Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris Tanpa Mengeluarkan Biaya yang Besar

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris Tanpa Mengeluarkan Biaya yang Besar - Sangat banyak masalah yang kerap kali terjadi pada smartphone yang dimiliki. Dimana masalah yang dimaksud ini seperti pada bagian layar yang biasanya bergaris. Dengan adanya tampilan layar seperti ini tentu sangat mengganggu pengguna saat mengoperasikan smartphone. Oleh itu, pengguna harus mengetahui cara mengatasi layar HP bergaris dengan mudah.

Mengapa Layar HP Bergaris?

Komponen dari smartphone berupa layar memang kerap kali bermasalah karena bersifat sangat sensitif. Salah satunya kondisi layar tersebut bergaris yang disebabkan oleh beberapa hal yang dapat dikatakan hanya kejadian kecil. Lalu apa penyebab dari layar yang bergaris? Berikut uraian terkait dengan penyebab layar dari HP bergaris:
  • Smartphone sudah terjatuh dan terbentur pada benda yang keras.
  • Tidak sengaja HP terendam air atau percikan air.
  • Adanya sistem dalam smartphone yang dianggap error.
  • Terjadinya kerusakan pada bagian soket layar smartphone.
  • Sudah tertindih benda yang keras namun tidak disadari.

Hal yang menjadi penyebab mengapa layar smartphone bergaris memang disebabkan karena hal kecil saja. Selain itu, kejadian seperti ini pun biasanya tidak disadari oleh pengguna apalagi jika keasyikan bermain smartphone. Banyak pengguna yang merasa khawatir jika layar pada smartphone yang dimiliki tersebut bergaris.

Cara Mengatasi Layar HP yang Bergaris

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris
Jika terjadi seperti ini pada smartphone yang dimiliki, pengguna harus tetap tenang dan tidak boleh merasa khawatir. Sebab kejadian seperti ini masih bisa diatasi dengan berbagai cara tanpa harus membawanya ke tukang servis. Dengan kata lain, pengguna masih bisa mengatasinya di rumah. Berikut pembahasan terkait cara mengatasi layar HP bergaris dengan mudah:

1. Melakukan Restart

Cara yang dapat dilakukan pengguna adalah dengan melakukan restart pada smartphone tersebut. Mengenai cara melakukan restart ini tentunya cukup mudah dilakukan hanya dengan menekan lama tombol power. Pengguna bisa langsung memilih pop up yang bertuliskan restart. Tunggu hingga proses restart dari smartphone ini sudah dilakukan.

Baca juga: Cara memperbaiki layar Hp retak tanpa membawanya ke tempat servis

2. Menggunakan Opsi Developer

Pengguna juga dapat memanfaatkan opsi tersebut untuk memperbaiki layar smartphone yang bergaris. Caranya cukup masuk ke menu Setting dan buka Tentang Ponsel untuk mengklik Build 7 kali. Apabila Opsi Pengembangan sudah muncul maka langsung saja klik Show Pointer Location dan nonaktifkan. Nantinya secara otomatis layar yang bergaris akan hilang.

3. Memanfaatkan aplikasi LCD Fixer

Mengatasi layar smartphone yang bergaris memang dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi. Dimana aplikasi yang dimaksud ini bernama LCD Fixer untuk memperbaiki LCD smartphone. Caranya pun cukup mudah yakni buka aplikasi dan setujui terms dan condition. Setelah itu klik Check Dead Pixel and Fix Dead Pixel dan tunggu hingga proses perbaikan garis selesai.

4. Menekan Layar ke Bawah

Pengguna bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan garis yang terdapat pada layar smartphone. Caranya adalah menekan permukaan pada layar ke bawah dan lakukan secara perlahan. Saat menekan layar, pengguna harus menggunakan ujung jari dan pengguna harus melakukannya secara berulang hingga garis menghilang.

Baca juga: Cara membagikan layar di google meet yang tengah diikuti

5. Mengganti Layar LCD yang Baru

Jika cara yang telah dijelaskan belum juga berhasil, pengguna bisa langsung mengganti layar LCD yang baru. Karena dengan mengganti LCD tersebut tentu dapat menghilangkan garis pada layar secara otomatis. Memang harga dari LCD ini cukup mahal namun dapat menjamin jika garis yang terdapat pada layar akan hilang.

Baca juga: Cara menghilangkan goresan pada layar Hp paling praktis

Demikian informasi lengkap mengenai cara mengatasi layar HP bergaris tanpa perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Memang cara untuk mengatasi layar yang seperti ini cukup mudah dilakukan dan tidak sampai hitungan jam. Dengan begitu, pengguna sudah bisa menggunakan kembali smartphone yang dimiliki seperti biasanya.