Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Bacaan Doa Agar Anak Cepat Jalan

Melihat si kecil bisa berjalan tentunya akan menjadi momen yang sangat menggembirakan. Tetapi, ada saja anak yang sudah cukup umur namun belum bisa berjalan. Di bawah ini terdapat doa agar anak cepat jalan yang bisa dibaca setiap hari pada sang anak.

Sebenarnya, doa supaya anak bisa cepat jalan tidak ada yang spesifik. Namun, Sahabat bisa membaca salah satu nama Allah dalam Asmaul Husna yaitu “Yaa Qowiyyu, Yaa Matinu.”

يا قوي يا متين

Artinya: “Ya Allah, Yang Maha Kuat dan Yang Maha Kokoh.”

Makna dari kalimat tersebut adalah Sahabat memohon kepada Allah Subhanahu wata’ala dengan segala kuasa-Nya dan kekuatan-Nya, agar diberikan kemudahan serta kekuatan untuk sang anak agar bisa cepat berjalan. Tidak hanya itu, tentunya Sahabat ingin sang anak bisa berjalan dengan lancar dan juga berlari.

Sahabat bisa membacakan kalimat tersebut kepada sang anak dan jangan lupa untuk mengajarinya. Ajari anak untuk bisa membaca doa-doa pendek dan juga kalimat-kalimat Allah mulai dari takbir, hamdalah, dan juga Asmaul Husna.

Baca juga: Doa mengubur ari-ari dan tata caranya

Cara Melatih Anak untuk Berjalan

Inilah Bacaan Doa Agar Anak Cepat Jalan
Usaha dan doa agar anak cepat jalan.
(C) Pixels.com
Selain membaca doa, tentunya harus ada usaha juga supaya anak bisa cepat berjalan. Sahabat bisa mengikuti cara-cara ini agar anak bisa cepat berjalan.

1. Berlatih Berdiri

Pertama, latihlah anak untuk berdiri terlebih dahulu. Ini adalah teknik dasar agar anak bisa berjalan. Bantulah sang anak untuk belajar duduk berdiri. Selain itu, teknik ini juga bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik sang anak supaya lebih aktif dan mempunyai respon yang baik.

2. Belajar Menahan Tubuh

Apabila anak sudah berusia 15 minggu, cobalah melatih sang anak untuk menumpu berat tubuhnya sendiri pada kaki Sahabat. Ini akan membantu dirinya untuk dapat berdiri sebagai bagian dari proses supaya anak bisa berjalan sendiri.

Setelah itu, cobalah untuk mengajari anak Sahabat untuk dapat menangkat tubuhnya sendiri. Saat dirinya sudah terbiasa dengan mengangkat tubuhnya sendiri, maka lama-lama akan memiliki kaki yang kuat dan mulai mampu berjalan.

3. Belajar Keseimbangan Tubuh

Ketika anak sudah berusia 7 bulan, Sahabat bisa melatihnya soal keseimbangan tubuh. Caranya, lakukan dengan membiarkan anak berdiri sendiri sambil memegang sesuatu yang dapat membantunya. Anak bisa sambil memegang temvok, tiang, atau pegangan tangga.

Selain itu, Sahabat juga bisa memanfaatkan sebuah kotak atau kardus supaya anak bisa berjalan sambil tetap berpegangan. Selain kotak, saat ini juga sudah ada alat bantu berjalan untuk bayi yang dijual di pasaran.

4. Berlatih Berjalan

Jika sang anak sudah menguasai teknik dasar berjalan mulai dari belajar berdiri, menahan berat tubuhnya dan juga menyeimbangkan tubuhnya, maka selanjutnya berlatih berjalan. Anak perlu latihan berjalan agar bisa cepat berjalan dengan lancar.

5. Memancing Anak Agar Mau Berjalan

Terakhir, Sahabat bisa memancingg sang anak dengan mainan atau benda yang menarik perhatian lainnya agar anak mau berjalan. Biasanya, bayi akan tertarik dengan benda-benda yang menimbulkan suara atau yang memiliki bentuk unik menurutnya.

Cobalah untuk meletakkan mainan di jarak beberapa meter dari anak supaya ia mau berjalan menghampiri mainannya. Cara ini cukup efektif untuk mengajak anak supaya ia mau berjalan.

Baca juga: Doa untuk keluarga dan saudara

Demikian informasi mengenai doa agar anak cepat jalan dan juga cara melatih sang anak. Sebaiknya lakukan usaha dengan maksimal dan diiringi dengan doa agar anak Sahabat bisa cepat berjalan dengan lancar.