Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesan Dan Doa untuk Anak di Pesantren Agar Betah dan menjadi Ahli Ilmu

Doa Untuk Anak di Pesantren - Jika kita memiliki anak yang tinggal di pesantren atau anak kita ingin melanjutkan ke pesantren atau mondok sebagai orang tua lebih baik kita mendoakan anak kita dan juga memberikan pesan agar mereka tetap semangat dan sungguh-sungguh ketika belajar di pondok pesantren.

Pada dasarnya orang tua pada zaman dahulu ini sangat serius ketika menyampaikan pesannya kepada anak-anak yang ingin melanjutkan ke pondok pesantren dan mendoakan Mereka agar selalu menjadi anak yang sholeh dan sholeha.

Karena orang tua jaman dahulu sangat percaya dan menjadikan anaknya ini sebagai pribadi yang lebih baik ketika keluar dari Pondok Pesantren. Jadi kita sebagai orangtua merasa sangat beruntung ketika dapat mendorong anak dan anak menurut untuk di pondokan.

Jadi yang perlu kita lakukan sebagai orang tua saat ini adalah memiliki peran untuk mengontrol sang anak salah satunya dengan cara mendoakan anak dan juga memberikan pesan untuk anak yang ada di pesantren.

Jadi pada artikel kali ini akan dibahas seputar pesan dan Doa untuk anak di pesantren.

Baca Juga: Kegunaan doa bisirril fatihah yang luar biasa

Doa untuk Anak di Pesantren

Berikut ini adalah Doa untuk anak di pesantren dan terjemahnya.

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (Qs. Al-Furqan: 38)

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

“Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang yang paham dalam agama diberkahi kehidupan mereka didunia dan di akhirat.”

Surat untuk Anak di Pesantren

Pesan Dan Doa untuk Anak di Pesantren
Doa dan pesan terbaik
untuk anak dipesantren
Selain Doa untuk anak di pesantren juga terdapat surat untuk anak di pesantren. Berikut contoh Surat yang bisa dikirimkan kepada anak di pondok pesantren .

Bismillahirrahmanirrahim

Nak, apa kabarmu di pesantren?

Sekarang Ibu sedang ingat dengan kamu dan beberapa kata di pesan ini semoga dapat meredakan rasa rindu Ibu untuk kamu, maka Ibu sempatkan untuk menuliskan surat ini.

Nak, Apakah kamu marah jika ayah dan ibumu mengirimmu ke pesantren? bukan berarti ibu dan ayah tidak suka dengan kehadiranmu di rumah, namun hal ini semata-mata karena Ibu dan Ayah ingin menjadikan kamu menjadi anak yang memiliki pribadi soleh dan solehah serta menjadi pribadi yang mulia ketimbang ayah dan ibu.

Sekarang Apa kamu sudah mulai terbiasa dengan lingkungan disana? Pasti kamu juga akan merasakan hal yang berbeda. Tapi kamu juga harus yakin bahwa lingkungan pesantren yang baik ini juga akan menjadikan kamu menjadi pribadi yang lebih baik. Untuk itu kamu juga harus mengikuti saja alurnya dan menjajaki kebaikan yang diajarkan oleh guru-guru kamu di sana.

Kamu juga harus ingat selalu tujuanmu dan kamu berada di pondok untuk belajar dan juga membangun karakter mulia yang penuh iman dan taqwa. Jika terdapat godaan yang memalingkan jalanmu, maka kamu harus berpegang teguh kepada pendirian dan ingat selalu tujuan kamu berada di pondok pesantren dan jangan terpengaruh oleh tipu daya yang membawa ke arah yang kurang baik, Nak.

Terakhir, ayah dan ibu selalu mendoakan agar kamu di sana betah, sehat, pintar, menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Baik hati dan perangaimu, naik. Yang terpenting mendapatkan ilmu yang barokah, bermanfaat untuk diri sendri, keluarga dan sesama.

Salam rindu dari ayah dan ibu
Wassaalamualaikum warahmaatullahi wabarakaatuh

Demikian artikel terkait pesan dan Doa untuk anak di pesantren. Semoga kita sebagai orang tua bisa mengerti dan memahami anak-anak kita serta selalu mendoakan yang terbaik bagi mereka.