Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Layar HP Retak Tanpa Membawanya ke Tempat Servis

Cara Memperbaiki Layar HP Retak  - Terkadang layar yang menjadi bagian utama dari smartphone bermasalah yang disebabkan dengan beberapa hal seperti retak. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan jika smartphone yang mempunyai layar sudah retak tidak dapat digunakan. Memang masih dapat digunakan dan bisa diatasi dengan cara memperbaiki layar HP retak yang cukup mudah.

Apa Penyebabnya?

Layar smartphone yang retak tentu dibarengi dengan penyebab keretakan yang terjadi. Terkadang banyak pengguna yang kurang mengetahui mengapa layar dari smartphone yang dimiliki retak. Sangat banyak hal yang menjadi penyebab keretakan pada layar. Berikut uraian terkait dengan penyebab layar dari HP menjadi retak:
  • Sering menaruh smartphone pada tempat yang sempit.
  • HP yang dimiliki sering jatuh.
  • Konektor pada layar smartphone terlepas.
  • Menekan layar secara berlebihan sehingga menjadi overpressure.
  • LCD HP mengalami kerusakan yang tidak disadari pengguna.
  • Menjalankan aplikasi yang mempunyai banyak virus.

Penyebab yang diuraikan tersebut memang terkadang tidak disadari oleh pengguna. Meskipun hanya kegiatan kecil yang menjadi penyebab retaknya smartphone, namun hal tersebut tidak boleh sering terjadi. Apabila sering terjadi, kondisi keretakan pada layar HP dapat menjadi lebih parah sehingga menyebabkan smartphone tidak dapat digunakan lagi.

Cara Memperbaiki Layar HP yang Retak

Cara Memperbaiki Layar HP Retak
Cara Memperbaiki Layar HP Retak 
Setelah mengetahui hal yang menjadi penyebab dari keretakan smartphone ini tentunya tidak perlu merasa khawatir. Hal ini dikarenakan masih adanya cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki layar dari smartphone tersebut. Lalu bagaimana caranya? Berikut pembahasan terkait dengan cara memperbaiki layar HP retak agar dapat digunakan kembali:

1. Memasang Tempered Glass

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi kerusakan layar pada smartphone yang dimiliki adalah dengan memasang tempered glass. Anti gores ini dapat ditemukan di pasaran dan harganya pun sangat terjangkau. Dengan menggunakan anti gores tersebut tentu dapat meminimalisir adanya keretakan yang lain pada bagian layar smartphone yang dimiliki.

Baca juga: Cara merekam layar Hp Oppo A15

2. Menggunakan Pasta Gigi

Mengatasi layar smartphone yang retak memang bisa memanfaatkan pasta gigi yang digunakan setiap hari. Penggunaannya memang sangat mudah dilakukan, pengguna bisa membersihkan layar HP terlebih dahulu dengan menggunakan tisu. Setelah itu, langsung oleskan pasta gigi pada layar yang retak dan gosok dengan sikat gigi. Bersihkan kembali dengan tisu yang kering.

3. Menggunakan Selotip

Jika menggunakan pasta gigi belum ampuh, maka pengguna bisa menggunakan selotip bening untuk melindungi layar. Banyak pengguna yang menggunakan cara ini untuk melindungi layar dari keretakan yang terjadi. Pengguna bisa memanfaatkan selotip dengan cara menempelkan selotip tersebut pada bagian layar HP yang terlihat retak.

4. Memanfaatkan USB OTG

Untuk menggunakan cara yang satu ini, terlebih dahulu pengguna harus mempunyai sambungan kabel USB OTG. Setelah memiliki sambungan tersebut, pengguna bisa memasangnya pada mouse. Harus dipastikan jika mouse tersebut sudah terhubung ke perangkat smartphone. Pengguna bisa menjalankan aplikasi pada HP menggunakan bantuan pointer dari mouse.

5. Menggunakan Balutan Lem Besi

Menggunakan lem ternyata bisa memperbaiki layar dari smartphone yang retak dengan mudah. Caranya yakni membersihkan layar HP dengan tisu basah dan kering sebelum diolesi lem besi. Oleskan lem tersebut dan tidak lupa menempelkan plastik bening sesuai dengan ukuran HP. Jika dianggap kering, lepaskan plastik tersebut dan bersihkan lem dengan cara dikerok.

Baca juga: Kenapa kamera Hp tidak bisa merekam? Berikut penjelasannya 

Itulah penjelasan lengkap terkait dengan mudahnya cara memperbaiki layar HP retak dengan beberapa bantuan alat. Memang memperbaiki layar tersebut dianggap penting untuk dilakukan sehingga dapat meminimalisir agar keretakan tidak parah. Selain itu, caranya memang cukup mudah dan bisa dilakukan pengguna secara mandiri di rumah.