Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara agar Keinginan Terkabul dengan Sholat Hajat!

Ingin keinginan cepat terkabul? Sahabat bisa mendekatkan diri dahulu pada Allah dengan beribadah salah satunya sholat hajat. Mau tahu bagaimana cara agar keinginan terkabul dengan sholat hajat? Ini penjelasannya!

Keutamaan Sholat Hajat

Cara agar Keinginan Terkabul dengan Sholat Hajat
Berikut tips agar hajat cepat terkabul
Biasanya sholat hajat dilakukan oleh seseorang yang memiliki keinginan, di mana ia berharap keinginan tersebut dapat terkobul, sama halnya dengan nama sholat itu sendiri, hajat.

Hajat atau keinginan tersebut harus sesuai dengan syariat-syariat agama dan dipsahabatng baik, misalnya meminta pekerjaan atau meminta jodoh hingga permintaan baik lainnya.

Sebetulnya sholat hajat tak hanya mencakup do’a-do’a atau keinginan cepat dikabulkan, sholat hajat memiliki banyak keutamannya.

Setidaknya ada 5 keutamaan dari melakukan sholat hajat di antaranya terkabulnya keinginanan atau mempercepat doa terkabul, ditinggikan derajat dan dihapus dosa, dikumpulkan bersama Rasulullah di hari akhirat dan dicintai oleh Allah hingga diberikan perlindungan agar terhindar dari bahaya.

Agar Sahabat bisa mendapatkan keutamaan-keutamaan tersebut, tentunya Sahabat harus memahami tata cara sholat hajat sehingga keinginan-keinginan Sahabat cepat terkabulkan. 

Baca juga: Sholat tahajud apakah harus tidur dulu?

Tata Cara Sholat Hajat agar Keinginan Terkabul

Di bawah ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam tata cara sholat hajat sehingga Sahabat bisa merasakan manfaatnya dan bisa diterima oleh Allah SWT.

1. Cari Waktu yang Mustajab

Pertama tentunya Sahabat harus tahu dan paham mana waktu yang baik bagi Sahabat dalam melakukan ibadah salat hajat. Ada waktu-waktu terbaik dalam melakukan salat hajat di antaranya ialah di sepertiga malam tepatnya di tengah malam hari 00.00—01.30 hingga menjelang subuh.

2. Pahami Tata Cara atau Praktik Sholat Hajat Lebih Detail

Kedua hal yang perlu diperhatikan dalam tata cara sholat hajat ialah praktek sholat tersebut. Pada dasarnya sholat hajat dilakukan sama dengan seperti sholat fardu pada umumnya.

Di mana Sahabat melakukan sholat hajat ini berjumlah antara 2 rakaat hingga 12 rakaat. Sahabat bisa menyesuaikan rakaatnya dengan kemampuan Sahabat sendiri.

Hanya saja perbedaanya ialah terdapat pada niat dan do’a setelahnya.

Niat dari sholat hajat 2 rakaat yakni:

أُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

“Aku berniat salat sunnat hajat dua rakaat karena Allah ta’ala”

3. Sholat dengan Khidmat atau khusyuk

Setelah Sahabat benar-benar memahaminya, barulah Sahabat bisa melakukannya langsung. Ingat, sholatlah dengan khidmat dan khusyuk agar ibadah tersebut benar-benar diterima oleh Allah SWT.

4. Berdo’a dengan Tulus

Setelah Sahabat menyelesaikan sholat hajat, jangan dulu beranjak dari tempat sholat, maka yang harus Sahabat lakukan adalah berdoa setelah sholat. Ada pun doa setelah hajat yakni:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Sahabat bisa membaca do’a di atas setelah menyelesaikan salam terakhir dari sholat hajat. Berdoalah dengan lebih tulus dan khusyuk, sehingga Allah benar-benar mengabulkan keinginan Sahabat

Nah itulah tata cara sholat hajat yang bisa Sahabat lakukan. Insyallah cara agar keinginan terkabul dengan sholat hajat bisa terwujud.

Akan tetapi, jika keinginan tersebut belum terwujud maka berhusnudzon lah pada Allah SWT, mungkin Allah telah menyiapkan hadiah yang lebih besar dari keinginan Sahabat tersebut. Wallahu'aalam