Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Layar Hp Gerak Sendiri Supaya Normal Kembali

Cara Mengatasi Layar Hp Gerak Sendiri Supaya Normal Kembali - Pada saat mengoperasikan smartphone yang dimiliki, tidak jarang pengguna mengalami sejumlah kendala. Misalnya saja seperti keadaan dimana layar dari smartphone tersebut yang bergerak dengan sendirinya. Hal ini pun perlu penanganan dengan segera supaya bisa tidak mengganggu. Untuk itu pengetahuan terkait cara mengatasi layar hp gerak sendiri penting untuk dipahami supaya smartphone dapat dipakai seperti semula.

Permasalahan semacam ini pun cukup membuat pengguna merasa terganggu ketika menjalakan dalam pengopersian. Misalnya saja seperti saat pengguna hendak melakukan pengiriman pesan. Pada saat melakukan pengetikan bakal membuat huruf menjadi acak lantaran layar yang bergerak sendiri tersebut. Adapun daftar cara mengatasinya adalah seperti di bawah ini:

1. Mengganti Baterai

Cara Mengatasi Layar Hp Gerak Sendiri
Cara Mengatasi Layar Hp Gerak Sendiri
Daftar pertama untuk cara mengatasi layar hp gerak sendiri yakni dengan melakukan pergantian baterai dari smartphone yang dipakai. Hal ini dikarenakan layar gerak sendiri yang terjadi dapat dipicu oleh adalah gejala kelistrikan. Dengan begitu penggantian baterai pada smartphone perlu dicoba.

Baca juga: Cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi dengan mudah

Pasalnya Apabila keberadaan dari baterai pada smartphone mengalami masalah atau bahkan sampai rusak. Maka kejadian tersebut bisa saja memicu layar sentuh pada smartphone yang mengalami error. Bahkan tak hanya itu, permasalahan yang disebabkan oleh baterai yang rusak bisa membuat smartphone bisa restart dengan sendirinya.

2. Mendinginkan Smartphone

Cara lain yang dapat dicoba untuk melakukan pengawasan terhadap layar hp yang gerak dengan sendirinya adalah melalui pendinginan smartphone itu sendiri. Pasalnya apabila yang terjadi pada temperatur smartphone cukup tinggi atau panas. Maka hal tersebut bisa berakibat pada sejumlah masalah di smartphone.

Baca juga: Cara memperbaiki layar Hp retak mudah dan cepat

Diantara masalah yang kerap terjadi tersebut adalah seperti penurunan kinerja dari hardware. Kemudian juga bisa beeuoa smartphone yang dipakai mengalami restart atau bisa juga disebut mati dengan sendirinya. Di samping itu suhu panas pada hp juga bisa membuat layar menjadi gerak sendiri.

3. Mengganti Changer Beserta Kabelnya

Jika cara sebelumnya belum berhasil, maka pengguna bakal mencoba cara mengatasi layar hp gerak sendiri satu ini. Yaitu dengan melakukan penggantian terhadap changer maupun kabel yang dipakai. Sebagaimana yang diketahui bahwa tegangan yang terjadi pada smartphone dapat membuat kinerjanya menjadi eror.

Di samping masalah yang terdapat pada baterai, ternyata gangguan tegangan tersebut juga mampu dipicu oleh Charger hp yang tengah dipakai. Bahkan pengguna akan Changer yang kurang sesuai bisa mengakibatkan efek negatif pada bagian IC smartphone.

4. Memperbaiki Bug ROM Maupun Software

Bagi pengguna smartphone berjenis android yang gemar pembongkaran terhadap smartphone yang dimiliki. Maka agaknya perlu berhati-hati di bagian ROM yang ada. Pasalnya Bug ROM di smartphone berjenis android ini mampu menyebabkan sejumlah masalah pada kinerja smartphone. Dimana satu diantara aplikasi masalah tersebut berupa layar yang mengalami pergerakan dengan sendirinya.

5. Mengecek Pelindung Layar

Adanya kejadian berupa layar yang bergerak dengan sendirinya tentu membuat pengguna terganggu. Untuk melakukan pengecekan terhadap pelindung layar yang dipakai tidak ada salahnya. Perlu diketahui bahwasanya pemakaian terhadap pelindung layar seperti ini juga bisa menjadi satu dari beberapa pemicu layar gerak sendiri. Adapun kemungkinan sebabnya adalah terdapatnya kotoran, debu maupun lainnya.

Baca juga: Cara mengatasi layar Hp bergaris tanpa mengeluarkan biasa besar

Demikian sekilas penjabaran terkait cara mengatasi layar hp gerak sendiri supaya kembali normal. Mengingat dengan layar yang mengalami pergerakan sendiri tersebut membuat pengguna menjadi kesulitan saat hendak mengetik sesuatu. Misalnya saja mengetik pesan kepada pengguna lain. Hingga tak heran jika dijumpai adalah ketikan yang mengalami banyak typo.