Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Doa dan Tata Cara Sholat Istikharah yang Benar

Sholat isktiharah merupakan solat sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah. Sholat ini memiliki keutamaan khusus dan sangat dianjurkan bagi Sahabat yang bimbang dalam menentukan pilihan atau keputusan yang harus dilakukan. Lalu bagaimana doa dan tata cara sholat istikharah yang baik?

Keutamaan Sholat Istikharah

Doa dan Tata Cara Sholat Istikharah
Doa dan tata cara sholat
istikharah yang baik dan benar
Sholat istikharah adalah solat yang bersifat sunnah, solat ini diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam menentukan pilihan mendesak.

Sholat istikharah adalah sholat sunah berjumlah 2 rakaat yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk menentukan pilihan yang mendesak.

Sebelumnya, masyarakat jahiliyah menggunakan azlam atau undian sebagai cakupan dalam menentukan pilihannya. Namun, Allah SWT melarang hal tersebut sehingga digantilah dengan melaksanakan sholat istikharah di masa Rasululllah SAW.

Baca juga: Inilah cara agar keinginan terkabul

Hasil dari melaksanakan sholat istikharah ialah perasaan hati yang tenang dan mantap dalam menentukan pilihan Sahabat.

Biasanya petunjuk yang didapat dari pelaksaan sholat istikharah ialah berupa mimpi. Mimpi ini berisikan simbol atau isyarat tertentu.

Jika perasaan Sahabat masih ragu dalam setelah melaksanakan sholat istikharah sekali, maka Sahabat bisa melakukan sholat istikharah kedua dan ketiga hingga hati Sahabat benar-benar merasa mantap dalam menentukan pilihan tersebut.

Sahabat bisa menyerahkan segala pilihan Sahabat kepada Allah SWT dan insyaAllah Allah senantiasa melindungi.

Ini Doa dan Tata Cara Sholat Istikharah

Melaksanakan sholat istikharah ada baiknya dilakukan pada malam hari tepatnya di pertengahan malam sekitar jam 11 hingga menjelang subuh, tentunya Sahabat harus menyesuaikan waktunya sehingga Sahabat bisa tidur setelah sholat istikharah sebab bisa jadi Allah SWT akan memberi petunjuknya melalui mimpi.

Sebetulnya dalam menunaikan sholat istikharah sahabat bisa melaksanakannya seperti sholat fardhu 2 rakaat pada umumnya yang membedakannya adalah niat, keutamaan bacaan surah Al-qur’an hingga doanya.

Urutan sholat istikharah dimulai dari niat, takbiratul ikhram, iftitah, bacaan surah alqur’an, ruku, I’tidal, sujud dan seterusnya layaknya Sahabat melaksanakan sholat dua rakaat.

Di utamakan dalam bacaan alqurannya ialah pada rakaat pertama surah Al-Kafirun setelah membaca doa iftitah dan bacaan surah Al-Fatihah.

Sedangkan pada rakaat kedua Sahabat dianjurkan untuk membaca surah Al-Ikhlas setelah membaca surah Al-Fatihah.

Terkait bacaan niat sholat isktiharahnya, yakni:

أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى

Artinya: "aku berniat sholat sunnah istikharah 2 rakaat karena Allah ta’ala".

Baca juga: Doa sholat tahajud lengkap

Ingat, dalam melaksanakan sholat istkharah Sahabat harus benar-benar dalam keadaan mendekatkan diri kepada Allah SWT tidak ada pikiran apa pun yang menganggu kekhidmatan Sahabat dalam melaksanakan sholat tersebut.

Doa Setelah Sholat Istikharah

Di bawah ini adalah doa yang bisa Sahabat baca setelah selesai sholat istikharah tepatnya setelah menyelesaikan salam terakhir.

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ


Doa di atas harus Sahabat baca secara tulus dan ikhlas, mengharapkan pada Allah untuk memberikan petunjuk.

Dengan perasaan hati Sahabat setelah melaksanakan sholat istikharah, Sahabat bisa menemukan mana yang memang baik atau tidak. Apakah harus dilakukan atau tidak.

Tentunya, dalam melaksanakan solat istikharah ini, Sahabat harus melaksanakannya secara khusyuk atau khidmat. Dengan mempelajari doa dan tata cara sholat istikharah ini, semoga Sahabat bisa melaksanakannya dengan sebaik mungkin. Wallahu'alam