisnis yang sahabat geluti. Berikut ini cara mudah mengubah WA biasa ke akun bisnis tanpa ribet. 

Whatsapp bisnis merupakan aplikasi chatting atau pesan online yang bisa membantu bagi para pelaku bisnis atau usaha dalam menawarkan barang daganganya atau pun jasanya. Dengan aplikasi whatsapp bisnis ini bisa meningkatkan konfersi perjualan karena banyak fitur yang bisa membantu dalam mengolah produk yang sahabat miliki terutama dalam hal komunikasi kepada pelanggan. Aplikasi whatsapp bisnis ini cocok sekali bagi pelaku bisnis kecil, menengah, maupun dalam sekala besar.

Jika kita perhatikan di situs resmi whatsapp bisnis ini di sana kita bisa dapati bahwa WA bisnis menawarkan beberapa keuntungan bagi para penggunanya dalam hal bisnis tentunya. Berikut beberapa keuntungan dari fitur Whatsapp bisnis yang ditawarkankan bagi penggunanya.

cara merubah whatsapp biasa ke whatsapp bisnis
foto: pixels.com/anton

Keuntungan yang populer ialah dapat membuat katalog untuk menampilkan produk dan layanan yang dimiliki oleh pengguna whatsapp bisnis tersebut. Untuk menggunakan whatsapp bisnis ini cukup dengan registrasi menggunakan nomer baru atau sahabat juga bisa mengunakan nomer lama ( nomer yang sudah terdaftar di WA) dengan cara mendaftarkan ke akun bisnis. 

Berikut ini cara mengubah Whatsapp biasa ke Whatsapp Bisnis:

1. Download dan instal aplikasi Whatsapp Bisnis

Silahkan buka google Play Store untuk mendownload aplikasi whatsapp bisnis dengan mengetikkan whatsapp bisnis pada kolom pencarian google play store. Sedangankan bagi sahabat pengguna produk Apple bisa dengan melalui Apple App store. Setelah ketemu WA bisnisnya silahkan klik untuk mendownload. Tunggu beberapa menit sampai proses download selesai. Setelah selesai proses download klik kembali ikon WA bisnisnya untuk proses instal pada ponsel sahabat.

2. Cadangkan akun whatsapp

Jika sahabat yang ingin beralih dari WA biasa ke akun WA bisnis pencadangan rasa perlu dilakukan agar file - file dan riwayat pesan-pesan yang ada di WA biasa tidak hilang. Tentu ini menjadi penting dilakukan bagi sahabat yang migrasi dari WA biasa ke WA bisnis. Namun proses ini tidak perlu dilakukan jika sahabat yang ingin menggunakan whatsapp bisnis dengan menggunakan nomer telepon baru. 

Berikut cara mencadangkan akun Whatsapp biasa

Silahkan sahabat buka aplikasi WA biasanya, bagi sahabat pengguna android silahkan ketuk ikon bergigi lalu silahkan pilih setelan. Lalu silahkan ketuk cadangkan. Bagi sahabat pengguna iphone ketuk di layar chat. kemudian ketuk setelan dan selanjutnya pilih cadangkan sekarang atau cadangankan.

3. Setujui dan tinjau ketentuan layanan

Beralih ke akun WA bisnis buka aplikasinya kemudian akan didapati persetujuan dan lanjutkan. Maka silahkan ikuti saja alurnya.

4. Proses pendaftaran nomer HP

Setelah sahabat ketuk " Setuju dan lanjutkan" biasanya Aplikasi Whatsapp akan secara otomatis menditeksi nomer WA yang lama atau yang pernah sahabat gunakan. Di sana juga ada pilihan yaitu "Gunakan nomer lain". Silahkan sahabat pilih saja sesuai kebutuhan sahabat ya.

5. Transfer Akun WA Biasa ke WA Bisnis

Pastikan aplikasi Whatsapp Bisnis masih dalam keadaan aktif dan terbuka hingga proses transfer akun benar-benar selesai. Walaupun proses ini akan berjalan secara ototmatis, terkadang sahabat diminta untuk memulihkan dari cadangan. 

Ketuk lanjut atau pulihkan atau beberapa kasus diminta ketuk lanjut.

6. Izin akses ke kontak

Whatsapp bisnis secara otomatif meminta akses buku telepon, akses foto, akses video, dan juga akses file - file yang ada di dalam HP sahabat.

7. Pembuatan aku

Ditahap ini sahabat diminta menuliskan nama sahabat atau bisa juga menuliskan nama bisnis sahabat. Sahabat juga bisa pasang foto profil atau pun logo dari bisnis sahabat. Kemudian sahabat juga bisa memberikan katagori bisnis. Seperti: pakaian, layanan otomotif, seni dan hiburan, kecantikan, pendidikan dan lain - lain. 

8. Lihat fitur bisnis

Pada tahap ini sahabat bisa langsung mengedit fitur bisnis. Seperti, 

Profil bisnis: di sini sahabat bisa mengatur jam kerja atau jam buka dari usaha sahabat dan juga bisa mendiskripsikan profil singkat dari bisnis sahabat.
Katalog: Di fitur ini sahabat bisa manfaatkan untuk menampilkan dari foto - foto atau video dari produk bisnis sahabat ya. 
Fitur perpesanan: Dalam fitur ini sahabat bisa dengan mudah mengatur respon cepat dan otomatis. Sehingga bisa lebih mudah dan simple. Yang paling penting bisa menghemat waktu dalam melayani chat pelanggan.

Di tahap ini juga sahabat bisa melewatinya dulu. Karna mungkin beberapa dari sahabat ingin mengisinya belakangan saja.

9. Cadangan google drive

Fitur cadangan pesan dan media ini berfungsi agar sahabat jika ingin mengganti atau kehilangan telepon riwayat chat dan media sahabat akan tetap aman. Di sini ada pilihan harian, mingguan, bulanan, dan jangan pernah. Silahkan sahabat pilih sesuai kebutuhan saja ya.

10. Selesai

Pada bagian ini akun Whatsapp bisnis sahabat sudah tersetel dengan baik dan sudah bisa memulai chat dengan pelanggan sahabat ya. 

Profil dan akun whatsapp bisnis sahabat sudah bisa dinyatakan aktif dan sudah siap digunakan untuk kebutuhan usaha dan bisnis sahabat semua. 

Itulah tadi ulasan cara merubah WA biasa ke WA bisnis yang sahabat bisa coba demi untuk menunjang dunia bisnis sahabat semua. Semoga bermanfaat dan semoga usaha bisnis sahabat semua semangkin berkembang. Terimakasih