Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Puasa Boleh Sikat Gigi Siang Hari? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Apakah Puasa Boleh Sikat Gigi Siang Hari?  - Saat menjalankan ibadah puasa, terdapat beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan. Larangan tersebut biasanya hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Salah satu larangan yang masih menjadi perbincangan hangat adalah apakah puasa boleh sikat gigi? Mari simak penjelasan lengkapnya!

Hukum Sikat Gigi Saat Puasa

apakah boleh sikat gigi saat puasa
Hukum sikat gigi saat puasa
Banyak yang masih bertanya-tanya apakah boleh sikat gigi saat sedang menjalankan ibadah puasa? Tentu banyak yang masih bingung dengan jawaban pastinya. Karena ada beberapa perbedaan pendapat yang membuat dilema orang yang menjalankan puasa.

Baca juga: Inilah niat puasa syawal dan keutamaannya

Secara hukum Islam, semua hal yang masuk ke dalam lubang di dalam tubuh manusia saat berpuasa hukumnya dapat membatalkan puasa. Lalu, apakah sikat gigi termasuk di dalamnya? Beberapa ulama menyebutkan hukum sikat gigi saat puasa sifatnya makruh.

Jadi, apakah puasa boleh sikat gigi di siang hari? Ada yang berpendapat tetap boleh dilakukan namun dengan beberapa syarat serta ketentuan. Tentunya syarat tersebut harus dilakukan agar tidak membatalkan puasa yang sudah dilakukan sehari penuh.

Syarat Sikat Gigi Saat Puasa

Seperti sudah disebutkan di atas, bahwa sikat gigi pada siang hari tetap boleh dilakukan namun dengan beberapa syarat tertentu. Syarat-syarat di bawah ini tentunya harus dilakukan, agar tidak membatalkan puasa yang sudah dilakukan. Lalu, apa saja sih syaratnya? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut:
  • Sikat gigi dilakukan sebelum adzan Dzuhur berkumandang, jadi batas waktunya sikat gigi sampai jam 12 siang atau waktu setempat.
  • Tidak boleh menelan air yang digunakan untuk berkumur.
  • Pasta gigi dan bulu dari sikat gigi tidak boleh sampai tertelan ke dalam mulut.
  • Jika ragu melakukan sikat gigi pada siang hari, maka lebih bagus lagi dilakukan setelah sahur atau malam hari sebelum tidur.
  • Apabila memungkinkan bisa sikat gigi tanpa menggunakan pasta, jadi hanya sikat dan air saja yang penting bersih dan juga yang pasti resiko batal puasa lebih kecil.

Waktu Sikat Gigi Yang Tepat

Sesuai dengan penjelasan yang sudah dijabarkan di atas, lalu pada waktu kapan sih dianjurkan untuk sikat gigi? Tentunya semua waktu bisa dilakukan untuk sikat gigi. Tetapi, sebaiknya mengikuti hukum Islam yang telah berlaku saja agar tidak terjadi sebuah kesalahan.

Sikat gigi boleh dilakukan saat siang hari, namun jangan sampai melewati batas Dzuhur. Namun, lebih baik lagi dilakukan pada malam hari, saat sedang sahur, atau saat imsak. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari puasa menjadi batal atau tidak sah.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Saat Puasa

Terdapat pula berbagai cara atau tips agar gigi tetap sehat saat sedang berpuasa. Mempunyai gigi serta mulut yang sehat saat puasa adalah impian semua orang. Jadi, simak saja penjelasan lengkapnya berikut:
  • Konsumsi makanan manis yang secukupnya pada malam hari, karena jika berlebihan bisa menyebabkan gigi menjadi cepat rusak.
  • Saat sedang berbuka atau sahur, usahakan untuk tidak terlalu banyak makan makanan yang asin serta pedas karena bisa menyebabkan bau mulut.
  • Gunakan air atau obat kumur untuk berkumur jika dirasa mulut menjadi kering.
  • Biasakan untuk selalu sikat gigi sehabis berbuka dan sehabis sahur.
  • Gunakan siwak untuk sikat gigi, selain karena sunnah Rasul tetapi siwak juga lebih ampuh dalam membersihkan kotoran yang ada di dalam mulut serta gigi.

Itulah penjelasan singkat jika ada sebuah pertanyaan apakah puasa boleh sikat gigi? Jawabannya sudah ada semua. Hukum sikat gigi di atas, berlaku untuk puasa wajib maupun sunnah. Jadi, sekarang tidak alasan lagi untuk tidak mengetahui hukum sikat gigi saat puasa. wallahu'alam bissowab